ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP KATOLIK AMBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar pesera didik dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbantuan Question Card dan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada materi perbandingan trigonometri di kelas X SMK Negeri 2 Ambon. Jenis Penelitian yang digunakan adalah true experimental, dengan desain penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X program keahlian akutansi dan keuangan (AK) yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 47 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu, kelas X.AK.1 yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan question card yang berjumlah 24 peserta didik dan kelas X.AK.2 yang diajarkan menggunakan model pembelajaran koopertif tipe NHT yang berjumlah 23 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes yang terdiri dari 4 soal urain. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik yaitu uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbantuan Question Card dan model pembelajaran Number Head Together pada materi perbandingan trigonometri. Hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis menunjukan sig(2-tailed) < α, yaitu 0,045 < 0,05, sehingga terima H1 dan tolah H0.
Downloads
Copyright (c) 2023 Salmawati Hasan, Carolina Selfisina Ayal, Muhammad Samad Rumalean
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.