ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP KATOLIK AMBON

  • Salmawati Hasan Mahasiswa
  • Carolina Selfisina Ayal Universitas Pattimura
  • Muhammad Samad Rumalean Universitas Pattimura
Keywords: learning outcomes,number head together, talking stick, trigonometri comparisons, question card

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar pesera didik dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbantuan Question Card dan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada materi perbandingan trigonometri di kelas X SMK Negeri 2 Ambon. Jenis Penelitian yang digunakan adalah true experimental, dengan desain penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik  kelas X program keahlian akutansi dan keuangan (AK) yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 47 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu, kelas X.AK.1 yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan question card yang berjumlah 24 peserta didik dan kelas X.AK.2 yang diajarkan menggunakan model pembelajaran koopertif tipe NHT yang berjumlah 23 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes yang terdiri dari 4 soal urain. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik yaitu uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbantuan Question Card dan model pembelajaran Number Head Together pada materi perbandingan trigonometri. Hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis menunjukan sig(2-tailed) < α, yaitu 0,045 < 0,05, sehingga terima H1 dan tolah H0.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-31
How to Cite
Hasan, S., Ayal, C., & Rumalean, M. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP KATOLIK AMBON. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 4(3), 140-147. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v4.i3.p140-147