Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik melalui Pembelajaran Berbantuan Desmos Graphing Calculator pada Materi Persamaan Garis Lurus
Abstract
Kemampuan representasi matematis merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika karena memungkinkan peserta didik untuk memahami konsep dan mengomunikasikan ide matematis secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan representasi peserta didik dengan berbantuan Desmos Graphing Calculator. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian merupakan peserta didik SMP Kelas VIII. Subjek terdiri dari 3 orang dengan 1 orang berkemampuan tinggi, 1 orang berkemampuan sedang, dan 1 orang berkemampuan rendah yang dilihat melalui hasil tes yang telah dilakukan peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan representasi matematis yang mencakup aspek visual, simbolik, dan verbal dan setelah itu dilakukan wawancara. Hasil tes menunjukkan bahwa rata rata kemampuan representasi matematis peserta didik tergolong sedang dengan 10 peserta didik berkategori kemampuan representasi tinggi, 11 peserta didik berkategori kemampuan representasi sedang, dan terdapat 8 orang peserta didik berkategori kemampuan representasi rendah. Desmos Graphing Calculator membantu peserta didik dalam menggambarkan dan menginterpretasikan grafik persamaan garis lurus.
Downloads
References
Amieny, E. A., & Firmansyah, D. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Dalam Pembelajaran Matematika. MAJU, 8(1).
Astuti, A., Armanto, D., & Hasratuddin, H. (2024). Development of Interactive Learning Media Assisted by Desmos Based on RME to Improve Mathematical Representation Abilities and Resilience of Class VIII Students at SMPN 1 Idi. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 461–480. https://doi.org/10.31943/mathline.v9i2.639
Awantagusnik, A. (2022). Proses Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Pendidikan Konseling, 4(4).
Bohalima, Y. H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 22–28. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.4
Cahyani, D. T. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada materi Persamaan garis Lurus Ditinjau Dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tuntang.
David Ebert. (2014). Graphing Projects with Desmos. 108(5), 388–391.
Eka Putri, H. (2015). Pengaruh Pendekatan Concret-Pictorial-Abstract (CPA) Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis, Spatial Sense, dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar.
Elisabet, A., & Jamiah, Y. (2019). Kemampuan Translasi dan Transformasi Representasi Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 13–24. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjom,
Handayani, H., & Juanda, R. (2018). Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Sumedang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Dan Pendidikan Matematika, 447–448.
Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMA kelasXI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 10931104.doi:https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.p1093-1104
Hasanah, H. (2022). Pengenalan Aplikasi Matematika Desmos Di SMP Plus Abu Chamid. Jurnal Abdikarya, 4(1), 103–104. https://www.desmos.com/?lang=id.
Kristanto, Y. D. (2021). Pelatihan Desain Aktivitas Pembelajaran Matematika Digital Dengan Menggunakan Desmos. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(3), 193–194. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i3.23908
Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Grafindo Persada
Lette, I., & Manoy, J. T. (2019). Representasi Siswa SMP Dalam Memecahlan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.
Lisarani, V., & Qohar, Abd. (2021). Representasi Matematis siswa SMP Kelas 8 dan Siswa SMA KELAS 10 Dalam Mengerjakan Soal Cerita. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page1-7
Mardianti. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Kesebangunan Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa Kelas IX MTS Nurul Jama’ah Pebenaan.
Montijo, E. (2017). The Effects of Desmos and TI-83 Plus Graphing Calculators On The Problem-Solving Confidence Of Middle and High School Mathematics Students.
Mulyaningsih, S., Marlina, R., Kiki, &, & Sania Effendi, N. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Nurmala, G. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. 468.
Oktaria, M., & Khairil Alam, A. (2016). Penggunaan Media Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas SMP VIII. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 100–101.
Putri, W. P. (2019). Representasi Siswa SMP pada Konsep Persamaan Garis Lurus. Journal Unsika, 1195–1200.
Ramanisa, H., Khairudin, K., & Netti, S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(1), 34–35. https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss1year2020page34-38
Saputra, A. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau Dari Perbedaan Gender. UPT Perpustakaan UIN AR-RANIRY.
Solihah, D. (2018). Pengaruh Strategi Konflik Kognitif Berbantuan Aplikasi Desmos Graphing Calculator Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (5th ed.). PT Rineka Cipta.
Suningsih, A., Istiani, A., Ahmad, J. K., Pringsewu, D., & Id;, A. S. A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Syafitri, F. (2017). Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath, 3(1), 49–55. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath
Villegas, J. (2009). Representaciones en Resolución de Problemas: Un estudio de caso con problemas de optimización. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 7(1), 279–308. http://www.redalyc.org/articulo.oa?id=293121936015
Wijaya, C. B. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936.
Yuan, I., & Ms, A. (2019). Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Siswa Jurusan IPS Tingkat SMA Se-Banten. 2(1), 263–275.
Yunita, F., Tandililing, E., & Hartoyo, A. (2018). Mengatasi Hambatan Belajar Representasi Matematis Siswa Dengan Graph Plotter Pada Materi Persamaan Garis Lurus di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Belajar, 7(8).
Copyright (c) 2025 Febby Rahmi Fitri, Novita Sari, Indaryanti Indaryanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.