PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DI KELAS VII SMP

  • Lilian Makahity Unpatti
  • Wilmintjie Mataheru Universitas Pattimura
  • Juliana Selvina Molle Universitas Pattimura
Keywords: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, materi bilangan bulat

Abstract

Materi Operasi Bilangan Bulat merupakan salah satu materi yang paling penting di ajarkan di SMP, peserta didik harus dapat memahami tentang konsep-konsep operasi hitung bilangan bulat agar dapat mengoperasikan bilangan bulat dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada materi operasi bilangan bulat di kelas VII SMP. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Dari hasil yang diperoleh pada siklus I terdapat 6 peserta didik yang tuntas atau memenuhi KKM dengan presentase 46,15%, kemudian terjadi peningkatan pada asiklus II yaitu terdapat 10 peserta didik yang tuntas atau memenuhi KKM dengan persentase 76,92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam peneltian ini ada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP pada materi operasi bilangan bulat yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriliani, N. S. (2019). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Pokok Uang Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Soko (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Artikasari, E. A., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Math Educator Nusantara, 3(2).

Farhan, S., Ranto, R., & Basori, B. (2017). Pengaruh Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Smk Pancasila Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 10(2), 47.

Ferdianto, F., & Yesino, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 32–36.

Haruna, N. H., & Fajar, M. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xii Ips Sma Perguruan Islam Makassar Di Masa Pendemi Covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13–21.

Indah Hafizhah, Ikhwan Aldi Wardana, & Dede Indra Setiabudi. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 11–21.

Latumahina, F. G., Mataheru, W., & Huwaa, N. C. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ips Sma Xaverius Ambon Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray ( Tsts ) Pada Materi Trigonometri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 1, 1–6.

Lekitoo, J. Dkk. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Ambon Pada Materi Irisan Kerucut Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Media Pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika.Vol. 1. No. 1. Hal. 41-46.

Nurmayani, N., Zulkarnain, Z., & Jalinus, J. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii2 SMP Negeri 26 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65–73.

ofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120.

Pendidikan, J. I., Humaniora, D., Hatta-Sjahrir, S., Kepa, S., & Ramli, H. (n.d.). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Xii Mipa 1 Sma Negeri 1 Maluku Tengah Dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Trigonometri Dan Upaya Remediasi (Vol. 7).

Perwita, L. W., & Indrawati, T. (2023). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di SD. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 41-56.

Puspandari, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Lembar Kerja Siswa (Lks) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkaran Kelas Viii Mtsn Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016.

Salaka, C., Molle, J. S., & Gaspersz, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(2), 66–70.

Wolontery, E. K., Palinussa, A. L., & Ayal, C. S. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 2(3), 76–80.

Published
2024-07-15
How to Cite
Makahity, L., Mataheru, W., & Molle, J. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DI KELAS VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 5(2), 88-94. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v5.i2.p88-94