PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR (SAC) PADA MATERI BENTUK ALJABAR UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 MALUKU TENGAH

  • Atika Lokollo Universitas Pattimura
  • Carolina Selfisina Ayal
  • Marlin Blandy Mananggel
Keywords: android, bentuk aljabar, media pembelajaran, smart apps creator

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android menggunakan smart apps creator pada materi bentuk aljabar untuk siswa kelas VII SMP Negeri 19 Maluku Tengah yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan atau yang sering disebut model 4D. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas VII SMP Negeri 19 Maluku Tengah yang berjumlah 30 orang. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran yang diberi nama “Pembelajaran Bentuk Aljabar (PBA)”. Adapun hasil validasi media memenuhi kriteri sangat valid dengan persentase dari ahli media sebesar 100% dan media dengan kriteria sangat vali dengan persentase dari ahli materi sebesar 95%. Selain itu, media PBA juga memenuhi kriteria sangat praktis berdasarkan hasil angket penilaian siswa yaitu 94.41%. Berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba produk, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android menggunakan smart apps creator yang diberi nama “Pembelajaran Bentuk Aljabar (PBA)” valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran materi bentuk aljabar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andari, T., & Lusiana, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Tugas Terstruktur Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar I. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 2(1), 66. https://doi.org/10.25273/jems.v2i1.193

Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk mengajarkan global warming. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) Unesa, 4(2), 72–80.

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487

Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339

Hapsari, D. I. S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Operasi Pada Matriks. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 51. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.51-60

Khuzaini, N., & Sulistyo, T. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Cs6 Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 178–183. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1097

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Muhtasyam, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Game Edukasi Berbasis Android Dengan Bantuan Software Construct 2. 1–40. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38973

Riani Johan, J., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 01(06), 372–378.

Ridlo, M. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP/MTs. 1–103. http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/7908/

Sarji, N. A., & Mampouw, H. L. (2022). Media Petualangan Aljabar Berbasis Permainan Edukasi untuk Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 425–434. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.733

Yudhanto, Y dan Ardhi, W. (2017). Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android Dengan Android Studio. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Puspita, A. Y. A., & Wijayanti, P. (2016). Profil pemecahan masalah matematika siswa pada materi segiempat ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5), 17–26.

Rohmani, D., & Husna, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Materi Pythagoras. Variabel, 3(2), 90-102.

Saja’ah, U. F. (2018). Analisis kesulitan siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 98–104.

Setiawan, A., Degeng, I. N. S., Sa’dijah, C., & Praherdhiono, H. (2020). The effect of collaborative problem-solving strategies and cognitive style on students’ problem-solving abilities. JEGYS: Journal for the Educational of Gifted Young Scientists, 8(4), 1618–1630.

Sira, I., Hamid, A., & Awuy, E. (2019). Profil Pemecahan Masalah Segitiga Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Aksioma, 8(2), 126-136.

Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 86–93.

Ulya, H. (2015). Hubungan gaya kognitif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal konseling GUSJIGANG, 1(2).

Wulandari, R., Pendidikna, F, I., & Madura, U. T. (2017). Analisis gaya kognitif siswa dalam pemecahan masalah matematika di SDN Banyuajuh 1 Kamal Madura. Universitas Trunojo Madura, 4(2), 95-106.

Published
2025-05-09
How to Cite
Lokollo, A., Ayal, C., & Mananggel, M. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR (SAC) PADA MATERI BENTUK ALJABAR UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 MALUKU TENGAH. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 6(1), 25-33. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v6.i1.p25-33