ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS X IPS MA SAIRUN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL BERDASARKAN TEORI NEWMAN

  • Rupi S Lasamuna Universitas Banda Naira
  • Shafriaty Kepa Universitas Banda Naira
  • Ernawati Ernawati Universitas Banda Naira
Keywords: Analisis kesalahan, Persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak, Teori newman

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas X IPS MA Sairun Pulau Rhun  dalam menyelesaikan soal persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel berdasarkan teori newman, (2) Mengetahui faktor – faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MA Sairun Pulau Rhun yang berjumlah 2 siswa. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel adalah Kesalaham mentransformasi, Kesalahan keterampilan proses dan Kesalahan pada jawaban akhir. (2) Faktor – faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu, Siswa merasa bingung dalam pengoperasian pembagian pada soal persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak, Siswa tidak tahu langkah yang harus dilakukan dalam menyelesaikan soal persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak, Siswa kurang teliti dalam memberikan tanda pertidaksamaan nilai mutlak dan Siswa tidak teliti atau ceroboh dalam menuliskan jawaban akhir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanti, P. L., N. Dantes, and A. A. I. N. Marhaeni. 2020. “KELAS I BERBASIS KECAKAPAN BELAJAR DAN BERINOVASI ABAD 21.” 4(1):147–58.

Brown, Janice, and Kim Skow. 2016. “Identifying and Addressing Mathematics :”

Budi, B. Setya, and T. Nusantara. 2020. “Analisis Kesalahan Newman Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Nilai Mutlak Dan Scaffolding-Nya.” Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha 11(2):69–78.

Darmadi, Hamid. 2019. PENGANTAR PENDIDIKAN ERA GLOBALISASI. edited by R.Masri Sareb Putra.

EL-Khateeb, Dr. Mahmoud M. 2016. “Errors Analysis of Complex Numbers among Students of Preparatory Year at the King Saud University.” Journal of Educational & Psychological Sciences 17(3):409–36. doi: 10.12785/jeps/170315.

Hidayanto, Taufiq, Subanji, and Erry Hidayanto. 2017. DESKRIPSI KESALAHAN STRUKTUR BERPIKIR SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI SERTA DEFRAGMENTINGNYA: SUATU STUDI KASUS. Vol. 1.

Imelda, Melisa, Edy Yusmin, and Dede Suratman. 2014. “Profil Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Di Smp.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3(2):1–13.

Kartutu, Octovina, Carolina Selfisina Ayal, and Widya Putri Ramadhani. 2024. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas Ix Smp Pada Materi Fungsi Kuadrat.” Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti 5(2):69–78. doi: 10.30598/jpmunpatti.v5.i2.p69-78.

Kepa, Shafriaty, and Hartati Ramli. 2021. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas XII Mipa 1 SMA Negeri 1 Maluku Tengah Dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Trigonometri Dan Upaya Remediasi.” PARADIGMA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora 7(1):23–35. doi: 10.62176/paradigma.v7i1.79.

Nurfalah, Iis Asriah, and Luvy Sylviana Zanthy. 2020. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMK Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Fungsi.” JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 5(1):31–43. doi: 10.26594/jmpm.v5i1.1795.

Rizka Amalia Sofri. 2017. Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Vol. 8.

Robilah Abadawiyah. 2022. AnalisisKesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PemecahanMasalah Pada Materi Bilangan Bulat Kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru.

Rohmah, Siti Imamatur, Soffil Widadah, and Eka Nurmala Sari Agustina. 2021. “Analisis Kesalahan Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Berbasis Teori Kastolan.” Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 3(1):129–37. doi: 10.55606/jurrimipa.v3i1.2289.

Wahyuni, Arie. 2017. “Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 1(1):10. doi: 10.33603/jnpm.v1i1.253.

Wono Setya Budhi, and Bana G Kartasasmita. 2015. Berpikir Matematis Matematika Untuk Semua . 1st ed. Erlangga.

Published
2024-12-30
How to Cite
Lasamuna, R., Kepa, S., & Ernawati, E. (2024). ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS X IPS MA SAIRUN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL BERDASARKAN TEORI NEWMAN. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 5(3), 188-194. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v5.i3.p188-194