PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI PERBANDINGAN

  • Wisye Sapya Universitas Pattimura
  • Wilmintjie Mataheru Universitas Pattimura
  • Hanisa Tamalene Universitas Pattimura
Keywords: Think Talk Write, Perbandingan.

Abstract

Tujuan dari pada penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write pada materi perbandingan. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes akhir siklus. Subjek dalam penelitian, yaitu 20 peserta didik. Hasil penelitian menujukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terdapat peningkatan hasil belajar dimana hasil tes siklus I yang mencapai KKM lebih dari atau sama dengan 65 (≥65) adalah 11 peserta didik dengan persentase 55%. Pada siklus II yang mencapai KKM lebih dari atau sama dengan 65 (≥65) adalah 16 peserta didik dengan persentase 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP pada materi perbandingan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriani, Sudiansyah. (2024). Dampak Kurangnya Praktik Dalam Pelajaran Matematika: Pentingnya Latihan Terstruktur Bagi Pemahaman Konsep Matematika Feny. 4(1), 40–49.

Hadi. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika melalui Model Think Talk Write (TTW) di Kelas VII SMP Negeri 1 Manyar Gresik. Jurnal Pendidikan Matematika, May, 26–35

Hamidah, Djahir, Y., & Fatimah, S. (2017). Perbandingan Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Dengan Think Talk Write Terhadap Keterampilan Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ips Di Smpn 10 Palembang. Jurnal Profit, 4(1), 12–24.

Haruna, N. H., & Fajar, M. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xii Ips Sma Perguruan Islam Makassar Di Masa Pendemi Covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13–21.

Hiwy, J., Molle, S. J., & Laamena, C. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Smk Negeri 7 Mbd. Sora Journal Of Mathematics Education, 2(2), 66–73

Jaya, M., Nur Istiqomah, R. D., Matematika, P., & Kanjuruhan Malang, U. (2019). Penerapan Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Ei 2 Smk Negeri 2 Singosari. Seminar Nasional FST, 2(1), 194–202.

Lina listiana. (2021). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Model Kooperatif Tipe Gi (Group Investigation) Dan Ttw (Think, Talk, Write). Jurnal, 2, 1–7.

Mandaku, O. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah (Problemsolving)Matematika Dengan Menggunakan Latihan Pemecahan Masalahmodel Polya Terhadap Materi Peluang Pada Siswa Kelas Ixsmp Negeri 1 Seram Barat. 1–23.

Maulidaa, A. R., Suyitnob, H., & Tri Sri Noor Asih. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis pada Pembelajaran CONINCON ( Constructivism , Integratif and Contextual ). 2, 724–731.

Muskitta, F. Y., Palinussa, A. L., & Huwaa, N. C. (2022). Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Pada Materi Perbandingan Di Kelas Vii Smp. Science Map Journal, 4(1), 9–18.

Muyaroah, S. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Inside Outside Cirle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Sd Fransiskus Baturaja. Pedagogia, 16(2), 99

Ningsih, S., Hasbi, M., & Zubainur, C. M. (2016). Hasil Belajar Siswa pada Materi Segiempat melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa …, 1, 22–29

Ofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120.

Sahrir, & Ratumanan, T. G. (2018). Komparasi Hasil Belajar Geometripada Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Dilengkapi Aplikasi Swishmax, Pembelajaran Kooperatif Tanpa Swishmax, Dan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(1), 10–20.

Sopiawati. (2014). Penerapan Strategi Active Learning Tipe Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Kajian Bahasa Dan Pariwisata, 2, 1–12.

Yazid, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan Strategi Ttw (Think- Talk- Write) Pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Primary Education, 1(1), 31–37.

Wattimena, S. F., Mataheru, W., & Palinussa, A. L. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Smp Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dan Tipe Snowball Throwing. Amalgamasi: Journal Of Mathematics And Applications, 1(1), 8–17.

Published
2024-06-01
How to Cite
Sapya, W., Mataheru, W., & Tamalene, H. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI PERBANDINGAN. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 5(1), 42-49. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v5.i1.p42-49