PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENTS
Studi Komparasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Saparua Dalam Pembelajaran Matematika Materi Segiempat
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbandingan hasil belajar antara dua kelompok siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan tipe penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji beda rata-rata atau uji-t. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Saparua yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournaments (TGT) pada materi segiempat. Hal ini dapat ditunjukan dengan uji perbedaan pada SPSS nilai Sig. (2-tailed) lebih besar dari α yakni 0,153 lebih besar dari 0,05
Downloads
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Matematika Jargaria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.