ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KECAMATAN PULAU-PULAU TERSELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pencapaian kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 kecamatan pulau - pulau terselatan dalam menyelesaikan soal pada materi operasi bilangan bulat dan himpunan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif - kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa yang dipilih dari 38 siswa dikategorikan dari skala penilaian Ratumanan dan Laurens (Tinggi, Sedang, dan Rendah) dan pendapat guru terhadap subjek. Data dikumpulkan berdasarkan soal tes yang mewakili semua indikator kemampuan numerasi. Data dianalisis dengan cara memberikan skor berpatokan pada rubrik untuk setiap jawaban subjek. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan kategori numerasi tinggi (WA) mampu memenuhi semua indikator kemampuan numerasi pada soal nomor 3,2, dan 4, namun cukup mampu memenuhi semua indikator kemampuan numerasi pada soal nomor 1. Subjek dengan kategori numerasi sedang (ZAD) mampu memenuhi semua indikator kategori numerasi pada soal nomor 1 dan 4, sedangkan untuk subjek kategori numerasi rendah (DL) hanya mampu memenuhi semua indikator numerasi pada soal nomor 1.
Downloads
References
Ayu Lestari, H, B Mulyono, ESusanti. (2022). Kemampuan Numerasi Peserta Didik Melalui Implementasi Blended Learning Pada Materi Bilangan Pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika, 60 – 70.
Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School.
Firman, Alimuddin, Nurwati Djam’an (2017). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Ditinjau dari Perbedaan Gender Issues in Mathematics Education, (62).
Fitrianingrum, F., & Basir, M. A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar. Vygotsky, 2(1), 1. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.177
Han, W., Santoso, D., & dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hartatik, S., & Nafiah. (2020). Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 32-42.
Harianti, Y., Hamdian Affandi, L., & Fauzi, A. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Nilai Tempat Bilangan Dalam Pembelajaran Numerasi Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1679
Irvan Efendi. 2022. Analisis Literasi Numerasi dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill (HOTS) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Barombong. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar. Pembimbing I Muhammad Darwis M. dan Pembimbing II Ma’rup.
Kemdikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Maulidina, A. P. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 61–66. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408
Muhadijir, Neong. 1998.Metedologi Penelitian Kualitatis Pendekatan Positivistik, Rasionalistik, Phenomenologik, dan Realisme Metaphisik Telaah Studi Teks dan Penelitian Agama.
Napsiyah, N, R. Haryadi (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Berdasarkan Level Kognitif pada Materi Kubus dan Balok. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 45 – 59
Nasoha, S. R., Araiku, J., Pratiwi, W. D., & Yusup, M. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 49–61. https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.7903
Novianti, M. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Soal Hots Di Sma Al-Munadir Kuala Mandor B. 5(1), 144–149.
Nurhanifa, N., Mutaqin, A., & Ihsanudin, I. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Rme Menggunakan Articulate Storyline Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Smp. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 2(4), 217. https://doi.org/10.56704/jirpm.v2i4.12856
OECD. (2019). PISA 2018 assesment and analytical framework. Paris: OECD Publishing OECD. (2019).
Pangesti. (2018). Menumbuh kembangkan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika dengan Soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education 5 (9), 566-575.
Plp, S. (2022). ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN OPERASI ALJABAR LINEAR KELAS 7 BERDASARKAN TEORI NEWMAN SMP MUHAMMADIYAH. 2020, 1514–1521.
Qasim, Kadir, & Awaludin. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri DiKabupaten Buton Utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume 3 No 3.
Ratumanan, GT & Laurens. (2011). Evaluasi Hasil Belajar Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.
Ridzkiyah, N., & Effendi, K. N. S. (2021). Ridzkiyah, Nur Effendi, Kiki Nia Sania. 6, 1–13.
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890
Yuliawanti, E., Suciati, S., & Ariyanto, J. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Scaffolding Learning Activities terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa. Bio-Pedagogi, 8(1), 23. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i1.35547
Copyright (c) 2024 susanty laimeheriwa, Tanwey Gerson Ratumanan, Anderson Leonardo Palinussa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.