PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 7 AMBON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) PADA MATERI POLA BILANGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 7 Ambon yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi pola bilangan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 7 Ambon yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini merupakan tipe penelitian tindakan kelas (PTK) dimana pendidik bertindak sebagai instruktur dan berlangsung dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi untuk data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklus dimana nilai ulangan siklus I sebesar 59,09% (13 siswa) yang mendapat nilai ≥72. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 72,72% (16 siswa) yang mendapat nilai ≥72. Hasil belajar siswa naik 13,63% dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 7 Ambon pada materi pola bilangan.
Downloads
References
Afriani eka dan Afrinaldi. (2023). Dampak Bullying Verbal Terhadap Perilaku. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(1), 72–82.
Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38.
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Signifikansi Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Menyiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, hlm. 151–160..
Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 27–35..
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21.
Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Nonexample Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan. Taman Vokasi, 6(1), 98–106.
Musyadad, V., Supriatna, A., & Mulyati Parsa, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13
Nasional, W., Kompetensi, P., Sekolah, G., & History, A. (2020). 57027-153395-1-Sm. 3(3), 1825–1831.
Restu, Apollo Sinaga, F., Andi Syahputra, R., & Marlan. (2023). Ppm Peningkatan Mutu Pembelajaran Pada Guru Sd Melalui Case Method Dan Team Based Project Di Sdn Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 29(2), 328–333.
Sahrir, S.,(2018). Komparasi hasil belajar geometri pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dilengkapi aplikasi swishmax, pembelajaran kooperatif tanpa swishmax, dan model pembelajaran konvensional.. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(1), 10–20..
Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164.
Sujiono, & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning Tema Gerak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(3), 685–693.
Suratno, Kamid, Y. S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. 1(1), 127–139
Sutamrin, & Sahid. (2015). Perbedaan kecerdasan emosional dan hasil belajar Kalkulus Mahapeserta didik Jurusan Kimia ditinjau dari jalur masuk. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 3(1), 472–474.
Tse & Suprojo, I. A. (2017). Kesehatan Masyarakat. Pusdik SDM Kesehatan, 1(1), 60–62.
Whinda, A., dkk. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Pendidikan Matematika (jumadika), Vol. 2(1), hlm. 21-27.
Widayanti, Y. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Penggunaan Modul Pembelajaran Berorientasi Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Volume 12(1), halaman 166
Copyright (c) 2023 Luterus - Meturan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.