PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING (PEMECAHAN MASALAH) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP KRISTEN DOBO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Kristen Dobo yang diajarkan menggunakan model pembelajaran problem solving dan model pembelajaran konvesional pada materi sistem persamaan linear dua variabel . Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Experimental Research ) dengan desain dalam eksperimen yang digunakan adalah Post-Test Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu VIII4 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII6 sebagai kelas eksperimen (Problem Solving) pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif dan analisis uji t. hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa terlihat dari nilai thitung = 2,890 = ttabel dan nilai Sig. (2-tailed) < α = 0,05 yakni 0,006. Hal ini menunjukan pada taraf signifikan 5%, H1diterima dan H0 ditolak itu berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII SMP Kristen Dobo diajarkan dengan model pembelajaran problem solving (PS) dan model pembelajaran konvesional pada materi sistem persamaan linear dua variabel.
Downloads
References
Aunurahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bsndung Alfabeta.
Aroman, S. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Ambon yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooeperatif (PISK), Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Konvesional Pada Materi Matriks. Ambon: FKIP-UNPATTI.
Jihad, A, ddk. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Lewerung, A. H. 2017 Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Model Pembelajaran Konvesional pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) SMP Negeri 19 Ambon. FKIP: UNPATTI.
Majid, A. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mudjiono dan Dinyanti. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswajaya pressindo.
Pirman. 2010. Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI-IS MA. F. Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau Pekan baru.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ratumanan dan Laurens. 2015. Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: pensil Komunikasi.
Rahmawati, E. 2010. Eksperimen model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar matematika materi pokok sistem persamaan linear dua variabel di MTs Negeri Tanjung Tani Prabon Nganjuk Tahun Ajaran 2009/2010.
F. tarbaiyah Institut Agama Islam Negeri Semarang.(SKRIPSI)
Ramli, S. 2010. Penerapan metode problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dikelas IV SD Negeri Medan Estate. FKIP Universitas Negeri Medan. (SKRIPSI)
Sugiono. 2012. Penelitian Kuantitatif. Kuantitatif dan R dan D. Bandung CV Alfabeta 2013. Statistik Nonparametri. Bandung : CV Alfabeta
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Prendamedia Group.
Suyono. 2014. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.
Suryosubroto.2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Wahyuni, S. 2015. Pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika siswa kelas X SMAN 4 Lubuklimggau tahun pelajaran 2015/2016. Skripsi
Copyright (c) 2024 Intan Agustina Binnendyk, La Moma, Magy Gaspersz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.