ANALISIS PEMAHAMAN RELASIONAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) DI KELAS X SMA NEGERI 7 AMBON
Abstract
Matematika merupakan ilmu universal yang dipelajari dari tingkat dasar hingga perguruaan tinggi. Salah satu hal yang diharapkan dari pembelajaran matematika adalah kemampuan peserta didik dalam pemahaman relasional. Dengan dimilikinya pemahaman tersebut peserta didik mampu mengenali bentuk soal baru, mampu membangun relasi antara unsur-unsur dalam masalah, mampu membangun relasi antara sifat atau struktur matematika yang telah dipelajari sebelumnya, mampu memecahkan masalah berdasarkan relasi yang telah dibangun. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 peserta didik yang dipilih dari 23 peserta didik dikelas X MIPA 1 SMA Negeri 7 Ambon. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik yang mampu menyelesaikan sebuah masalah SPLTV dan memiliki tahapan pemecahan masalah yang lengkap maka, akan memiliki juga pemahaman relasional yang lengkap. Hal tersebut berarti pemecahan masalah peserta didik berpengaruh pada pemahaman relasional yang dimilikinya.
Downloads
References
Aliah, N. S., Sukmawati, S., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah matematika dan Disposisi matematikka siswa pada materi SPLDV. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif
Blanton, M., Sevilla, Y. F., Brizuela, B., Gardiner, A. M., Sawrey, K., Gibbins, A., et al. (2018). Exploring Kindergarten Students Early Understandings of the Equal Sign. Mathematical Thinking and learning, 3.
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Maslah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 156.
Dwi Priyo Utomo, M., & Muhamad Huda, M. (2020). Pemahaman Relasional. Yogyakarta: BILDUNG. Hadi, S., & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk mengembangkan kemampuan Siswa dalam pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT, 54-55.
Hadi, S., & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk mengembangkan kemampuan Siswa dalam pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT, 54-55.
Humami Ula, M. F. (2018). Analisis Proses Menyelesaikan Masalah Aljabar Menggunakan Onto Semiotic Approach (OSA) Siswa Dibedakan Berdasarkan Gaya Kognitif. Skripsi, 8-10.
Kulsum, C. l., Johar, R., & Munzir, S. (2019). Pemahaman Relasional Siswa pada Turunan Fungsi dengan Bantuan Software Geometer's Sketchpad. Jurnal Peluan, 66.
Minarni, E., Napitupulu, E., & Husein, R. (2016). Mathematical Understanding And Representation Ability of Public Junior High School in North Sumatra. Journal of Mathematic Education, 46.
Muchlas. (2022). Profil Pemahaman Relasional Siswa Sekolah Menegah Atas Pada Pemecahan Masalah Matematika Berdasrkan Gaya Kognitif. Tesis, 12-17.
Murtalib, Silviana, D., & Gunawan. (2019). Eksplorasi Pemahaman Relasional Siswa SMP Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Pemecahan Masalah Lingkaran . Pedagogos: Jurnal pendidikan STKIP Bima, 14.
Muzdalifah. (2019). Analisis Tingkat Pemahaman Relasional Matematika Siswa Kelas VIII MtsS Darul Ulum Banda Aceh. Skripsi.
Nuraini, Maimunah, & Roza, Y. (2019). analisis kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII smpn 1 rambah samo pada materi bangun ruang sisi datar. Numerical, 64.
Sholihah, A. (2020). Skripsi. Analisis Pemahaman relasional Siswa dalam memecahkan masalah matematika Berdasarkan teori APOS ditinjau dari kemampuan Awal Matematika, 1-46.
Syahlan. (2017). Sepuluh Strategi Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education , 359.
Tafrilyanto, C. F. (2016). Profil Berpikir Relasional Siswa SMA Dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent. Sigma, 7-8.
Wardani, D. L., & Susanah. (2020). Profil Berpikir Relasional dalam Memecahkan Masalah Matematika Siswa SMA Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Implusif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 139.
Copyright (c) 2024 Mey Linda, La Moma, Novalin Calasin Huwaa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.