ANALISIS REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL

  • Juan Fandy Tuhumury Universitas Pattimura
  • La Moma
  • Novalin Calasin Huwaa Universitas Pattimura
Keywords: representasi matematis, teorema pythagoras.

Abstract

Representasi matematis adalah ungkapan-ungkapan ide dan gagasan peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika yang ditampilkan peserta didik untuk mencari solusi dari suatu masalah yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal kontekstual pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 1 Ambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 peserta didik yang dipilih dari 25 peserta didik, dengan kriteria peserta didik yang menjawab semua soal dengan benar dan pendapat guru terhadap subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 peserta didik yang menjawab semua soal dengan benar dan terdapat 3 representasi yang muncul pada hasil pekerjaan peserta didik, yaitu representasi simbol, representasi gambar dan representasi verbal. Berdasarkan hasil tes menunjukkan bahwa peserta didik pada representasi simbol dan verbal lebih tinggi dari representasi gambar. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2011).Analisis Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar dalam Penyelesaian Masalah Matematika Kontekstual. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 16(1), 128.

Gustina, L. S. (2016). Disusun sebagai salah satu syarat menyelesaikan Program Studi Stara 1 pada Jurusan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Handayani, H., & Juanda, R. Y. (2018). Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sumedang Utara. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 211.

Handayani, Y., Aini, I. N., & Pd, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Peluang.

Hartono, dkk. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Materi Fungsi dengan Pendekatan Open Ended pada Siswa Kelas VIII MTs Sirajul Ulum Pontianak. Jurnal Eksponen. Vol. 09 No 1, h. 9-20.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual yang Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Prodi Matek STKIP Siliwangi Bandung, Vol 2 No 1.

IEA. (2012). TIMSS 2011 International Result in Mathematics.

Muhamad, N. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. 09(01).

Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99.

Nahdi, D. S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1).

OECD. (2015). PISA 2015 Result in Focus-student performance in mathematics, reading and science.

Oktaria, M., Alam, A. K., & Sulistiawati, S. (2016). Penggunaan Media Software GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 99–107.

Rahmita, F. (2018). Representasi Mateatis Siswa SMP dalam Membangun Hubungan Luas Antar Segiempat. 7(2).

Rangkuti, A. N., Si, S., & Pd, M. (2017). Representasi Matematis.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33.

Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 51.

Sanjaya, I. I., Maharani, H. R., & Basir, M.A. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran Berdasarkan Gaya Belajar Honey Mumfrod. Jurnal Pendidikan Didaktik Matematika.

Susanti, S., Duskri, M., & Rahmi, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Problem-Based Learning pada Siswa SMP/MTs. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 77.

Syafri, F. S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika.

Triono, A. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tanggerang Selatan. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wijayanti, R. W., Sutopo, & Pambudi, D. (2017). Profil Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Kecerdasan Visual-Spasial Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM).

Yusriyah, Y., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Penyajian Data di Desa Bungbulang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 47–60.

Published
2024-05-22
How to Cite
Tuhumury, J., Moma, L., & Huwaa, N. (2024). ANALISIS REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 5(1), 28-34. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v5.i1.p28-34