PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 41 MALUKU TENGAH

  • Gressia Claudia Lepith Universitas Pattimura
  • Juliana Selvina Molle Universitas Pattimura
  • Hanisa Tamalene Universitas Pattimura
Keywords: hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe NHT, operasi aljabar

Abstract

Operasi bentuk aljabar merupakan salah satu materi yang penting diajarkan di SMP, karena pembelajaran aljabar sangat bermanfaat bagi siswa dalam memahami materi yang lain maupun konsep aljabar di jejang pendidikan yang lebih tinggi. Penelitian ini mengkaji bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head together ( NHT) pada materi operasi bentuk aljabar di kelas VII SMP. Tujuan penelitian ini adalah  meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi operasi bentuk aljabar di kelas VII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research)  dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes akhir siklus. Subjek dalam penelitian, yaitu 20 orang siswa. Hasil penelitian menujukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terdapat peningkatan hasil belajar dimana hasil tes siklus I yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) lebih dari atau sama dengan 60 (≥60) adalah 6 orang siswa dengan persentase 30%. Pada siklus II yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) lebih dari atau sama dengan 60 (≥60) adalah 13 orang siswa dengan persentase 65%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP pada materi operasi bentuk aljabar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmani, J. M. 2016. Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan. Yogyakarta: Diva Press

Baker, D. P. 2013. The Effects of Implementing The Cooperative Learning Structure, Numbered Heads Together, in Chemistry Classes at A Rural, low Performing High School. (Thesis). Louisiana: Louisiana State Universit

Bate, A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika SD Negeri 4 Idanogawo.

Hayati, A.B., Noer, S.H.,Nurhanurawati, N.2013. Penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika.[online]Vol.1(3),10 Halaman.

Hosnan, T. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Handayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia

Indonesia.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Shoimin, A. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sundayana, R. 2013. Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis antara Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e dengan Student Teams Achievement Division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.Suprijono, A. 2012. Cooperatif Learning. Surabaya: Pustaka Belajar.

Topile, D. K. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Garis dan Sudut di Kelas VIIB SMP

Kristen Bala Keselamatan Palu. Skripsi tidak diterbitkan. Palu: FKIP UNTAD.

Triana, D., Sappaile, N., & Yulianto, W. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Think Pair Share.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovativ dan Progresif Konsep dan Implementasinya Pada kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Group.

======. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana Predana Media Grup.

Trianto, I. B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Jakarta : Prenadamedia Group.

Tutuhatunewa, E & Laurens, T 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pensil Komunikasi.

Widyastuti, E. 2013. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Ditinjau dari Pemahaman Konsep Siswa. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Published
2024-12-04
How to Cite
Lepith, G., Molle, J., & Tamalene, H. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 41 MALUKU TENGAH. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 5(3), 136-141. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v5.i3.p136-141