EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PANGAN LOKAL PADA MASYARAKAT MALUKU TENGGARA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Pendidikan dan budaya adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari–hari. Budaya merupakan hasil olah karya, rasa, dan cipta manusia, etnomatematika hadir untuk menjembatangi antara budaya dan pendidikan khususnya dalam pembelajaran matematika. Tanpa disadari masyarakat telah melakukan berbagai aktivasi dengan menggunakan konsep dasar matematika dan ide – ide matematis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif Kualitatif dengan pendekatan etnografi, instrumen dan pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis eksplorasi etnomatematika budaya dan adat istiadat masyarakat Maluku Tenggara agar diperoleh informasi dasar dalam pengembangan ilmu etnomatematika terhadap pembelajaran matematika. Melalui pangan lokal Maluku Tenggara, yaitu Kuba ulun dan Enbal dapat memberikan wawasan dalam pembelajaran berbasis etnomatematika. Hasil eksplorasi menunjukan bahwa dalam pangan lokal Maluku Tenggara, yaitu Kuba ulun dan Enbal terdapat unsur – unsur matematika diantaranya konsep geometri, bilangan pecahan, pola bilangan dan pola simetris yang bisa digunakan sebagai sumber belajar matematika.
Downloads
References
Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75
Andi, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Proses Pembuatan Kue Tradisional Cangkuning Sebagai Sumber Belajar Matematika. 11(4), 3168–3178.
Dalimunthe, R. R., Femy Sasongko, D., & Rofiki, I. (2022). Etnomatematika Pada Kue Tradisional Asahan Sebagai Sumber Belajar Matematika. Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.18860/gjppm.v1i1.1072
Dhiki, Y. Y., & Bantas, M. G. D. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Sebagai Sumber Belajar Matematika Di Kabupaten Ende. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2698. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4254
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707
Indriyani, F. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Makanan Tradisional Rengginang Sebagai Media Belajar Matematika Pada Kurikulum Merdeka. 58, 351–358.
Krisdiyansah, Y., Maulana, A., & Sugiyono. (2022). Degradasi Fungsi-Fungsi Pendidikan Dalam Pewarisan dan Perubahan Nilai- Nilai Sosial dan Budaya. Tanzhimuna, 2(1), 204–218.
Layan, S. (2023). Eksplorasi Enbal Bahan Makanan Khas Kepulauan Kei Menggunakan Etnomatema tika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 178. https://doi.org/10.33087/phi.v7i2.314
Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279–285. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653
Nabhar, N., Auliya, F., & Kudus, I. (2018). Etnomatematika Kaligrafi Sebagi Sumber Belajar di Madrasah Ibtidaiyah.
Nur, R. J., Astuti, D., & Putri, H. D. (2017). Studi Etnografi Pada Suku To Balo di Desa Bulo- Bulo Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. Pena, 3, 503–515. https://media.neliti.com/media/publications/248820-studi-etnografi-pada-suku-to-balo-di-des-dc6d1b7b.pdf
Nuryami, N., & Apriosa, K. D. (2024). Eksplorasi etnomatematika batik Probolinggo sebagai sumber belajar matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 177–190. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.20628
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang Mi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1), 21–31.
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176.
Windi, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Mojokerto. 7, 62–70.
Zaenuri, & Dwidayati, N. (2018). Exploring ethnomathematics: mathematics as a cultural product. Prisma, proceedings of the national mathematics seminar,. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 471–476.
Copyright (c) 2024 Rani Minggu, Fitraya Hayalan, Shafriaty Kepa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.