ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KATOLIK AMBON DITINJUA DARI GENDER
Abstract
Pemecahan masalah merupakan salah satu bagian utama dalam pembelajaran matematika. siswa masih menganggap bahwa pemecahan masalah matematika itu tidak mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan maslaah matematika siswa kelas VIII SMP Katolik Ambon ditinjau dari gender dalam menyelesaikan soal berbasis literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 4 orang siswa yakni 2 orang siswa laki – laki dan 2 orang siswa perempuan yang dipilih berdasarkan jawaban hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen tes sebagai instrumen utama, dan pedoman wawancara, dan rekaman . pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, dan melakukan triangulasi waktu dan menarik kesimpulan. Hasil penenlitian menunjukkan bahwasiswa laki -laki lebih dominan, ini dapat dilihat melalui langkah – langkah pemecahan masalah dengan benar. Namun, siswa perempuan kurang tepat pada indikator memahami masalah pada soal nomor 1 dibandingkan dengan siswa laki -laki. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa laki – laki dan siswa perempuan adalah siswa laki -laki lebih dominan dibandingksn denga siswa perempuan.
Downloads
References
Andayani, Fitrie, and Adiska Nadiyah Lathifah. "Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial." Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 3.1 (2019): 1-10.
Cahyono, B. (2017). Analisis ketrampilan berfikir kritis dalam memecahkan masalah ditinjau perbedaan gender. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 50-64.
Harti, S.A, and A.I Imami. "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Gender." JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 6.1 (2023): 283-292.
Indrawati, F. (2020, July). Peningkatan kemampuan literasi matematika di era revolusi industri 4.0. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 1, No. 1).
Isnaini, N., Ahied, M., Qomaria, N., & Munawaroh, F. (2021). Kemampuan pemecahan masalah berdasarkan teori polya pada siswa kelas viii smp ditinjau dari gender. Natural Science Education Research (NSER), 4(1), 84-92.
Kusumaningsih, W., & Herman, T. (2018, May). Gender differences in algebraic thinking ability to solve mathematics problems. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1013, No. 1, p. 012143). IOP Publishing.
Moleong, J. L., (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan perbedaan gender. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-7.
Nurcholis, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gender. Euclid, 8(1), 41-50
Salmina, M., & Nisa, S. K. (2018). Kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan gender pada materi geometri. Numeracy, 5(1), 41-48.
Sari, L. N. (2016). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Nonrutin Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 163-170.
Sugiyanti, S. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbentuk Soal Cerita Ditinjau dari Gender. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sukriadi, S., & Kurniawan, K. (2019). Profil Penalaran Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Timss Ditinjau Dari Perbedaan Gender. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 36-41.
Susanti, S., Zainuddin, Z., & Abidin, Z. (2018). Profil pemecahan masalah persamaan garis lurus siswa SMP berdasarkan jenis kelamin. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 11(1), 62-78.
Ummah, R., & Amin, S. M. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Tipe “What’S Another Way” Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). MATHEdunesa, 7(3), 508-517.
Vina Halizayanti, F. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTsN 2 Banda Aceh Ditinjau Dari Segi Gender (Doctoral dissertation, UIN Ar-sssRaniry).
Copyright (c) 2024 Yakoba Sunlioy, Theresia Laurens, Hanisa Tamalene
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.