ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT EFIKASI DIRI DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP NILAI KOGNITIF PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SMK JURUSAN PARIWISATA DARI SUDUT PANDANG NEUROSAINS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara tingkat efikasi diri dan kecemasan matematika terhadap nilai kognitif mata pelajaran matematika pada siswa SMK jurusan Pariwisata. Peneliti ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis metode korelasional yang melibatkan 35 siswa kelas X Jurusan Pariwisata SMK Bunda Mulia Jakarta. Penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu Tingkat Kecemasan Matematika dan Tingkat Efikasi diri , serta variabel dependen yakni Nilai Kognitif Matematika . Penelitian ini menunjukkan bahwa 57% siswa memiliki kecemasan matematika sedang, dengan 46% mengalami kecemasan fisiologis tinggi, dan 82% memiliki efikasi diri sedang. Korelasi menunjukkan kecemasan matematika berhubungan negatif kuat dengan nilai matematika , sedangkan efikasi diri berhubungan positif moderat (0,41). Selain itu, kecemasan tinggi juga berhubungan negatif kuat dengan efikasi diri . Hal ini menunjukkan pentingnya strategi untuk mengurangi kecemasan demi meningkatkan efikasi diri dan hasil belajar matematika siswa. Dalam sudut pandang neurosains, hubungan antar ketiganya dipengaruhi oleh interaksi korteks prefrontal dan amygdala, di mana efikasi diri meningkatkan performa kognitif, sementara kecemasan menghambatnya melalui hiperaktivasi amygdala.
Downloads
References
Aini, M. H. (2024). Dampak Meditasi dan Mindfulness terhadap Struktur dan Fungsi Otak yang Berhubungan dengan Pengurangan Kecemasan. Jurnal Ilmiah Nusantara, 1(4), 250–254. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jinu/article/view/1711%0Ahttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jinu/article/download/1711/1570
Dyastika, P. A., & Usdinoari, C. O. P. (2022). Analisis Tingkat Kecemasan Matematika pada Siswa Kelas IX SMP St. Bellarminus Bekasi dan Faktornya dari Sudut Pandang Neurosains. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, November, 281–286. https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/3320
Fashiha, H. M., & Mardiana, N. (2023). Efikasi Diri Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Berdasarkan Hasil Belajar Kognitif. Jpgsd, 11(2), 355–364.
Firdausi, A., & Banarwi. (2012). Profil Guru SMK Profesional.
Herma, A. (2017). Teaching STEM Material - Neuroscience and Math Education in Indonesia. March, 39.
Isnandita, N. (2017). Hubungan Antara Efikasi Diri Matematika dengan Kecemasan Mengikuti Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas V di SD Sidorejo Lor 01. UKSW.
Kang, S. H., Lee, J., & Lee, Y. W. (2009). Development and validation of a scale to measure the engineering self efficacy for engineering students. Proceedings of the International Conference on Engineering Education and Research, 3–7.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.
Nevid, Rathus, & Greene. (2018). Psikologi Abnormal (9 ed.). Erlangga.
Purnamasari, I. (2020). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4907
Rosali, E. S., Darmawan, D., & Ningsih, M. P. (2021). Kajian Efikasi Diri Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19. Journal of Geography Education Universitas Siliwangi (GEODUCATION), 2(2), 1–8.
Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. ∑Igma, 1(2), 64–68.
Sukatin, Indah Purnama Kharisma, & Galuh Safitri. (2023). Efikasi Diri Dan Kestabilan Emosi Pada Prestasi Belajar. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 28–39. https://doi.org/10.24252/edu.v3i1.39695
Susanti, D., Hasmira, H., & Sukarnih Putri, M. (2023). Peran Fungsi Eksekutif Otak pada Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(01), 22–32. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i01.1524
Tobu, P. C. J., & Hadisusanto, J. (2022). Analisis Kecemasan Matematis Siswa SD dengan Menggunakan Neurosains Kognitif. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(November), 336–343.
Yusof, Y. B. M., & Tall, D. (1998). Changing attitudes to university mathematics through problem solving. Educational Studies in Mathematics, 37, 67–82. http://dx.doi.org/10.1023/A:1003456104875
Copyright (c) 2025 Yuliastuti Dwi Lestari, Marcellinus Andy Rudhito

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.