PENERAPAN MODEL CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSMAAN LINEAR SATU VARIABEL PADA KELAS VII SMP
Abstract
Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel merupakan salah satu materi yang paling penting karena bermanfaat bagi siswa dalam mempelajari materi selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP dengan menggunakan model card sort pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa hasil tes akhir setiap siklus dan data kualitatif berupa hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada siswa kedua. Pada siklus pertama hanya 7 siswa (35%) yang tuntas dan pada siklus kedua 17 siswa (80%) yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pertidaksamaan linear satu variabel.
Downloads
References
Anggraeni, Tri, S., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. (JRPD), 1(1), 25–37.
Anwar, Y. S., & Abdillah, A. (2016). Penerapan Teori Apos (Action, Process, Object, Schema) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Program Linier Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Tahun Akademik 2015/2016. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 53–60.
Arifin, Z., Priawasana, E., & Kustiyowati. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions dan Card Sort untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bangorejo BanyuwangI. Jurnal Darussalam:Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 15(1), 37–49.
Aufa, N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Card Sort pada Materi Matriks di MAN 1 Inovasi Kota Subulussalam. SINERGI : Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 63–69. https://doi.org/10.62335/4rcga084
Aulia, M. P., Roesdiana, L., & Haerudin, H. (2021). Analisis Kemampuan Kompetensi Strategis Matematis Siswa pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 169–183. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp169-183
Basyarewan, R. U., Laamena, C. M., & Ngilawajan, D. A. (2022). Efektivitas Model NHT Dan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2774. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5500
BZ, Z., & Azizah, R. N. (2023). Strategi Pembelajaran Melalui Model Card Sort dan The Power of Two and Four di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zainiyah II Grinting Paiton Probolinggo. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2437–2446. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.608
Halidjah, S. (2014). Penggunaan Media Manipulatif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5342%0Ahttps://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/5342/5522
Handayani, N. F., & Mahrita, M. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4045
Ilela, N., Laamena, C. M., & Tamalene, H. (2021). Model Pembelajaran Core, Scramble, Hasil Belajar, dan Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Journal of Honai Math, 4(1), 85–100.
Laamena, C. M., Mataheru, W., & Hukom, F. F. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Aplikasi Swishmax dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Prisma Dan Limas. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 15(1), 029–036. https://doi.org/10.30598/barekengvol15iss1pp029-036
Laurens, T., & Laamena, C. M. (2020). Development of mathematical learning devices based on multimedia on circle materials of grade eighth of junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012088
Mainake, P. N., Laamena, C. M., Gaspersz, M., & Pattimura, U. (2021). Penggunaan Model Problem Based Learning ( PBL ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Use of Problem Based Learning ( PBL ) Models to Improve Student Learning Outcomes. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11, 11–17.
Nurhidayati, N. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pokok Bahasan Sikap Kepahlawanan dan Patriotsm Kelas IV SDN Purwosari 02. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.18592/ptk.v3i1.1059
Rohimah, S. M. (2017). Analisis Learning Obstacles Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1293
Silberman, L. . (2006). Active Learning; 101 Cara Belajar Siswa Akti. Nusamedia.
Souhoka, F. P., Ayal, C. S., & Laamena, C. M. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Statistika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 1, 33–40. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/mathedu/article/view/1612%0Ahttps://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/mathedu/article/download/1612/1222
Sulastri, L., Abdul, E., & Arhasy, R. (2017). Kajian learning obstacle materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel pada pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(2), 151–159.
Wardika, I. W. G., & Putra, I. (2021). Use of the Google Classroom App in an Effort To Improve Student Learning Outcomes on Matrix Subjects. Paedagoria: Jurnal Kajian …, 6356, 8–16. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/3343%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/download/3343/pdf
Warsono, & Hariyanto. (2021). Pembelajaran Aktif Teori Dan Asesmen (Edisi Kedu). PT Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2024 f3l14_w4tt1m3n4 f3l14, Christina M Laamena, Darma Andreas Ngilawajan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.