ANALISIS TINGKAT KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR
Abstract
Keaktifan belajar siswa adalah suatu kegiatan dimana siswa dapat melakukan berbagai kegiatan dalam pembelajaran diantaranya yaitu aktif dalam melihat, bertanya, menanggapi, menyimpulkan dan menjelaskan kembali materi yang diberikan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan keaktifan belajar siswa di kelas yaitu model Project Based Learning (PjBL). Model PjBL adalah model pembelajaran yang efektif karena siswa diberi kesempatan untuk beraktivitas didalam kelas, sehingga siswa yang semula tidak aktif akan menjadi aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada materi perpangkatan dan bentuk akar di kelas IX SMP Negeri 6 Ambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru mata pelajaran dan 26 siswa kelas IX-11. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keaktifan belajar siswa naik dengan menerapkan model PjBL pada materi perpangkatan dan bentuk akar diperoleh persentasenya 65% dengan kategori baik.
Downloads
References
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Aripin, U., Setiawan, W., Hendriana, H., & Masruroh, A. A. (2020). ASGAR (Animasi Software Geogebra Dan Alat Peraga) untuk Mendukung Proses Pembelajaran Matematika di Kelas. Jurnal SOLMA, 9(2), 354–360. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.3975
Dharmayani, N. K. Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Membuat Jamu dan Boreh/Lulur Perawatan Badan. Journal of Education Action Research, 5(2), 216–221. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33375
Dwiantoro, A., & Basuki, I. (2021). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di Smk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(01), 81–88. https://doi.org/10.26740/jpte.v10n01.p81-88
Effendi, R. (2022). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Perpangkatan Dan Bentuk Akar Pada Siswa Kelas Ix.6 Smpn 2 Lahat. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 13(1), 39–47. https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i1.41001
Hardiningsih, E. F., Masjudin, M., Abidin, Z., Salim, M., & Aziza, I. F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Matematika Siswa SMKN 2 Mataram. Reflection Journal, 3(1), 21–29. https://doi.org/10.36312/rj.v3i1.1264
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766
Hidayat, P. A., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi perpangkatan dan bentuk akar secara daring pada masa pandemi covid-19 di desa jayaraga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 183–192. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2230
Ni’mah, F. (2017). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DISERTAI MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA SISWA KELAS VII. Jurnal Profesi Keguruan, 3(1), 43–59. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Nurfatimah, Hamdian Affandi, L., & Syahrul Jiwandono, I. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa kelas Tinggi di SDN 07 Sila pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.130
Okta, K., Utama, D., & Sukaswanto, &. (2020). Pengaruh Model PjBL Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa di SMK Negeri 1 Ngawen. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2(2), 79–91. https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/
Putri, A., Sumardani, D., Rahayu, W., & Hajizah, M. N. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Model Generative Learning Dan Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (Core). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 108. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2617
Risanatul, R., & Junaidi, J. (2022). Penyebab Peserta Didik Tidak Berpartisipasi Aktif dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS 1 SMAN 4 Merangin Jambi. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 327–335. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.74
Rizal, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sdm 020 Kuok. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.37
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2012). Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan ALAT peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 51–56. https://doi.org/10.15294/.v1i1.2013
Copyright (c) 2025 Dessy P Pattiruhu, Theresia Laurens, Marlin Blandy Mananggel

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.