ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS X IPS MA SAIRUN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL BERDASARKAN TEORI NEWMAN
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas X IPS MA Sairun Pulau Rhun dalam menyelesaikan soal persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel berdasarkan teori newman, (2) Mengetahui faktor – faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MA Sairun Pulau Rhun yang berjumlah 2 siswa. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel adalah Kesalaham mentransformasi, Kesalahan keterampilan proses dan Kesalahan pada jawaban akhir. (2) Faktor – faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu, Siswa merasa bingung dalam pengoperasian pembagian pada soal persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak, Siswa tidak tahu langkah yang harus dilakukan dalam menyelesaikan soal persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak, Siswa kurang teliti dalam memberikan tanda pertidaksamaan nilai mutlak dan Siswa tidak teliti atau ceroboh dalam menuliskan jawaban akhir.
Downloads
References
Ariyanti, P. L., N. Dantes, and A. A. I. N. Marhaeni. 2020. “KELAS I BERBASIS KECAKAPAN BELAJAR DAN BERINOVASI ABAD 21.” 4(1):147–58.
Brown, Janice, and Kim Skow. 2016. “Identifying and Addressing Mathematics :”
Budi, B. Setya, and T. Nusantara. 2020. “Analisis Kesalahan Newman Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Nilai Mutlak Dan Scaffolding-Nya.” Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha 11(2):69–78.
Darmadi, Hamid. 2019. PENGANTAR PENDIDIKAN ERA GLOBALISASI. edited by R.Masri Sareb Putra.
EL-Khateeb, Dr. Mahmoud M. 2016. “Errors Analysis of Complex Numbers among Students of Preparatory Year at the King Saud University.” Journal of Educational & Psychological Sciences 17(3):409–36. doi: 10.12785/jeps/170315.
Hidayanto, Taufiq, Subanji, and Erry Hidayanto. 2017. DESKRIPSI KESALAHAN STRUKTUR BERPIKIR SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI SERTA DEFRAGMENTINGNYA: SUATU STUDI KASUS. Vol. 1.
Imelda, Melisa, Edy Yusmin, and Dede Suratman. 2014. “Profil Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Di Smp.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3(2):1–13.
Kartutu, Octovina, Carolina Selfisina Ayal, and Widya Putri Ramadhani. 2024. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas Ix Smp Pada Materi Fungsi Kuadrat.” Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti 5(2):69–78. doi: 10.30598/jpmunpatti.v5.i2.p69-78.
Kepa, Shafriaty, and Hartati Ramli. 2021. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas XII Mipa 1 SMA Negeri 1 Maluku Tengah Dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Trigonometri Dan Upaya Remediasi.” PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora 7(1):23–35. doi: 10.62176/paradigma.v7i1.79.
Nurfalah, Iis Asriah, and Luvy Sylviana Zanthy. 2020. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMK Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Fungsi.” JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 5(1):31–43. doi: 10.26594/jmpm.v5i1.1795.
Rizka Amalia Sofri. 2017. Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Vol. 8.
Robilah Abadawiyah. 2022. AnalisisKesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PemecahanMasalah Pada Materi Bilangan Bulat Kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru.
Rohmah, Siti Imamatur, Soffil Widadah, and Eka Nurmala Sari Agustina. 2021. “Analisis Kesalahan Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Berbasis Teori Kastolan.” Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 3(1):129–37. doi: 10.55606/jurrimipa.v3i1.2289.
Wahyuni, Arie. 2017. “Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 1(1):10. doi: 10.33603/jnpm.v1i1.253.
Wono Setya Budhi, and Bana G Kartasasmita. 2015. Berpikir Matematis Matematika Untuk Semua . 1st ed. Erlangga.
Copyright (c) 2024 Rupi S Lasamuna, Shafriaty Kepa, Ernawati Ernawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.