PENGEMBANGAN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA MATERI LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI SISWA KELAS IV MIS AL-HILAAL WANAKARTA
Abstract
Hypothetical learning trajectory (HLT) merupakan dugaan pemikiran siswa dalam aktivitas pembelajaran yang dirancang oleh guru agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan HLT pada materi luas persegi dan persegi panjang melalui pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) di siswa kelas IV MIS Al-Hilaal Wanakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode penelitian design research.Tahapan design research terdiri dari tiga fase, yaitu persiapan desain, percobaan desain, dan analisis retrospektif. Subjek dalam penelitian ini ada 20 siswa yang dibagi menjadi dua yaitu 10 siswa pada pilot experiment dan 10 siswa lainnya pada teaching experiment. Analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan Local instruction theory (LIT) pada materi luas persegi dan persegi panjang. LIT yang dihasilkan terdiri dari lima aktivitas pembelajaran antara lain a) mengamati benda, b) menyusun kotak satuan, c) menentukan banyaknya kotak satuan, baris serta kolom, d) membuat sketsa gambar dan menyajikan data, dan e) menentukan rumus luas persegi dan persegi panjang.
Downloads
References
Adel, A. M. (2020). Learning Trajectory Berbasis RME. THEOREMS (THE jOuRnal of mathEMaticS), 5(1), 1–11.
Ali, N. N., Ratnaningsih, N., Prabawati, M. N., Studi, P., Pendidikan, M., Pascasarjana, P., & Siliwangi, U. (2024). Desain Hypothetical Learning Trajectory pada Persegi panjang untuk mengatasi Learning Obstacle Materi Persegi. 9, 1249–1254.
Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 2492–2500.
Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis di Sekolah Menengah, 6(1), 13–24.
Gee, E. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Alur Belajar Berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Education and Development, 7(3), 269–277.
Hadila, R., Sukirwan, & Alamsyah, T. P. (2020). Desain Pembelajaran Bangun Datar melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49–63.
Hendrik, A. I., Ekowati, C. K., & Samo, D. D. (2020). Kajian Hypothetical Learning Trajectories dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 1–11.
Hidayati, I., Deciku, B., & Azizah, T. (2022). Hypothetical Learning Trajectory Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Realistic Mathematics Education. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 109.
Irma, M. A., Nada, Y. H., Matematika, P., Ukuran, S., & Data, P. (2024). Desain Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Pada Materi Statistika Konteks Adiwiyata, 5(1), 64–76.
Lede, Y. K., & Kii, Y. I. (2018). Lintasan Belajar Untuk Membelajarkan Materi Membuat Model Matematika Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Bagi Siswa Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 406–415.
Nursyahidah, F., & Albab, I. U. (2024). Pengembangan Hypothetical Learning Trajectory Materi Kerucut Berkonteks Tradisi Sesaji Rewanda Menggunakan PMRI Berbantuan Adobe Animate penyebab siswa mengalami kesulitan dalam belajar kerucut, 15(1), 69–83.
Prahmana. (2017). Design Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar), 1–189.
Putra, Y. Y., & Vebrian, R. (2019). Desain Pembelajaran PMRI Materi Operasi Hitung Bilangan Menggunakan Konteks Keretak Getas. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–14.
Ramadhanti, P., Markos Siahaan, S., & Fathurohman, A. (2015). Penggunaan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Pada Materi Elastisitas Untuk Mengetahui Lintasan Belajar Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 88–99.
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Desain Hypothetical Learning Trajectory Dalam Pembelajaran Rotasi Menggunakan Motif Batik Kawung. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 19.
Simamora, N. I. (2021). Pengembangan lintasan belajar pokok bahasan segitiga Dengan pendekatan pendidikan matematika realistik kelas VII di MTs Negeri 1 Padang Sidimpuan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung 2 (Sendiksa 2). Tema: “Belajar dan Pembelajaran Matematika di Era Digital, 12 (Sendiksa 2), 49–58.
Suryabayu, E. P., Fauzan, A., & Armiati, A. (2022). Pengembangan Hypothetical Learning Trajectory Topik Pola Bilangan Berbasis Realistic Mathematic Education. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 1(1), 13.
Copyright (c) 2024 Joko Susanto, Theresia Laurens, Hanisa Tamalene
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.