PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI PECAHAN YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 15 Ambon pada materi pecahan antara model pembelajaran student facilitator and explaining dan model pembelajaran konvensional. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Experimental Research) dengan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Ambon, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon yang berjumlah 172 siswa yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penilitian ini adalah kelas VII3 sebagai kelas eksperimen dan VII6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang terdiri atas lima soal berbentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik uji-t. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas VII3 sebesar 62,52 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas VII6 sebesar 49,03. Sedangkan, hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data pada kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji beda rata-rata atau uji-t dan diperoleh nilai sig (2-tailed) < α atau 0.015 < 0.05, sehingga menyebabkan H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 15 Ambon pada materi pecahan antara model pembelajaran student facilitator and explaining dan model pembelajaran konvensional
Downloads
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Matematika Jargaria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.