EFEKTIVITAS STRATEGI PRESENTASI HASIL DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN TURUNAN PADA SISWA SMK N 5 MANADO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PIMCA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran PIMCA (Presentation, Idea Mapping, Conceptualization, and Assessment Formative) dalam pembelajaran matematika dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika khususnya materi turunan dengan menggunakan model pembelajaran PIMCA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (Mixed Methods) khususnya menggunakan desain embedded experimental model. Penelitian dilaksanakan di SMK N 5 Manado, Jurusan TKJ kelas XII dengan jumlah responden sebanyak 28 siswa. Hasil pengolahan dan analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 16,25 dan nilai rata-rata posttest sebesar 70,54. Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan uji N-Gain sebesar 65,85%. Persentase pemahaman konsep siswa dari tahap pemetaan ide hingga konseptualisasi mengalami peningkatan rata-rata sebesar 83,09%. Pemahaman siswa yang cukup baik dalam menguasai materi dan menyelesaikan soal sebanyak 20 siswa dan 8 siswa sangat baik dalam menguasai materi dan menyelesaikan soal. Penggunaan model pembelajaran PIMCA cukup efektif untuk membantu meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Downloads
References
Creswell, J. W., Hanson, W. E., Clark Plano, V. L., & Morales, A. (2007). Qualitative research designs: Selection and implementation. The Counseling Psychologist, 35(2), 236-264.
Creswell, J. W., Shope, R., Plano Clark, V. L., & Green, D. O. (2006). How interpretive qualitative research extends mixed methods research. Research in the Schools, 13(1), 1–11.
Dimyati, M., & Mudjiono, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Kamagi, C. F. C., Salajang, S. M., & Pesik, A. (2022). Pembelajaran Limit Fungsi Aljabar Dengan Strategi Diskusi Kelompok Terintegrasi Eksibisi Dengan Model PIMCA. Educational Journal: General and Specific Research, 2(3), 355-363.
Londo, V. F., Sumarauw, S. J., & Regar, V. E. (2022). Optimalisasi Tahap Presentasi Model PIMCA Pada Pembelajaran Matriks Materi SPLTV. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 2, 364–371.
Mukkun, A., Pesik, A., & Tilaar, A. (2023). Penggunaan Model PIMCA Berbasis MULTIPLE-REPRESENTATION Pada Pembelajaran Materi Barisan dan Deret. Jurnal Sains Riset, 13(1), 171-177.
Nasra, F., Mongan, S. W., Nusa, J., Poluakan, C., Mondolang, A. H., & Lolowang, J. (2021, July). Teaching and learning of electric charge with PIMCA model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1968, No. 1, p. 012032). IOP Publishing.
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Natalia, E. (2015). Analisis Kepeminatan Siswa Terhadap Mata Pelajaran Praktik Dan Teori Kelas XI Teknik Ototronik SMK Negeri 2 Karanganyar. Jurnal Nosel, 3(3).
Németh, J., & Long, J. G. (2012). Assessing learning outcomes in US planning studio courses. Journal of planning education and research, 32(4), 476-490.
Poluakan, C., & Katuuk, D. (2022). PIMCA: a new alternatives to physics learning model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2165, No. 1, p. 012013). IOP Publishing.
Reskin, S., Silangen, P. M., Poluakan, C., Londa, T. K., & Modolang, A. H. (2021). Implementation of the PIMCA model to learning convex mirror. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1968, No. 1, p. 012040). IOP Publishing.
Sari, W. W., Halini, H., & Hamdani, H. (2020). Pengembangan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan M-APOS Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(8).
Saruan, S. S., Tilaar, A. L., & Sumarauw, S. J. (2022). Learning Computer Programming Using Pimca Model: Project Assignments. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7926-7934.
Timbuleng, M. C., Monoarfa, J. F., & Manurung, O. (2023). Efektivitas Metode Tugas Proyek Pada Materi Statistika Dengan Model Pembelajaran PIMCA. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6843-6853.
Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Young, M. R., Klemz, B. R., & Murphy, J. W. (2003). Enhancing Learning Outcomes: The Effects of Instructional Technology, Learning Styles, Instructional Methods, and Student Behavior. Journal of Marketing Education, 25(2), 130-142.
Copyright (c) 2024 Putra Fraditya Samuel Tangel, Nicky Kurnia Tumalun, Vivian Eleonora Regar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.