PENERAPAN MATEMATIKA DALAM AKTIVITAS YANG DI LAKUKAN OLEH MASYARAKAT DESA NEATH (SUATU KAJIAN ETNOMATEMATIKA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan matematika dalam aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat desa Neath. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi dan untuk mengetahui cara-cara menghitung yang dilakukan oleh masyarakat desa Neath, yakni penjumlahan dan pengurangan tahun 2023/2024, subjek S sebagai petani kebun dan subjek B sebagai ibu-ibu yang berjual di pasar. Wawancara digunakan untuk mengukur cara aritmatika berhitung pada masyarakat desa Neath. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat aktivitas etnomatematika pada subjek. Aktivitas berhitung, yakni mulai dari penentuan harga jual, hitung total belanja, hitung uang kembali untuk subjek S, sedangkan subjek B dari memperkirakan banyak bibit tanaman kacang dalam satu lahan kebun, menentukan jarak tanam dan menghitung waktu panen.
Downloads
References
Anita Dian Pratiwi, Aryo Andri Nugroho, Rina Dwi Setyawati, & Susilo Raharjo. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. Janacitta, 6(1), 38–47. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i1.2263
Azizah, A., Sumaryoto, & Suendarti, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pemecahan Masalah di Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan MIPA, 2(2), 159–170.
Azmi, M. P., & Salam, A. (2023). Filsafat Intuisionisme dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 5(2), 1674–1686. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.804
Fadlilah, U., Trapsilasiwi, D., & Oktavianingtyas, E. (2018). Identifikasi Aktivitas Etnomatematika Petani Padi pada Masyarakat Jawa di Desa Setail. Jurnal Kadikma, 6(3), 45–56. https://doi.org/10.19184/kdma.v6i3.5163
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589
Fradi, L. O., Laurens, T., & Mataheru, W. (2019). Etnomatematika Dalam Transaksi Jual Beli Yang Dilakukan Pedagang Di Pasar Tradisional Kabupaten Kaimana. JUMADIKA : Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30598/jumadikavol1iss1year2019page1-8
Hamkah, H., Leuhery, L., & Abdullah, G. (2020). Kajian Kebutuhan Sarana Perlintasan Warga Desa Liang Dan Neath Pada Sungai Nalbessy Kabupaten Buru Selatan. Journal of Applied Civil Engineering and Infrastructure Technology, 1(2), 29–35. https://doi.org/10.52158/jaceit.v1i2.93
Harahap, T. (2021). Pascasarjana program magister institut agama islam negeri.
Lestari, M. (2019). Etnomatematika pada Transaksi Jual Beli Pasar Tradisional di Solo. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 3(3), 318. https://doi.org/10.30998/string.v3i3.3590
Muyassar, M. R., & Harahap, E. (2020). Pembelajaran aritmatika menggunakan aplikasi wolfram alpha arithmetic learning using wolfram alpha application. Jurnal Matematika, 19(2), 25–32.
Pemrograman, A. D. A. N. (2020). Pseudocode. Definitions. https://doi.org/10.32388/tf77dy
Saleh Sirajuddin. (2017). Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. Analisis Data Kualitatif, 1, 180. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf
Setiawan, N. (2015). Teknik Sampling ,Parung , Bogor. 25–28.
Tamnau, T., Amsikan, S., & Mamoh, O. (2021). Eeksplorasi Etnomatematika Pada Sonaf Lan Taolin Kabupaten Timor Tengah Utara. Sigma, 7(1), 71. https://doi.org/10.36513/sigma.v7i1.966
Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Nuansa Informatika, 16(1), 33–40. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4670
Yasin, V., Zarlis, M., & Nasution, M. K. M. (2018). Filsafat Logika dan Ontologi Ilmu Komputer. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 2(2), 68–75
Anita Dian Pratiwi, Aryo Andri Nugroho, Rina Dwi Setyawati, & Susilo Raharjo. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. Janacitta, 6(1), 38–47. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i1.2263
Azizah, A., Sumaryoto, & Suendarti, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pemecahan Masalah di Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan MIPA, 2(2), 159–170.
Azmi, M. P., & Salam, A. (2023). Filsafat Intuisionisme dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 5(2), 1674–1686. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.804
Fadlilah, U., Trapsilasiwi, D., & Oktavianingtyas, E. (2018). Identifikasi Aktivitas Etnomatematika Petani Padi pada Masyarakat Jawa di Desa Setail. Jurnal Kadikma, 6(3), 45–56. https://doi.org/10.19184/kdma.v6i3.5163
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589
Fradi, L. O., Laurens, T., & Mataheru, W. (2019). Etnomatematika Dalam Transaksi Jual Beli Yang Dilakukan Pedagang Di Pasar Tradisional Kabupaten Kaimana. JUMADIKA : Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30598/jumadikavol1iss1year2019page1-8
Hamkah, H., Leuhery, L., & Abdullah, G. (2020). Kajian Kebutuhan Sarana Perlintasan Warga Desa Liang Dan Neath Pada Sungai Nalbessy Kabupaten Buru Selatan. Journal of Applied Civil Engineering and Infrastructure Technology, 1(2), 29–35. https://doi.org/10.52158/jaceit.v1i2.93
Harahap, T. (2021). Pascasarjana program magister institut agama islam negeri.
Lestari, M. (2019). Etnomatematika pada Transaksi Jual Beli Pasar Tradisional di Solo. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 3(3), 318. https://doi.org/10.30998/string.v3i3.3590
Muyassar, M. R., & Harahap, E. (2020). Pembelajaran aritmatika menggunakan aplikasi wolfram alpha arithmetic learning using wolfram alpha application. Jurnal Matematika, 19(2), 25–32.
Pemrograman, A. D. A. N. (2020). Pseudocode. Definitions. https://doi.org/10.32388/tf77dy
Saleh Sirajuddin. (2017). Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. Analisis Data Kualitatif, 1, 180. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf
Setiawan, N. (2015). Teknik Sampling ,Parung , Bogor. 25–28.
Tamnau, T., Amsikan, S., & Mamoh, O. (2021). Eeksplorasi Etnomatematika Pada Sonaf Lan Taolin Kabupaten Timor Tengah Utara. Sigma, 7(1), 71. https://doi.org/10.36513/sigma.v7i1.966
Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Nuansa Informatika, 16(1), 33–40. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4670
Yasin, V., Zarlis, M., & Nasution, M. K. M. (2018). Filsafat Logika dan Ontologi Ilmu Komputer. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 2(2), 68–75
Copyright (c) 2024 Jeni Solissa, Tanwey Gerson Ratumanan, Christina M Laamena
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.