EFEKTIVITAS STRATEGI PRESENTASI HASIL DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN TURUNAN PADA SISWA SMK N 5 MANADO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PIMCA

  • Putra Fraditya Samuel Tangel Universitas Negeri Manado
  • Nicky Kurnia Tumalun Universitas Negeri Manado
  • Vivian Eleonora Regar Universitas Negeri Manado
Keywords: hasil belajar, model PIMCA, presentasi hasil diskusi, turunan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran PIMCA (Presentation, Idea Mapping, Conceptualization, and Assessment Formative) dalam pembelajaran matematika dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika khususnya materi turunan dengan menggunakan model pembelajaran PIMCA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (Mixed Methods) khususnya menggunakan desain embedded experimental model. Penelitian dilaksanakan di SMK N 5 Manado, Jurusan TKJ kelas XII dengan jumlah responden sebanyak 28 siswa. Hasil pengolahan dan analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 16,25 dan nilai rata-rata posttest sebesar 70,54. Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan uji N-Gain sebesar 65,85%. Persentase pemahaman konsep siswa dari tahap pemetaan ide hingga konseptualisasi mengalami peningkatan rata-rata sebesar 83,09%. Pemahaman siswa yang cukup baik dalam menguasai materi dan menyelesaikan soal sebanyak 20 siswa dan 8 siswa sangat baik dalam menguasai materi dan menyelesaikan soal. Penggunaan model pembelajaran PIMCA cukup efektif untuk membantu meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nicky Kurnia Tumalun, Universitas Negeri Manado

Pendidikan Matematika

Vivian Eleonora Regar, Universitas Negeri Manado

Pendidikan Matematika

References

Creswell, J. W., Hanson, W. E., Clark Plano, V. L., & Morales, A. (2007). Qualitative research designs: Selection and implementation. The Counseling Psychologist, 35(2), 236-264.

Creswell, J. W., Shope, R., Plano Clark, V. L., & Green, D. O. (2006). How interpretive qualitative research extends mixed methods research. Research in the Schools, 13(1), 1–11.

Dimyati, M., & Mudjiono, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kamagi, C. F. C., Salajang, S. M., & Pesik, A. (2022). Pembelajaran Limit Fungsi Aljabar Dengan Strategi Diskusi Kelompok Terintegrasi Eksibisi Dengan Model PIMCA. Educational Journal: General and Specific Research, 2(3), 355-363.

Londo, V. F., Sumarauw, S. J., & Regar, V. E. (2022). Optimalisasi Tahap Presentasi Model PIMCA Pada Pembelajaran Matriks Materi SPLTV. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 2, 364–371.

Mukkun, A., Pesik, A., & Tilaar, A. (2023). Penggunaan Model PIMCA Berbasis MULTIPLE-REPRESENTATION Pada Pembelajaran Materi Barisan dan Deret. Jurnal Sains Riset, 13(1), 171-177.

Nasra, F., Mongan, S. W., Nusa, J., Poluakan, C., Mondolang, A. H., & Lolowang, J. (2021, July). Teaching and learning of electric charge with PIMCA model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1968, No. 1, p. 012032). IOP Publishing.

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Natalia, E. (2015). Analisis Kepeminatan Siswa Terhadap Mata Pelajaran Praktik Dan Teori Kelas XI Teknik Ototronik SMK Negeri 2 Karanganyar. Jurnal Nosel, 3(3).

Németh, J., & Long, J. G. (2012). Assessing learning outcomes in US planning studio courses. Journal of planning education and research, 32(4), 476-490.

Poluakan, C., & Katuuk, D. (2022). PIMCA: a new alternatives to physics learning model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2165, No. 1, p. 012013). IOP Publishing.

Reskin, S., Silangen, P. M., Poluakan, C., Londa, T. K., & Modolang, A. H. (2021). Implementation of the PIMCA model to learning convex mirror. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1968, No. 1, p. 012040). IOP Publishing.

Sari, W. W., Halini, H., & Hamdani, H. (2020). Pengembangan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan M-APOS Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(8).

Saruan, S. S., Tilaar, A. L., & Sumarauw, S. J. (2022). Learning Computer Programming Using Pimca Model: Project Assignments. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7926-7934.

Timbuleng, M. C., Monoarfa, J. F., & Manurung, O. (2023). Efektivitas Metode Tugas Proyek Pada Materi Statistika Dengan Model Pembelajaran PIMCA. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6843-6853.

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Young, M. R., Klemz, B. R., & Murphy, J. W. (2003). Enhancing Learning Outcomes: The Effects of Instructional Technology, Learning Styles, Instructional Methods, and Student Behavior. Journal of Marketing Education, 25(2), 130-142.

Published
2024-07-19
How to Cite
Tangel, P., Tumalun, N., & Regar, V. (2024). EFEKTIVITAS STRATEGI PRESENTASI HASIL DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN TURUNAN PADA SISWA SMK N 5 MANADO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PIMCA. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 5(2), 129-135. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v5.i2.p129-135