ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP DALAM PENYELESAIAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP dalam penyelesaian soal sistem persamaan linear dua variable. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Tahap penelitian dimulai dengan tes kemampuan berpikir kritis siswa dan pemilihan 3 subjek untuk setiap kategori kemampuan yang dijadikan fokus dalam penelitian ini. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis berdasarkan indikator berpikir kritis yaitu Interpretasi, Analisis, Evaluasi, Explanation, Inferensi. Hasil analisa data yang diperoleh (1) Subjek VR yang mewakili kategori tinggi dapat memenuhi semua indikator berpikir kritis untuk setiap soal terkecuali indikator inferensi pada soal nomor 1; (2) Subjek SAT yang mewakili kategori sedang tidak memenuhi indikator interpretasi pada soal nomor 1, tidak memenuhi indikator inferensi pada soal nomor 2, dan hanya memenuhi indikator interpretasi pada soal nomor 3; (3) Subjek CSW yang mewakili kategori rendah hanya dapat memenuhi Indikator interpretasi pada ketiga butir soal serta hanya memenuhi indikator inferensi pada soal nomor 2 dan 3.
Downloads
References
Anita., Ramla (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), 159–167
Fatmawati, H., Mardiyana., & Triyanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Volume 2 Nomor 9 Hal 899-910
Harahap, R. A. P., & Hasibuan, E. K. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Melalui Pendekatan Open-Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 7 Nomor 1. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2167
Hayudiyani, M., Arif, M., & Risnasari, M. 2017. Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Jenis Kelamin Siswa di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic. 4(1), 20-27. https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3383
Hidayanti, D., As’ari, A. R., & Daniel, T. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Krirtis Siswa SMP Kelas XI Pada Materi Kesebangunan. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta, 12 Maret 2016, Knpmp I, 276–285.
Ilma, R., Hamdani, A. S., & Lailiyah, S. (2017). Profil Berpikir Analitis Masalah Aljabar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. 2(1), 1–14.
Kresma, E. N. (2014). Eka Nella Kresma Perbandingan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Titik Jenuh Siswa Maupun Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. 1, 152–164.
Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika Dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif.Sumedang: UPI Sumedang Press
Nurmalia, N. R., & Sari, C. K. (2023). Kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah HOTS. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6 (5), 2053-2064. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.19342
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. 2006, 155–158.
Purbonugroho, H., Wibowo, T., & Kurniawan, H. (2020). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Matematika. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 53–62.
Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan kuadrat pada pembelajaranmodel creative problem solving.
Putri, J. H., Ayu, D., Rangkuti, S. A., Rizqi N. R.,& Simamora M. I. 2023. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 7 Nomor 2. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8563
Ulva, E (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Negeri Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 2,N 5. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i5.73
Zanthy, L. S., Studi, P., & Matematika, P. (2016). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI. 1(1).
Zulfah. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VII MTS Negeri Sungai Toang. Jurnal Cendekia, 1(1), 12-16. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.4
Copyright (c) 2023 Noviani Tutuarima, La Moma, Novalin Calasin Huwaa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.