PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 41 MALUKU TENGAH
Abstract
Operasi bentuk aljabar merupakan salah satu materi yang penting diajarkan di SMP, karena pembelajaran aljabar sangat bermanfaat bagi siswa dalam memahami materi yang lain maupun konsep aljabar di jejang pendidikan yang lebih tinggi. Penelitian ini mengkaji bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head together ( NHT) pada materi operasi bentuk aljabar di kelas VII SMP. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi operasi bentuk aljabar di kelas VII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes akhir siklus. Subjek dalam penelitian, yaitu 20 orang siswa. Hasil penelitian menujukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terdapat peningkatan hasil belajar dimana hasil tes siklus I yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) lebih dari atau sama dengan 60 (≥60) adalah 6 orang siswa dengan persentase 30%. Pada siklus II yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) lebih dari atau sama dengan 60 (≥60) adalah 13 orang siswa dengan persentase 65%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP pada materi operasi bentuk aljabar.
Downloads
References
Asmani, J. M. 2016. Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan. Yogyakarta: Diva Press
Baker, D. P. 2013. The Effects of Implementing The Cooperative Learning Structure, Numbered Heads Together, in Chemistry Classes at A Rural, low Performing High School. (Thesis). Louisiana: Louisiana State Universit
Bate, A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika SD Negeri 4 Idanogawo.
Hayati, A.B., Noer, S.H.,Nurhanurawati, N.2013. Penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika.[online]Vol.1(3),10 Halaman.
Hosnan, T. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.
Handayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia
Indonesia.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada
Shoimin, A. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sundayana, R. 2013. Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis antara Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e dengan Student Teams Achievement Division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.Suprijono, A. 2012. Cooperatif Learning. Surabaya: Pustaka Belajar.
Topile, D. K. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Garis dan Sudut di Kelas VIIB SMP
Kristen Bala Keselamatan Palu. Skripsi tidak diterbitkan. Palu: FKIP UNTAD.
Triana, D., Sappaile, N., & Yulianto, W. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Think Pair Share.
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovativ dan Progresif Konsep dan Implementasinya Pada kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Group.
======. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana Predana Media Grup.
Trianto, I. B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Jakarta : Prenadamedia Group.
Tutuhatunewa, E & Laurens, T 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pensil Komunikasi.
Widyastuti, E. 2013. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Ditinjau dari Pemahaman Konsep Siswa. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Copyright (c) 2024 Gressia Claudia Lepith, Juliana Selvina Molle, Hanisa Tamalene
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.