Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik melalui Pembelajaran Berbantuan Desmos Graphing Calculator pada Materi Persamaan Garis Lurus

  • Febby Rahmi Fitri Universitas Sriwijaya
  • Novita Sari Universitas Sriwijaya
  • Indaryanti Indaryanti Universitas Sriwijaya
Keywords: Desmos Graphing Calculator, Kemampuan representasi, Persamaan garis lurus

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika karena memungkinkan peserta didik untuk memahami konsep dan mengomunikasikan ide matematis secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan representasi peserta didik dengan berbantuan Desmos Graphing Calculator. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian merupakan peserta didik SMP Kelas VIII. Subjek terdiri dari 3 orang dengan 1 orang berkemampuan tinggi, 1 orang berkemampuan sedang, dan 1 orang berkemampuan rendah yang dilihat melalui hasil tes yang telah dilakukan peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan representasi matematis yang mencakup aspek visual, simbolik, dan verbal dan setelah itu dilakukan wawancara. Hasil tes menunjukkan bahwa rata rata kemampuan representasi matematis peserta didik tergolong sedang dengan 10 peserta didik berkategori kemampuan representasi tinggi, 11 peserta didik berkategori kemampuan representasi sedang, dan terdapat 8 orang peserta didik berkategori kemampuan representasi rendah. Desmos Graphing Calculator membantu peserta didik dalam menggambarkan dan menginterpretasikan grafik persamaan garis lurus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amieny, E. A., & Firmansyah, D. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Dalam Pembelajaran Matematika. MAJU, 8(1).

Astuti, A., Armanto, D., & Hasratuddin, H. (2024). Development of Interactive Learning Media Assisted by Desmos Based on RME to Improve Mathematical Representation Abilities and Resilience of Class VIII Students at SMPN 1 Idi. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 461–480. https://doi.org/10.31943/mathline.v9i2.639

Awantagusnik, A. (2022). Proses Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Pendidikan Konseling, 4(4).

Bohalima, Y. H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 22–28. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.4

Cahyani, D. T. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada materi Persamaan garis Lurus Ditinjau Dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tuntang.

David Ebert. (2014). Graphing Projects with Desmos. 108(5), 388–391.

Eka Putri, H. (2015). Pengaruh Pendekatan Concret-Pictorial-Abstract (CPA) Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis, Spatial Sense, dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar.

Elisabet, A., & Jamiah, Y. (2019). Kemampuan Translasi dan Transformasi Representasi Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 13–24. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjom,

Handayani, H., & Juanda, R. (2018). Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Sumedang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Dan Pendidikan Matematika, 447–448.

Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMA kelasXI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 10931104.doi:https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.p1093-1104

Hasanah, H. (2022). Pengenalan Aplikasi Matematika Desmos Di SMP Plus Abu Chamid. Jurnal Abdikarya, 4(1), 103–104. https://www.desmos.com/?lang=id.

Kristanto, Y. D. (2021). Pelatihan Desain Aktivitas Pembelajaran Matematika Digital Dengan Menggunakan Desmos. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(3), 193–194. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i3.23908

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Grafindo Persada

Lette, I., & Manoy, J. T. (2019). Representasi Siswa SMP Dalam Memecahlan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Lisarani, V., & Qohar, Abd. (2021). Representasi Matematis siswa SMP Kelas 8 dan Siswa SMA KELAS 10 Dalam Mengerjakan Soal Cerita. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page1-7

Mardianti. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Kesebangunan Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa Kelas IX MTS Nurul Jama’ah Pebenaan.

Montijo, E. (2017). The Effects of Desmos and TI-83 Plus Graphing Calculators On The Problem-Solving Confidence Of Middle and High School Mathematics Students.

Mulyaningsih, S., Marlina, R., Kiki, &, & Sania Effendi, N. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Nurmala, G. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. 468.

Oktaria, M., & Khairil Alam, A. (2016). Penggunaan Media Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas SMP VIII. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 100–101.

Putri, W. P. (2019). Representasi Siswa SMP pada Konsep Persamaan Garis Lurus. Journal Unsika, 1195–1200.

Ramanisa, H., Khairudin, K., & Netti, S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(1), 34–35. https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss1year2020page34-38

Saputra, A. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau Dari Perbedaan Gender. UPT Perpustakaan UIN AR-RANIRY.

Solihah, D. (2018). Pengaruh Strategi Konflik Kognitif Berbantuan Aplikasi Desmos Graphing Calculator Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (5th ed.). PT Rineka Cipta.

Suningsih, A., Istiani, A., Ahmad, J. K., Pringsewu, D., & Id;, A. S. A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Syafitri, F. (2017). Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath, 3(1), 49–55. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath

Villegas, J. (2009). Representaciones en Resolución de Problemas: Un estudio de caso con problemas de optimización. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 7(1), 279–308. http://www.redalyc.org/articulo.oa?id=293121936015

Wijaya, C. B. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936.

Yuan, I., & Ms, A. (2019). Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Siswa Jurusan IPS Tingkat SMA Se-Banten. 2(1), 263–275.

Yunita, F., Tandililing, E., & Hartoyo, A. (2018). Mengatasi Hambatan Belajar Representasi Matematis Siswa Dengan Graph Plotter Pada Materi Persamaan Garis Lurus di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Belajar, 7(8).

Published
2025-08-25
How to Cite
Fitri, F. R., Sari, N., & Indaryanti, I. (2025). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik melalui Pembelajaran Berbantuan Desmos Graphing Calculator pada Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 6(2), 104-113. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v6.i2.p104-113