PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR (SAC) PADA MATERI BENTUK ALJABAR UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 MALUKU TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android menggunakan smart apps creator pada materi bentuk aljabar untuk siswa kelas VII SMP Negeri 19 Maluku Tengah yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan atau yang sering disebut model 4D. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas VII SMP Negeri 19 Maluku Tengah yang berjumlah 30 orang. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran yang diberi nama “Pembelajaran Bentuk Aljabar (PBA)”. Adapun hasil validasi media memenuhi kriteri sangat valid dengan persentase dari ahli media sebesar 100% dan media dengan kriteria sangat vali dengan persentase dari ahli materi sebesar 95%. Selain itu, media PBA juga memenuhi kriteria sangat praktis berdasarkan hasil angket penilaian siswa yaitu 94.41%. Berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba produk, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android menggunakan smart apps creator yang diberi nama “Pembelajaran Bentuk Aljabar (PBA)” valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran materi bentuk aljabar.
Downloads
References
Andari, T., & Lusiana, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Tugas Terstruktur Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar I. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 2(1), 66. https://doi.org/10.25273/jems.v2i1.193
Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk mengajarkan global warming. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) Unesa, 4(2), 72–80.
Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339
Hapsari, D. I. S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Operasi Pada Matriks. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 51. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.51-60
Khuzaini, N., & Sulistyo, T. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Cs6 Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 178–183. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1097
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Muhtasyam, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Game Edukasi Berbasis Android Dengan Bantuan Software Construct 2. 1–40. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38973
Riani Johan, J., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 01(06), 372–378.
Ridlo, M. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP/MTs. 1–103. http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/7908/
Sarji, N. A., & Mampouw, H. L. (2022). Media Petualangan Aljabar Berbasis Permainan Edukasi untuk Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 425–434. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.733
Yudhanto, Y dan Ardhi, W. (2017). Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android Dengan Android Studio. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
Puspita, A. Y. A., & Wijayanti, P. (2016). Profil pemecahan masalah matematika siswa pada materi segiempat ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5), 17–26.
Rohmani, D., & Husna, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Materi Pythagoras. Variabel, 3(2), 90-102.
Saja’ah, U. F. (2018). Analisis kesulitan siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 98–104.
Setiawan, A., Degeng, I. N. S., Sa’dijah, C., & Praherdhiono, H. (2020). The effect of collaborative problem-solving strategies and cognitive style on students’ problem-solving abilities. JEGYS: Journal for the Educational of Gifted Young Scientists, 8(4), 1618–1630.
Sira, I., Hamid, A., & Awuy, E. (2019). Profil Pemecahan Masalah Segitiga Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Aksioma, 8(2), 126-136.
Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 86–93.
Ulya, H. (2015). Hubungan gaya kognitif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal konseling GUSJIGANG, 1(2).
Wulandari, R., Pendidikna, F, I., & Madura, U. T. (2017). Analisis gaya kognitif siswa dalam pemecahan masalah matematika di SDN Banyuajuh 1 Kamal Madura. Universitas Trunojo Madura, 4(2), 95-106.
Copyright (c) 2025 Atika Lokollo, Carolina Selfisina Ayal, Marlin Blandy Mananggel

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.