PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PROGRAM LINEAR

  • Zabir Zabir Universitas Pattimura
  • Carolina Selfisina Ayal Universitas Pattimura
  • Darma Andreas Ngilawajan Universitas Pattimura
Keywords: efficacy, Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh self efficacy terhadap pemecahan masalah
siswa pada materi program linear di kelas X SMK Al-Wathan Ambon. Desain dalam penelitian ini adalah
Causal Desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Al-Wathan Ambon. Adapun
yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas X-Farmasi dengan jumlah siswa adalah 25 siswa, dipilih
menggunakan purposive sampling (sampel tujuan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa
soal tes pemecahan masalah dan angket self efficacy. Dari hasil analisis dengan menggunakan statistik
regresi linear sederhana, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh self efficacy terhadap pemecahan masalah
siswa pada materi program linear di kelas X SMK Al-Wathan Ambon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awaluddin, A. (2019). Pengaruh Self Efficacy dan Self Esteem Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis pada Siswa Kelas VII MTsN 1 Gowa.

Fitriani, R. N., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3),2793–2801. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.803

Hasin, M. (2018). Pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan problem solving siswa kelas XI IPA MA Miftahul Ulum Jatioro Lumajang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Hendriana, H, & Soemarmo, U. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Soemarno, U. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). Vol 1 No 2.

Khotimah, N. H., Khoirunnisa, A., & Bilda, W. (2020). Pengaruh Self efficacy Siswa SMP terhadap Pemecahan Masalah pada Materi Aritmetika Sosial. EDISI, 2(2), 285-291.

Mawaddah, dkk. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP. FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Volume 3, No 2, Oktober 2015.

Miliyawati, B. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Siswa SMA dengan Menggunakan Pendekatan Investigasi. Unpublished Thesis at Post Graduate Program Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Pardimin. (2018). Self-Efficacy Matematika dan Self-Efficacy Mengajar Matematika Guru Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 29-37.

Rajagukguk, W., & Hazrati, K. (2021). Analisis Self-Efficacy Siswa dalam Penelitian Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik dan Inkuiri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2077–2089. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.761

Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2).

Siregar, N. (2019). Hubungan Self-Efficacy dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Rendah. Journal of Mathematics Science and Education, 1(2), 64-72.

Somawati, S. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling dan Pendidikan Vol.6, No .1, 39–45.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulandri, L., Amry, Z., & Saragih, S. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education Approach to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Abilitiy and Self-Efficacy. Intenasional Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2),375-383. https://doi.org/10.29333/iejme/5721

Published
2024-03-30
How to Cite
Zabir, Z., Ayal, C., & Ngilawajan, D. (2024). PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PROGRAM LINEAR. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 4(3), 117-123. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v4.i3.p117-124