PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 19 Ambon yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran discovery learning pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Post Test Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 19 Ambon yang terdiri dari Sembilan kelas dengan jumlah siswa 260 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII8 dan siswa kelas VII9, dipilih menggunakan purposive sampling (sampel Bertujuan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes yang terdiri dari 4 soal uraian untuk tes akhir. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik uji t dan hasil penelitian menunjukan ada perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen Satu dan kelas eksperimen dua yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran discovery learning pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan yang diperoleh yakni, nilai t_hitung = 2,125 lebih besar dari nilai t_tabel = 2,004 dan nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari nilai α = 0,05 yakni 0,038.
Downloads
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Matematika Jargaria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.