KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 7 AMBON
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep adalah kemampuan pertama karena saling mengikat dan berkelanjutan, dapat merumuskan strategi penyelesaian, menerapkan perhitungan yang sederhana, menggunakan simbol untuk mempresentasi konsep, menganti suatu bentuk ke bentuk lainnya, pemahaman konsep matematis ialah suatu kemampuan penguasaan materi dan kemampuan siswa dalam memahami, menyerap, menguasai hingga mengaplikasikannya dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 7 Ambon dalam menyelesaikan soal himpunan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskritif kualitatif, data dari hasil tes pemahaman konsep matematis siswa tersebut akan dianalisis secara kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa yang dipilih dari 28 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dengan 3 soal. Instrumen ini dibuat berdasarkan 3 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis, nilai rata-rata dari keseluruhan soal instrumen kemampuan pemahaman konsep matematis memperoleh bahwa terdapat 2 siswa pada kategori tinggi, terdapat 9 siswa pada kategori sedang, terdapat 10 siswa pada kategori rendah, dan 8 siswa pada kategori sangat rendah. Maka kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Matematika, Himpunan
Downloads
References
Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunazpn Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Urnal Edukasi, 2(1).
Apriadi, H. (2021). Pengembangan Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. JNPM :Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 173–187.
Chintia, M., Amelia, R., & Fitriani, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI :Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 579–586.
Fajar, A. P, et al. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229–239.
Fitriani, D., Matsum, J. H., & Asriati, N. (2016). Pengaruh Lingkungan dan Sarana Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah Pontianak. Katulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3).
Gusniwati, M. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap penguasaan konsep matematika siswa SMAN di Kecamatan Kebon jeruk. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).
Harianti, Y., Affandi, L. H., & Fauzi, A. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Nilai Tempat Bilangan Dalam Pembelajaran Numerasi Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1679
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa (3rd ed.). Refika Aditama.
Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1–8.
Kusaeri, K., Arrifadah, Y., & Dina, A. M. (2021). Bagaimana Bentuk Tugas Matematika Yang Mampu Mendorong Munculnya Penalaran Imitatif Dan Kreatif? AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2145–2158.
Laamena, C. M. (2019). Strategi Scaffolding Berdasarkan Gaya Belajar Dan Argumentasi Siswa: Studi Kasus Pada Pembelajaran Pola Bilangan. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 13(2), 085–092. https://doi.org/10.30598/barekengvol13iss2pp085-092ar809
Laamena, C. M., Nusantara, T., Irawan, E. B., & Muksar, M. (2018). How do the Undergraduate Students Use an Example in Mathematical Proof Construction: A Study based on Argumentation and Proving Activity. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 185–198. https://doi.org/10.12973/iejme/3836
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Priyastutik, S., Suhendri, H., & Kasyadi, S. (2019). Pengaruh Kemandirian dan Konsep Diri terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 1–10.
Ratumanan, T. G., & Laurens, T. (2016). Analisis Penguasaan Objek Matematika (Kajian pada Lulusan SMA di Provinsi Maluku). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2).
Septripiyani, K., & Novtiar, C. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII pada materi bentuk aljabar di masa pandemi COVID-19. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1709–1722. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1709-1722
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Predadamedia Group.
Wally, N., Molle, Juliana, S., & Laamena, C. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share dan Model Pembelajaran Konvensional. Jupitek: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Zawawi, I., & Suryanti, S. (2022). Volume 3 , Nomor 2, Desember 2022 Analysis of Student Misconseptions Using Evaluation Tools Based Three Tier Multiple Choice. 3(104), 101–110.
Copyright (c) 2024 Marla Latumapina, Carolina Selfisina Ayal, Christina M Laamena
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.