PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 25 MALUKU TENGAH YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR

  • Ayuni Ipakit Universitas Pattimura
  • Anderson Leonardo Palinussa Universitas Pattimura
  • Novalin Calasin Huwaa Universitas Pattimura
Keywords: Model pembelajaran kooperatif think pair share (TPS), Model pembelajaran kooperatif think assited individualization (TAI), Operasi hitung bentuk aljabar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 25 maluku Tengah yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran kooperatif (TAI) pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Tipe penelitian adalah experiment dengan desain Post tes Only Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 25 Maluku Tengah yang berjumblah 40 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu kelas VII1 sebagai kelas eksperimen 1 yang diajarkan dengan model kooperatif Think Pair Share (TPS) dan kelas VII2 sebagai kelas eksperimen 2 yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Think Assited Individualization (TAI). Untuk masing-masing kelas eksperimen berjumblah 20 siswa, shingga jumblah sampel keseluruhan dalam penelitian ini adalah 40 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes yang terdiri dari 4 soal. Analisis yang digunakan adalah analisis statistic yaitu uji-t yang menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) = 0.002 < nilai α=0.05, sehingga menyebabkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran kooperatif Think Assited Individualization (TAI) pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 25 Maluku Tengah 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N., Molle, J. S., & Palinussa, A. L. (2022). Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Yang Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dan Konvensional Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(3), 71–79. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i3.p71-79

Berliana, N. P. (2022). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 9–12. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/5663/4321

Dewi, A. A. S. F., & Ardana, I. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 3(1), 12–20. https://doi.org/10.23887/jpmu.v3i1.26437

Fanti, S. I., Murtihapsari, M., & Rombe, Y. P. (2022). Pengaruh Model Tps Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 247. https://doi.org/10.20527/quantum.v13i2.13977

Hommy, Y. D., Ayal, C. S., & Ngilawajan, D. A. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Dan Model Pembelajaran Konvensional. Sora Journal of Mathematics Education, 2(2), 42–49. https://doi.org/10.30598/sora.2.2.42-49

Lattuserimala, V., Moma, L., & Gaspersz, M. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Sora Journal of Mathematics Education, 1(1), 29–33. https://doi.org/10.30598/sora.1.1.29-33

Mardicko, A., Juhri, D. A., & Lestari, E. A. (2024). Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dan Team Assisted Individualization di SD. Journal of Elementary School Education, 4(1), 352–359. https://doi.org/10.52657/jouese.v4i1.2267

Nduru, E. B. P., Sitepu, I., & Simorangkir, F. M. (2023). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 31 Medan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 1(3), 300–308.

Pattiasina, N., Palinussa, A. L., & Huwaa, N. C. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(1), 5–9. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v1.i1.p5-9

Pratama, S., Agustiani, R., & Zahra, A. (2023). Desain Pembelajaran Operasi Hitung Aljabar Menggunakan Konteks Kuliner Nusantara dengan Teknologi Augmented Reality Berbantuan Android. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(2), 313–326.

Rukmini, A. (2020). Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Pkn SD. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 2176–2181. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Sarbunan, C. N., Molle, J. S., & Gaspersz, M. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v1.i1.p10-15

Sumargiyani, Syahfitri, M., Solihah, F., & Asih Khairani, M. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Tsts, Tai Dan Tps Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK. Proceeding of Biology Education, 3(1), 105–111. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.13

Sundari, S., & Wulantina, E. (2022). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 3(2), 147. https://doi.org/10.32332/linear.v3i2.4858

Wolontery, E. K., Palinussa, A. L., & Ayal, C. S. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 2(3), 76–80. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v2.i3.p76-80

Yumarsa, W., Arcana, I. N., & Taufiq, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Instagram pada Pokok Bahasan Integral Tak Tentu untuk SMA. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 357–368. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8611

Published
2024-12-30
How to Cite
Ipakit, A., Palinussa, A., & Huwaa, N. (2024). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 25 MALUKU TENGAH YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 5(3), 181-187. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v5.i3.p181-187