PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP KRISTEN 1 LEIHITU BARAT
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan suatu kecakapan atau potensi siswa dalam proses menyelesaikan
masalah yang diberikan dengan menggunakan pengetahuan dan pemahaman yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk
Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS) pada teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Kristen 1 Leihitu Barat. Tipe
penelitian yang di gunakan adalah tipe penelitian eksperimen dan menggunakan desain penelitian Postest-only Grup Design.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Kristen 1 Leihitu Barat. Sampel dalam penelitian ini di
ambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, yakni kelas VIII-A untuk kelas eksperimen I yang diajarkan dengan
model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan kelas VIII-B untuk kelas eksperimen II yang dijarkan dengan model
pembelajaran kooperatif tipe TPS. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji prasyarat
analisis dengan menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan
pemecahan masalah matematika antara kelas eksperimen I yaitu 31,6482 dan kelas eksperimen II yaitu 42,4474. Berdasarkan
hasil pengujian hipotesis di ketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,060 > 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan
keputusan dalam uji-t dapat di simpulkan bahwa H0 di diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa
tidak ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Think Talk Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS) pada materi Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Kristen 1 Leihitu
Barat.
Downloads
References
Afriansyah, E. A., & Dahlan, J. A. (2017). Design Research in Fraction for Prospective Teachers. 100, 91–97. https://doi.org/10.2991/seadric-17.2017.20
Astuti, P. (2017). Peningkatan Disposisi Dalam Pembelajaran Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think_Talk-Write Pada Siswa Kelas Viii a Smp Pgri Bagelen Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3645#
Fatmawati, F., & Murtafiah, M. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI Sma Negeri 1 Majene. Saintifik, 4(1), 63–73. https://doi.org/10.31605/saintifik.v4i1.145
Hanifah, H. R. F. N., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Think Pair Share dan Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 155–166. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.632
Jannah, B. P. dan L. miftahul. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In PT Rajagrafindo Persada (Vol. 3, Issue 2). https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 43–45. http://repositori.kemdikbud.go.id/18051/1/1. Panduan Penilaian SMP - Cetakan Keempat 2017.pdf
Laamena, C. M., Ngilawajan, D. A., & Layn, I. S. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Dua Model Pembelajaran Kooperatif (Studi Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Think Pair Share Pada Siswa Kelas VII MTs Al-Irsyad Hutawa Dalam Mempelajari Materi Operasi Hitu. Jar-Juir Jargaria (3J) Jurnal, 1(1), 45–49.
Mufarihah, N., Yuliastuti, R., & Nurfalah, E. (2019). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Materi Peluang Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(2), 50. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n2.p50-61
Mulyawan, B. (2012). Issn 1412 - 8683 45. Pengaruh Pengalaman Dalam Pelatihan Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru, 11, 45–65. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/453
Samadara, F., Ayal, C. S., & Ngilawajan, D. A. (2020). Peningkatan Hasil belajar Matematika Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran ( The Improvement o f Students ’ Learning Outco mes Through The Implementation of. 1, 1–4.
Sani, L. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Jurnal Al-Ta’dib, 11(2), 1–18.
Sayuti, I., Rosmaini, S., & Andayannhi, S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–11.
Sugiono 2016 dalam Fakhri. (2021). Metode Penelitian Purposive Sampling. 2021, 32–41.
Sujana, A., & Maskhopipah, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2, 43–51. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i1.353
Suryawati, D. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 314.
Copyright (c) 2023 Marles Sohilait, Theresia Laurens, Hanisa Tamalene
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.