PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TURUNAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT (FI) DAN FIELD DEPENDENT (FD)

  • Agnes Clara Latuputty Pendidikan Matematika, Universitas Pattimura
  • Theresia Laurens Universitas Pattimura
  • Darma Andreas Ngilawajan Universitas Pattimura
Keywords: Gaya kognitif field dependent, Gaya kognitif field independent, Profil pemecahan masalah matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan profil pemecahan masalah matematika siswa dengan gaya kognitif yang berbeda, yaitu gaya kognitif field independent (FI) dan gaya kognitif field dependent (FD) pada materi turunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deksriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 10 Ambon. Subjek penelitian adalah 2 siswa yang dipilih dari 30 siswa di kelas XI IPA 1 dengan pertimbangan 1 siswa sebagai subjek FI dan 1 siswa sebagai subjek FD, serta rekomendasi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan signifikan kedua subjek nampak pada langkah merencanakan pemecahan masalah dan langkah memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Subjek FI menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana sehingga memperoleh jawaban yang benar dan membuat kesimpulan dengan tepat, sedangkan subjek FD tidak memperoleh jawaban akhir sehingga tidak dapat memberikan kesimpulan yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Clara, D. P. W., & Heni. (2020). Anallisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117.

Hasan, B. (2019). The Analysis of Students’ Critical Thinking Ability with Visualizer-Verbalizer Cognitive style in Mathematics. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(3), 142–147.

Lusiana, R. (2017). Analisis kesalahan mahasiswa dalam memecahkan masalah pada materi himpunan ditinjau dari gaya kognitif. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(1).

Miles, Matthew B., & Huberman, A. M. 1994. Qualitative Data Analysis. Second Edition. Thousand Oaks, London: SAGE Publications.

Narendra, R., & Si, S. (2019). Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent. Brilliant: Jurnal Riset Dan -Konseptual 4(1), 72-77.

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses berpikir siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika materi turunan ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 71–83.

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari perbedaan gaya kognitif dan gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148.

Prabawa, E. A., & Zaenuri, Z. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya kognitif siswa pada model project based learning bernuansa etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 120–129.

Pujiadi. (2016). Kurikulum Matematika 2 Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Puspita, A. Y. A., & Wijayanti, P. (2016). Profil pemecahan masalah matematika siswa pada materi segiempat ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5), 17–26.

Rohmani, D., & Husna, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Materi Pythagoras. Variabel, 3(2), 90-102.

Saja’ah, U. F. (2018). Analisis kesulitan siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 98–104.

Setiawan, A., Degeng, I. N. S., Sa’dijah, C., & Praherdhiono, H. (2020). The effect of collaborative problem-solving strategies and cognitive style on students’ problem-solving abilities. JEGYS: Journal for the Educational of Gifted Young Scientists, 8(4), 1618–1630.

Sira, I., Hamid, A., & Awuy, E. (2019). Profil Pemecahan Masalah Segitiga Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Aksioma, 8(2), 126-136.

Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 86–93.

Ulya, H. (2015). Hubungan gaya kognitif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal konseling GUSJIGANG, 1(2).

Wulandari, R., Pendidikna, F, I., & Madura, U. T. (2017). Analisis gaya kognitif siswa dalam pemecahan masalah matematika di SDN Banyuajuh 1 Kamal Madura. Universitas Trunojo Madura, 4(2), 95-106.

Clara, D. P. W., & Heni. (2020). Anallisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117.

Hasan, B. (2019). The Analysis of Students’ Critical Thinking Ability with Visualizer-Verbalizer Cognitive style in Mathematics. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(3), 142–147.

Lusiana, R. (2017). Analisis kesalahan mahasiswa dalam memecahkan masalah pada materi himpunan ditinjau dari gaya kognitif. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(1).

Miles, Matthew B., & Huberman, A. M. 1994. Qualitative Data Analysis. Second Edition. Thousand Oaks, London: SAGE Publications.

Narendra, R., & Si, S. (2019). Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent. Brilliant: Jurnal Riset Dan -Konseptual 4(1), 72-77.

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses berpikir siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika materi turunan ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 71–83.

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari perbedaan gaya kognitif dan gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148.

Prabawa, E. A., & Zaenuri, Z. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya kognitif siswa pada model project based learning bernuansa etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 120–129.

Pujiadi. (2016). Kurikulum Matematika 2 Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Puspita, A. Y. A., & Wijayanti, P. (2016). Profil pemecahan masalah matematika siswa pada materi segiempat ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5), 17–26.

Rohmani, D., & Husna, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Materi Pythagoras. Variabel, 3(2), 90-102.

Saja’ah, U. F. (2018). Analisis kesulitan siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 98–104.

Setiawan, A., Degeng, I. N. S., Sa’dijah, C., & Praherdhiono, H. (2020). The effect of collaborative problem-solving strategies and cognitive style on students’ problem-solving abilities. JEGYS: Journal for the Educational of Gifted Young Scientists, 8(4), 1618–1630.

Sira, I., Hamid, A., & Awuy, E. (2019). Profil Pemecahan Masalah Segitiga Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Aksioma, 8(2), 126-136.

Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 86–93.

Ulya, H. (2015). Hubungan gaya kognitif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal konseling GUSJIGANG, 1(2).

Wulandari, R., Pendidikna, F, I., & Madura, U. T. (2017). Analisis gaya kognitif siswa dalam pemecahan masalah matematika di SDN Banyuajuh 1 Kamal Madura. Universitas Trunojo Madura, 4(2), 95-106.

Published
2024-12-30
How to Cite
Latuputty, A., Laurens, T., & Ngilawajan, D. (2024). PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TURUNAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT (FI) DAN FIELD DEPENDENT (FD). Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 5(3), 195-202. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v5.i3.p195-202