PENGARUH REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 AMBON
Downloads
References
Aprilia, A., Fitriana, D, N. (2022). MINDSET AWAL SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG SULIT DAN MENAKUTKAN. PEDIR: Journal Elementary Education.
Auliya, M, N., Suyitno, A., Asikin, M. (2021). Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Di Mts Darul Hikmah Kedung Jepara. In Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika (Vol. 5, Issue 2).
Dinni, H, N. (2018). TOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. PRISMA, 1(2018).
Fathamanik. (2016). Realistic Matematic Education (RME) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. No. 1, Vol. 1.
Indrawati, F, A., Wardono. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. PRISMA 2 (2019): 247-267.
Istiana, E, M., Satianingsih, R., Yustitia, V. (2020). Pengaruh Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. In Union: Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 8).
Isrok’atun, 2018, Ningsih, 2014). Model- Model Pembelajaran Matematika. Jakarta; Bumi Aksara.
Istiqomah, P., Kamid., Hasibuan, M, H, E. (2021) Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Matematika ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Volume 10, No. 4.
Lekitoo, J., La moma., Ngilawajan, D, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sma Negeri 4 Ambon Pada Materi Irisan Kerucut Dengan Menggunakan Modelpembelajaran Kooperatif Melalui Media Pembelajaran Cai (Computer Assisted Instruction) Berbatuan Software Geogebra. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika.
Maharani, D, A. (2019). Literasi Matematis Dan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Serta Kaitannya Dengan Soal Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika (Vol. 850).
Maharani, S., Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI, Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 1, No. 5, September 2018.
Makhmudah, S. (2018). Analisis Literasi Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika dan Pendidikan Karakter Mandiri. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Marfu’ah, S., Zaenuru., Masrukan., Walid. (2022). Model Pembelajaran matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Nurfadilah, U., Suhendar, U. (2018). Pengaruh Penggunaan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Topik Garis dan Sudut. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matemmatika vol. 3 no. 2.
Palinussa, A., Molle, J., Gasperz, M. (2021). Realistic Mathematic Education: Mathematical reasoning and communication skills in rural context. Internasional Journal of Evaluation and Reaserch in Education (IJARE)
Papadakis, S., Kalogiannakis, M., Zaranis, N. (2016). Improving Mathematics Teaching in Kindergarten with Realistic Mathematical Education. Early Childhood Education Jurnal.
Pasinggi, S, Y., Tuken, R. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Penjumlahan Pecahan Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 28 Kota Parepare.
PISA. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data Pisa.
Rais, M, R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) dan Perkembangannya Pada Remaja. Jurnal Pendidikan dan Konseling.
Setiawan, H., Dafik., Diah, N. (2014). Soal Matematika dalam PISA Kitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Jember.
Siregar. (2015) . Metode Penelitian Kuantitaif. Jakarta: Prenadamedia Group. Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Tambusai. (2018). Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Journal Pendidikan Matematika.
Wahyuni, S. (2016). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. In Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (Jp2m (Vol. 2, Issue 1)
Wardono, S. B. W., Mariani, S., Candra, S, D. (2016). Mathematics Literacy On Problem Based Learning With Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo. Journal Of Physics: Conference Series 693(1).
Copyright (c) 2025 Delvy Mulyaningsih Mudumi, Anderson L Palinussa, Muhammad S Rumalean

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.