PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 37 MALUKU

  • Nadillah Isrianti Universitas Pattimura
  • Anderson Leonardo Palinussa Universitas Pattimura
  • R H Yanti Silitonga Universitas Pattimura
Keywords: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD), model pembelajaran problem based learning (PBL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas VII SMP Negeri 37 Maluku Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 37 Maluku Tengah Tahun Pelajaran 2023/2024. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah semua anggota populasi yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VII-1 dan kelas VII-2 dengan jumlah 42 siswa. Perbedaan hasil belajar siswa bisa dilihat dari hasil analisis deskriptif data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model STAD adalah 54,15. Sedangkan rata- rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model PBL adalah 62,84. Kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan nilai hasil dari uji Mann-Withney pada taraf signifikansi 5% diperoleh Asymp.Sig. < α yakni 0,043 < 0,05, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata- rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model STAD dan model PBL pada materi operasi hitung bentuk aljabar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, T., & Agustini, D. (2018). Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak terhadap Hasil Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 65–77.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siwa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1).

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Indriawati, I. (2014). Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PBL Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2).

Kistian, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, X(1), 92–104.

Mawaddah, S dan Anisah, H. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lambung Mangkurat, Vol 3:166-175.

Nuraeni, S. E., Afghohani, A., & Exacta, A. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 6(2), 1–5.

Palinussa A.L., Tamalene H. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Materi Spldv pada Siswa SMP di Kota Ambon. Jurnal Aksioma, 10(2), 951–963.

Panuntun, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Sepak Bola (Dribbling) pada Siswa Kelas XI Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 6 Tahun 2022 1052 SMK HKTI 2 Banjarnegara. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 19-23.

Putri, S. K., Siregar, H., & Syahputra, E. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendidikan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Spasial dan Motivasi Siswa SMP. PARADIKMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 40-47.

Ratumanan, T. G dan Th. Laurens. 2015. Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pensil Komunika.

Suardiana, I. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(3), 381–386.

Sugiyono, 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Edisi, 2(3), 435-448.

Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344-350.

Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584-3593.

Published
2024-07-16
How to Cite
Isrianti, N., Palinussa, A., & Silitonga, R. H. (2024). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 37 MALUKU. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 5(2), 116-122. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v5.i2.p116-122