PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TURUNAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT (FI) DAN FIELD DEPENDENT (FD)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan profil pemecahan masalah matematika siswa dengan gaya kognitif yang berbeda, yaitu gaya kognitif field independent (FI) dan gaya kognitif field dependent (FD) pada materi turunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deksriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 10 Ambon. Subjek penelitian adalah 2 siswa yang dipilih dari 30 siswa di kelas XI IPA 1 dengan pertimbangan 1 siswa sebagai subjek FI dan 1 siswa sebagai subjek FD, serta rekomendasi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan signifikan kedua subjek nampak pada langkah merencanakan pemecahan masalah dan langkah memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Subjek FI menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana sehingga memperoleh jawaban yang benar dan membuat kesimpulan dengan tepat, sedangkan subjek FD tidak memperoleh jawaban akhir sehingga tidak dapat memberikan kesimpulan yang tepat.
Downloads
References
Clara, D. P. W., & Heni. (2020). Anallisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117.
Hasan, B. (2019). The Analysis of Students’ Critical Thinking Ability with Visualizer-Verbalizer Cognitive style in Mathematics. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(3), 142–147.
Lusiana, R. (2017). Analisis kesalahan mahasiswa dalam memecahkan masalah pada materi himpunan ditinjau dari gaya kognitif. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(1).
Miles, Matthew B., & Huberman, A. M. 1994. Qualitative Data Analysis. Second Edition. Thousand Oaks, London: SAGE Publications.
Narendra, R., & Si, S. (2019). Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent. Brilliant: Jurnal Riset Dan -Konseptual 4(1), 72-77.
Ngilawajan, D. A. (2013). Proses berpikir siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika materi turunan ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 71–83.
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari perbedaan gaya kognitif dan gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148.
Prabawa, E. A., & Zaenuri, Z. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya kognitif siswa pada model project based learning bernuansa etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 120–129.
Pujiadi. (2016). Kurikulum Matematika 2 Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Puspita, A. Y. A., & Wijayanti, P. (2016). Profil pemecahan masalah matematika siswa pada materi segiempat ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5), 17–26.
Rohmani, D., & Husna, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Materi Pythagoras. Variabel, 3(2), 90-102.
Saja’ah, U. F. (2018). Analisis kesulitan siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 98–104.
Setiawan, A., Degeng, I. N. S., Sa’dijah, C., & Praherdhiono, H. (2020). The effect of collaborative problem-solving strategies and cognitive style on students’ problem-solving abilities. JEGYS: Journal for the Educational of Gifted Young Scientists, 8(4), 1618–1630.
Sira, I., Hamid, A., & Awuy, E. (2019). Profil Pemecahan Masalah Segitiga Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Aksioma, 8(2), 126-136.
Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 86–93.
Ulya, H. (2015). Hubungan gaya kognitif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal konseling GUSJIGANG, 1(2).
Wulandari, R., Pendidikna, F, I., & Madura, U. T. (2017). Analisis gaya kognitif siswa dalam pemecahan masalah matematika di SDN Banyuajuh 1 Kamal Madura. Universitas Trunojo Madura, 4(2), 95-106.
Clara, D. P. W., & Heni. (2020). Anallisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117.
Hasan, B. (2019). The Analysis of Students’ Critical Thinking Ability with Visualizer-Verbalizer Cognitive style in Mathematics. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(3), 142–147.
Lusiana, R. (2017). Analisis kesalahan mahasiswa dalam memecahkan masalah pada materi himpunan ditinjau dari gaya kognitif. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(1).
Miles, Matthew B., & Huberman, A. M. 1994. Qualitative Data Analysis. Second Edition. Thousand Oaks, London: SAGE Publications.
Narendra, R., & Si, S. (2019). Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent. Brilliant: Jurnal Riset Dan -Konseptual 4(1), 72-77.
Ngilawajan, D. A. (2013). Proses berpikir siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika materi turunan ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 71–83.
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari perbedaan gaya kognitif dan gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148.
Prabawa, E. A., & Zaenuri, Z. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya kognitif siswa pada model project based learning bernuansa etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 120–129.
Pujiadi. (2016). Kurikulum Matematika 2 Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Puspita, A. Y. A., & Wijayanti, P. (2016). Profil pemecahan masalah matematika siswa pada materi segiempat ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5), 17–26.
Rohmani, D., & Husna, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Materi Pythagoras. Variabel, 3(2), 90-102.
Saja’ah, U. F. (2018). Analisis kesulitan siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 98–104.
Setiawan, A., Degeng, I. N. S., Sa’dijah, C., & Praherdhiono, H. (2020). The effect of collaborative problem-solving strategies and cognitive style on students’ problem-solving abilities. JEGYS: Journal for the Educational of Gifted Young Scientists, 8(4), 1618–1630.
Sira, I., Hamid, A., & Awuy, E. (2019). Profil Pemecahan Masalah Segitiga Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Aksioma, 8(2), 126-136.
Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 86–93.
Ulya, H. (2015). Hubungan gaya kognitif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal konseling GUSJIGANG, 1(2).
Wulandari, R., Pendidikna, F, I., & Madura, U. T. (2017). Analisis gaya kognitif siswa dalam pemecahan masalah matematika di SDN Banyuajuh 1 Kamal Madura. Universitas Trunojo Madura, 4(2), 95-106.
Copyright (c) 2024 Agnes Clara Latuputty, Theresia Laurens, Darma Andreas Ngilawajan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.