ANALISIS TINGKAT KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR

  • Dessy P Pattiruhu Universitas Pattimura
  • Theresia Laurens Universitas Pattimura
  • Marlin Blandy Mananggel Pendidikan Matematika
Keywords: bentuk akar, keaktifan belajar, pembelajaran berbasis projek, perpangkatan

Abstract

Keaktifan belajar siswa adalah suatu kegiatan dimana siswa dapat melakukan berbagai kegiatan dalam pembelajaran diantaranya yaitu aktif dalam melihat, bertanya, menanggapi, menyimpulkan dan menjelaskan kembali materi yang diberikan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan keaktifan belajar siswa di kelas yaitu model Project Based Learning (PjBL). Model PjBL adalah model pembelajaran yang efektif karena siswa diberi kesempatan untuk beraktivitas didalam kelas, sehingga siswa yang semula tidak aktif akan menjadi aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada materi perpangkatan dan bentuk akar di kelas IX SMP Negeri 6 Ambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru mata pelajaran dan 26 siswa kelas IX-11. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keaktifan belajar siswa naik dengan menerapkan model PjBL pada materi perpangkatan dan bentuk akar diperoleh persentasenya 65% dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Aripin, U., Setiawan, W., Hendriana, H., & Masruroh, A. A. (2020). ASGAR (Animasi Software Geogebra Dan Alat Peraga) untuk Mendukung Proses Pembelajaran Matematika di Kelas. Jurnal SOLMA, 9(2), 354–360. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.3975

Dharmayani, N. K. Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Membuat Jamu dan Boreh/Lulur Perawatan Badan. Journal of Education Action Research, 5(2), 216–221. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33375

Dwiantoro, A., & Basuki, I. (2021). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di Smk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(01), 81–88. https://doi.org/10.26740/jpte.v10n01.p81-88

Effendi, R. (2022). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Perpangkatan Dan Bentuk Akar Pada Siswa Kelas Ix.6 Smpn 2 Lahat. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 13(1), 39–47. https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i1.41001

Hardiningsih, E. F., Masjudin, M., Abidin, Z., Salim, M., & Aziza, I. F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Matematika Siswa SMKN 2 Mataram. Reflection Journal, 3(1), 21–29. https://doi.org/10.36312/rj.v3i1.1264

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766

Hidayat, P. A., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi perpangkatan dan bentuk akar secara daring pada masa pandemi covid-19 di desa jayaraga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 183–192. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2230

Ni’mah, F. (2017). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DISERTAI MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA SISWA KELAS VII. Jurnal Profesi Keguruan, 3(1), 43–59. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Nurfatimah, Hamdian Affandi, L., & Syahrul Jiwandono, I. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa kelas Tinggi di SDN 07 Sila pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.130

Okta, K., Utama, D., & Sukaswanto, &. (2020). Pengaruh Model PjBL Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa di SMK Negeri 1 Ngawen. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2(2), 79–91. https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/

Putri, A., Sumardani, D., Rahayu, W., & Hajizah, M. N. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Model Generative Learning Dan Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (Core). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 108. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2617

Risanatul, R., & Junaidi, J. (2022). Penyebab Peserta Didik Tidak Berpartisipasi Aktif dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS 1 SMAN 4 Merangin Jambi. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 327–335. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.74

Rizal, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sdm 020 Kuok. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.37

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2012). Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan ALAT peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 51–56. https://doi.org/10.15294/.v1i1.2013

Published
2025-05-08
How to Cite
Pattiruhu, D., Laurens, T., & Mananggel, M. (2025). ANALISIS TINGKAT KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v6.i1.p1-8