PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 AMBON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN SETTING KOOPERATIF PADA MATERI BENTUK ALJABAR BERBANTUAN SOFTWARE ALGEBRATOR

  • Santi Lumamina
  • Anderson L Palinussa
  • Magy Gaspersz
Keywords: Pembelajaran Interaktif dengan Setting Kooperatif, Algebrator, Bentuk Aljabar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Ambon kelas VII yang diajarkan dengan model pembelajaran interaktif dengan setting kooperatif berbantuan software algebrator, pada materi bentuk aljabar. Tipe Penelitian yang di gunakan adalah Tipe Peneltian Tindkan Kelas (PTK). Hal ini terlihat dari hasil tes ahkhir siklus I yang memperoleh kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau memperoleh nilai 70 sebanyak 8 siswa dengan presentasi 35%. Kemudian pada siklus II siswa yang memperoleh kriteria ketutasan minimal (KKM) atau siswa yang memperoleh nilai 70 sebanyak 18 siswa dengan presentasi 75 %. Berdasarkan ketuntasan pada silkus I dan siklus II, maka terjadi peningkatan yang terjadi dari siklkus I ke siklus II sebesar 40%

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-04
How to Cite
Lumamina, S., Palinussa, A., & Gaspersz, M. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 AMBON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN SETTING KOOPERATIF PADA MATERI BENTUK ALJABAR BERBANTUAN SOFTWARE ALGEBRATOR. Jurnal Pendidikan Matematika Jargaria, 1(1), 38-43. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jpmj/article/view/2740