PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 3 AMBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Quantum teaching dan model pembelajaran konvensional pada materi trigonomnetri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan desain Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Ambon yang berjumlah 143 orang yang terdiri dari 4 kelas. Dalam menentukan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dimana sampel adalah kelas X IPA-2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model Quantum Teaching dan kelas X IPA-1 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan mengunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang terdiri dari 4 soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Quantum Teaching dan model pembelajaran konvensional pada materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 3 Ambon. Hal ini ditunjukkan pada hasil perhitungan yang diperoleh yaitu nilai Sig.(2-tailled) = 0,005 < nilai , sehingga diterima dan ditolak.
Downloads
References
Adawiyah, R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Mahasiswa Melalui Kompetensi Profesional Dosen Dan Minat Belajar Mahasiswa Robiatul Adawiyah (Vol. 1, Issue 1).
Asih, S. K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Tscj, 2(2).
Fitri, R. A., Adnan, F., & Irdamurni, I. (2020a). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 88–101.
Harmono Setyo. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Konseptual dan Ketrampilan Gerak Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Sma Kota Kediri.
Hasmiati, Jamilah, & Mustami. K. M. (2017). Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pertumbuhan Dan Perkembangan Dengan Metode Praktikum. Jurnal Biotek, 5
Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh. IX (2).
Lestari, P., & Hudaya, A. (2018a). Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas VIII SMP Pgri 3 Jakarta. Research And Development Journal Of Education, 5(1).
Marjan, J., Putu Arnyana, I., & Nyoman Setiawan, I. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Ma Mu’allimat Nw Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. In Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Ipa (Vol. 4).
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174.
Nurmansyah, E., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2018). Upaya meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa melalui model auditory intellectually repetition (AIR) pada materi energi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(5), 1–9.
Ratumanan, T. G. & Laurens, Th. 2015. Penilaian Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.
Rusman. 2015. Pembelajaran Terpadu (Teori, Praktik dan Penilaian). Jakarta: Rajawali Pres.
Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173–190.
Siregar, 2023. Pembelajaran Aktif Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Menggunakan Model Quantum Teaching Di Madrasah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Tuarita, A. S., Molle, J. S., & Palinussa, A. L. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Spldv Di Kelas VIII SMP Negeri 15 Ambon. Scie Map J, 1(2), 60–64.
Copyright (c) 2023 Sri Wahyuningsih, Juliana Selvina Molle, Anderson Leonardo Palinussa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.