PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 25 MALUKU TENGAH YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 25 maluku Tengah yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran kooperatif (TAI) pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Tipe penelitian adalah experiment dengan desain Post tes Only Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 25 Maluku Tengah yang berjumblah 40 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu kelas VII1 sebagai kelas eksperimen 1 yang diajarkan dengan model kooperatif Think Pair Share (TPS) dan kelas VII2 sebagai kelas eksperimen 2 yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Think Assited Individualization (TAI). Untuk masing-masing kelas eksperimen berjumblah 20 siswa, shingga jumblah sampel keseluruhan dalam penelitian ini adalah 40 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes yang terdiri dari 4 soal. Analisis yang digunakan adalah analisis statistic yaitu uji-t yang menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) = 0.002 < nilai α=0.05, sehingga menyebabkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran kooperatif Think Assited Individualization (TAI) pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 25 Maluku Tengah
Downloads
References
Aini, N., Molle, J. S., & Palinussa, A. L. (2022). Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Yang Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dan Konvensional Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(3), 71–79. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i3.p71-79
Berliana, N. P. (2022). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 9–12. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/5663/4321
Dewi, A. A. S. F., & Ardana, I. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 3(1), 12–20. https://doi.org/10.23887/jpmu.v3i1.26437
Fanti, S. I., Murtihapsari, M., & Rombe, Y. P. (2022). Pengaruh Model Tps Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 247. https://doi.org/10.20527/quantum.v13i2.13977
Hommy, Y. D., Ayal, C. S., & Ngilawajan, D. A. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Dan Model Pembelajaran Konvensional. Sora Journal of Mathematics Education, 2(2), 42–49. https://doi.org/10.30598/sora.2.2.42-49
Lattuserimala, V., Moma, L., & Gaspersz, M. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Sora Journal of Mathematics Education, 1(1), 29–33. https://doi.org/10.30598/sora.1.1.29-33
Mardicko, A., Juhri, D. A., & Lestari, E. A. (2024). Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dan Team Assisted Individualization di SD. Journal of Elementary School Education, 4(1), 352–359. https://doi.org/10.52657/jouese.v4i1.2267
Nduru, E. B. P., Sitepu, I., & Simorangkir, F. M. (2023). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 31 Medan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 1(3), 300–308.
Pattiasina, N., Palinussa, A. L., & Huwaa, N. C. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(1), 5–9. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v1.i1.p5-9
Pratama, S., Agustiani, R., & Zahra, A. (2023). Desain Pembelajaran Operasi Hitung Aljabar Menggunakan Konteks Kuliner Nusantara dengan Teknologi Augmented Reality Berbantuan Android. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(2), 313–326.
Rukmini, A. (2020). Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Pkn SD. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 2176–2181. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Sarbunan, C. N., Molle, J. S., & Gaspersz, M. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v1.i1.p10-15
Sumargiyani, Syahfitri, M., Solihah, F., & Asih Khairani, M. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Tsts, Tai Dan Tps Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK. Proceeding of Biology Education, 3(1), 105–111. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.13
Sundari, S., & Wulantina, E. (2022). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 3(2), 147. https://doi.org/10.32332/linear.v3i2.4858
Wolontery, E. K., Palinussa, A. L., & Ayal, C. S. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 2(3), 76–80. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v2.i3.p76-80
Yumarsa, W., Arcana, I. N., & Taufiq, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Instagram pada Pokok Bahasan Integral Tak Tentu untuk SMA. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 357–368. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8611
Copyright (c) 2024 Ayuni yuni Ipakit, Anderson Leonardo Palinussa, Novalin Calasin Huwaa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.