ANALISIS PEMAHAMAN RELASIONAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) DI KELAS X SMA NEGERI 7 AMBON

  • Mey Linda Universitas Pattimura
  • La Moma
  • Novalin Calasin Huwaa
Keywords: pemahaman relasional, sistem persamaan linier tiga variabel

Abstract

Matematika merupakan ilmu universal yang dipelajari dari tingkat dasar hingga perguruaan tinggi. Salah satu hal yang diharapkan dari pembelajaran matematika adalah kemampuan peserta didik dalam pemahaman relasional. Dengan dimilikinya pemahaman tersebut peserta didik mampu mengenali bentuk soal baru, mampu membangun relasi antara unsur-unsur dalam masalah, mampu membangun relasi antara sifat atau struktur matematika yang telah dipelajari sebelumnya, mampu memecahkan masalah berdasarkan relasi yang telah dibangun. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 peserta didik yang dipilih dari 23 peserta didik dikelas X MIPA 1 SMA Negeri 7 Ambon. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik yang mampu menyelesaikan sebuah masalah SPLTV dan memiliki tahapan pemecahan masalah yang  lengkap maka, akan memiliki juga pemahaman relasional yang lengkap. Hal tersebut berarti pemecahan masalah peserta didik berpengaruh pada pemahaman relasional yang dimilikinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliah, N. S., Sukmawati, S., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah matematika dan Disposisi matematikka siswa pada materi SPLDV. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif

Blanton, M., Sevilla, Y. F., Brizuela, B., Gardiner, A. M., Sawrey, K., Gibbins, A., et al. (2018). Exploring Kindergarten Students Early Understandings of the Equal Sign. Mathematical Thinking and learning, 3.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Maslah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 156.

Dwi Priyo Utomo, M., & Muhamad Huda, M. (2020). Pemahaman Relasional. Yogyakarta: BILDUNG. Hadi, S., & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk mengembangkan kemampuan Siswa dalam pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT, 54-55.

Hadi, S., & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk mengembangkan kemampuan Siswa dalam pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT, 54-55.

Humami Ula, M. F. (2018). Analisis Proses Menyelesaikan Masalah Aljabar Menggunakan Onto Semiotic Approach (OSA) Siswa Dibedakan Berdasarkan Gaya Kognitif. Skripsi, 8-10.

Kulsum, C. l., Johar, R., & Munzir, S. (2019). Pemahaman Relasional Siswa pada Turunan Fungsi dengan Bantuan Software Geometer's Sketchpad. Jurnal Peluan, 66.

Minarni, E., Napitupulu, E., & Husein, R. (2016). Mathematical Understanding And Representation Ability of Public Junior High School in North Sumatra. Journal of Mathematic Education, 46.

Muchlas. (2022). Profil Pemahaman Relasional Siswa Sekolah Menegah Atas Pada Pemecahan Masalah Matematika Berdasrkan Gaya Kognitif. Tesis, 12-17.

Murtalib, Silviana, D., & Gunawan. (2019). Eksplorasi Pemahaman Relasional Siswa SMP Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Pemecahan Masalah Lingkaran . Pedagogos: Jurnal pendidikan STKIP Bima, 14.

Muzdalifah. (2019). Analisis Tingkat Pemahaman Relasional Matematika Siswa Kelas VIII MtsS Darul Ulum Banda Aceh. Skripsi.

Nuraini, Maimunah, & Roza, Y. (2019). analisis kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII smpn 1 rambah samo pada materi bangun ruang sisi datar. Numerical, 64.

Sholihah, A. (2020). Skripsi. Analisis Pemahaman relasional Siswa dalam memecahkan masalah matematika Berdasarkan teori APOS ditinjau dari kemampuan Awal Matematika, 1-46.

Syahlan. (2017). Sepuluh Strategi Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education , 359.

Tafrilyanto, C. F. (2016). Profil Berpikir Relasional Siswa SMA Dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent. Sigma, 7-8.

Wardani, D. L., & Susanah. (2020). Profil Berpikir Relasional dalam Memecahkan Masalah Matematika Siswa SMA Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Implusif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 139.

Published
2024-05-22
How to Cite
Linda, M., Moma, L., & Huwaa, N. (2024). ANALISIS PEMAHAMAN RELASIONAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) DI KELAS X SMA NEGERI 7 AMBON. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 5(1), 19-27. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v5.i1.p19-27