ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISIWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 AMBON DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Ambon dalam menyelesaikan soal pola bilangan ditinjau dari self confidence. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-kualitatif. Sumber data yaitu siswa kelas VIII.8 yang berjumlah 23 siswa. Berdasarkan hasil angket self confidence dari 23 siswa tersebut, terdapat 1 siswa yang memiliki self confidence tinggi (4,34%), 19 siswa yang memiliki self confidence sedang, dan 3 siswa yang memiliki self confidence rendah (13,04%). Subjek penelitian ini adalah 1 siswa dengan kategori self confidence tinggi (S1), 1 siswa dengan kategori self confidence sedang (S2), dan 1 siswa dengan kategori self confidence rendah (S3). Subjek penelitian yang dipilih berdasarkan saran dari guru dan siswa tersebut dapat berkomunikasi dengan baik. Hasil yang diperoleh, yaitu S1 memenuhi semua indikator berpikir kreatif pada semua soal. S2 memenuhi semua indikator pada soal nomor 1 dan 2, namun pada soal nomor 3 tidak memenuhi indikator keluwesan (flexibility) dan keaslian (originality). S3 tidak memenuhi indikator keluwesan pada semua soal dan pada soal nomor 3, S3 tidak memenuhi semua indikator.
Downloads
References
Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141-150.
Eviliasani, K., Hendriana, H., & Senjayawati, E. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kepercayaan diri siswa smp kelas viii di kota cimahi pada materi bangun datar segi empat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 333-346.
Hajar, M. S., & Minarti, E. D. (2019). Pengaruh Self Confidence Siswa SMP terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. MAJAmath Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2 (1), 1-6.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Humaeroh, I. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Elektrokimia Melalui Model Open-Ended Problems. repository.uinjkt , 73.
Kadir, I. A., & Machmud, T. (2022). Analisis Keampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION 3(2), 129.
Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT.
Refika Aditama.
Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 239-248.
Moma, L. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self-Efficacy dan Soft Skills Siswa SMP Melalui Pembelajaran Generatif. Disertasi Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak Diterbitkan.
Nurlaela, L., & Ismayati, E. (2015) Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Ombak,
Hidayat. (2017). Adversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Turunan Fungsi. Kalamatika: Jurnal pendidikan matematika 2(1) 15-28.
Irawan, D. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Melalui Pembelajaran Model 4k Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII. Semarang. UNNES.
Özreçberoğlu, N., & Çağanağa, Ç. K. (2018). Making it count: Strategies for improving problem-solving skills in mathematics for students and teachers’ classroom management. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(4), 1253-1261.
Purwasih, R., Sariningsih, R., & Sari, I. P. (2020). Self Efficacy Terhadap Kemampuan High Order Thinking Mathematics Siswa Melalui Pembelajaran Berbantuan Softwere Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 166–173.
Rusmanto. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Peserta Didik Pada Model Treffinger Learning Berbantuan Lks Open-EndedQuestion.
Septiani, Tamia, Hudanagara, M. A., Hendriana, H., & Anita, I. W. (2018). Pengaruh Self Confidence dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI) 1(2).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma Kelas XI Pada Materi Trigonometri Di Tinjau Dari Self Confidence. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 383-394.
Widiyanto, J., & Yunianta, T. N. H. (2021). Pengembangan Board Game TITUNGAN untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika,10(3), 425-43
Copyright (c) 2024 Christein Labetubun, Wilmintjie Mataheru, La Moma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.