ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT EFIKASI DIRI DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP NILAI KOGNITIF PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SMK JURUSAN PARIWISATA DARI SUDUT PANDANG NEUROSAINS

  • Yuliastuti Dwi Lestari
  • Marcellinus Andy Rudhito Universitas Sanata Dharma
Keywords: Efikasi Diri, Kecemasan Matematika, Kecerdasan Matematika, Neurosains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara tingkat efikasi diri dan kecemasan matematika terhadap nilai kognitif mata pelajaran matematika pada siswa SMK jurusan Pariwisata. Peneliti ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis metode korelasional yang melibatkan 35 siswa kelas X Jurusan Pariwisata SMK Bunda Mulia Jakarta. Penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu Tingkat Kecemasan Matematika dan Tingkat Efikasi diri , serta variabel dependen yakni Nilai Kognitif Matematika . Penelitian ini menunjukkan bahwa 57% siswa memiliki kecemasan matematika sedang, dengan 46% mengalami kecemasan fisiologis tinggi, dan 82% memiliki efikasi diri sedang. Korelasi menunjukkan kecemasan matematika berhubungan negatif kuat dengan nilai matematika , sedangkan efikasi diri berhubungan positif moderat (0,41). Selain itu, kecemasan tinggi juga berhubungan negatif kuat dengan efikasi diri . Hal ini menunjukkan pentingnya strategi untuk mengurangi kecemasan demi meningkatkan efikasi diri dan hasil belajar matematika siswa. Dalam sudut pandang neurosains, hubungan antar ketiganya dipengaruhi oleh interaksi korteks prefrontal dan amygdala, di mana efikasi diri meningkatkan performa kognitif, sementara kecemasan menghambatnya melalui hiperaktivasi amygdala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, M. H. (2024). Dampak Meditasi dan Mindfulness terhadap Struktur dan Fungsi Otak yang Berhubungan dengan Pengurangan Kecemasan. Jurnal Ilmiah Nusantara, 1(4), 250–254. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jinu/article/view/1711%0Ahttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jinu/article/download/1711/1570

Dyastika, P. A., & Usdinoari, C. O. P. (2022). Analisis Tingkat Kecemasan Matematika pada Siswa Kelas IX SMP St. Bellarminus Bekasi dan Faktornya dari Sudut Pandang Neurosains. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, November, 281–286. https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/3320

Fashiha, H. M., & Mardiana, N. (2023). Efikasi Diri Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Berdasarkan Hasil Belajar Kognitif. Jpgsd, 11(2), 355–364.

Firdausi, A., & Banarwi. (2012). Profil Guru SMK Profesional.

Herma, A. (2017). Teaching STEM Material - Neuroscience and Math Education in Indonesia. March, 39.

Isnandita, N. (2017). Hubungan Antara Efikasi Diri Matematika dengan Kecemasan Mengikuti Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas V di SD Sidorejo Lor 01. UKSW.

Kang, S. H., Lee, J., & Lee, Y. W. (2009). Development and validation of a scale to measure the engineering self efficacy for engineering students. Proceedings of the International Conference on Engineering Education and Research, 3–7.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.

Nevid, Rathus, & Greene. (2018). Psikologi Abnormal (9 ed.). Erlangga.

Purnamasari, I. (2020). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4907

Rosali, E. S., Darmawan, D., & Ningsih, M. P. (2021). Kajian Efikasi Diri Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19. Journal of Geography Education Universitas Siliwangi (GEODUCATION), 2(2), 1–8.

Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. ∑Igma, 1(2), 64–68.

Sukatin, Indah Purnama Kharisma, & Galuh Safitri. (2023). Efikasi Diri Dan Kestabilan Emosi Pada Prestasi Belajar. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 28–39. https://doi.org/10.24252/edu.v3i1.39695

Susanti, D., Hasmira, H., & Sukarnih Putri, M. (2023). Peran Fungsi Eksekutif Otak pada Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(01), 22–32. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i01.1524

Tobu, P. C. J., & Hadisusanto, J. (2022). Analisis Kecemasan Matematis Siswa SD dengan Menggunakan Neurosains Kognitif. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(November), 336–343.

Yusof, Y. B. M., & Tall, D. (1998). Changing attitudes to university mathematics through problem solving. Educational Studies in Mathematics, 37, 67–82. http://dx.doi.org/10.1023/A:1003456104875

Published
2025-05-08
How to Cite
Lestari, Y., & Rudhito, M. (2025). ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT EFIKASI DIRI DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP NILAI KOGNITIF PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SMK JURUSAN PARIWISATA DARI SUDUT PANDANG NEUROSAINS. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 6(1), 9-16. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v6.i1.p9-16