ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP DALAM PENYELESAIAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

  • Noviani Tutuarima Universitas Pattimura
  • La Moma Universitas Pattimura
  • Novalin Calasin Huwaa huwaanova@gmail.com
Keywords: a system of two-variable, linear equations critical thinking.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP dalam penyelesaian soal sistem persamaan linear dua variable. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Tahap penelitian dimulai dengan tes kemampuan berpikir kritis siswa dan pemilihan 3 subjek untuk setiap kategori kemampuan yang dijadikan fokus dalam penelitian ini. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis berdasarkan indikator berpikir kritis yaitu Interpretasi, Analisis, Evaluasi, Explanation, Inferensi. Hasil analisa data yang diperoleh (1) Subjek VR yang mewakili kategori tinggi dapat memenuhi semua indikator berpikir kritis untuk setiap soal terkecuali indikator inferensi pada soal nomor 1; (2) Subjek SAT yang mewakili kategori sedang tidak memenuhi indikator interpretasi pada soal nomor 1, tidak memenuhi indikator inferensi pada soal nomor 2, dan hanya memenuhi indikator interpretasi pada soal nomor 3; (3) Subjek CSW yang mewakili kategori rendah hanya dapat memenuhi Indikator interpretasi pada ketiga butir soal serta hanya memenuhi indikator inferensi pada soal nomor 2 dan 3.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita., Ramla (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), 159–167

Fatmawati, H., Mardiyana., & Triyanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Volume 2 Nomor 9 Hal 899-910

Harahap, R. A. P., & Hasibuan, E. K. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Melalui Pendekatan Open-Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 7 Nomor 1. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2167

Hayudiyani, M., Arif, M., & Risnasari, M. 2017. Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Jenis Kelamin Siswa di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic. 4(1), 20-27. https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3383

Hidayanti, D., As’ari, A. R., & Daniel, T. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Krirtis Siswa SMP Kelas XI Pada Materi Kesebangunan. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta, 12 Maret 2016, Knpmp I, 276–285.

Ilma, R., Hamdani, A. S., & Lailiyah, S. (2017). Profil Berpikir Analitis Masalah Aljabar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. 2(1), 1–14.

Kresma, E. N. (2014). Eka Nella Kresma Perbandingan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Titik Jenuh Siswa Maupun Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. 1, 152–164.

Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika Dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif.Sumedang: UPI Sumedang Press

Nurmalia, N. R., & Sari, C. K. (2023). Kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah HOTS. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6 (5), 2053-2064. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.19342

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. 2006, 155–158.

Purbonugroho, H., Wibowo, T., & Kurniawan, H. (2020). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Matematika. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 53–62.

Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan kuadrat pada pembelajaranmodel creative problem solving.

Putri, J. H., Ayu, D., Rangkuti, S. A., Rizqi N. R.,& Simamora M. I. 2023. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 7 Nomor 2. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8563

Ulva, E (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Negeri Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 2,N 5. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i5.73

Zanthy, L. S., Studi, P., & Matematika, P. (2016). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI. 1(1).

Zulfah. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VII MTS Negeri Sungai Toang. Jurnal Cendekia, 1(1), 12-16. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.4

Published
2024-03-31
How to Cite
Tutuarima, N., Moma, L., & Huwaa, N. (2024). ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP DALAM PENYELESAIAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 4(3), 148-155. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v4.i3.p148-155