The Analisis Literasi Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 24 Ambon pada Konten Quantity

  • Adinda P. W. Mulyana Universitas Pattimura
  • Wilmintjie Mataheru Universitas Pattimura
  • Carolina Selfisina Ayal Universitas Pattimura
Keywords: Konten quantity, Literasi matematika, Peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 24 Ambon, khususnya dalam menyelesaikan soal-soal bertema quantity seperti yang diujikan dalam asesmen PISA. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek didasarkan pada kriteria tertentu, yakni siswa yang mampu berkomunikasi dengan baik dan dapat menyelesaikan setidaknya dua soal dengan benar. Data dikumpulkan melalui tes tertulis, wawancara semi terstruktur, serta dokumentasi berupa foto dan rekaman video. Peneliti berperan sebagai instrumen utama dalam proses pengumpulan dan analisis data, dengan dukungan dari pedoman soal dan wawancara sebagai instrumen tambahan. Untuk memastikan keabsahan data, dilakukan triangulasi sumber dengan membandingkan hasil tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua subjek, EL dan AH, berhasil memenuhi seluruh indikator literasi matematika yang meliputi kemampuan merumuskan masalah, menerapkan konsep, serta menafsirkan hasil penyelesaian. Sebaliknya, subjek MS hanya mampu mencapai dua indikator pertama dan mengalami kesulitan dalam interpretasi hasil pada soal pertama. Temuan ini memperlihatkan adanya perbedaan tingkat literasi matematika antar siswa, serta menggarisbawahi pentingnya penerapan pembelajaran kontekstual guna memperkuat pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abad, M. K., Wulandari, E., & Azka, R. (2018). MENYAMBUT PISA 2018 : PENGEMBANGAN LITERASI MATEMATIKA UNTUK. 1(1), 31–38.

Aningsih, A. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Journal Reseapedia, 1(1), 5–24.

Dewantara, A. H. (n.d.). SOAL MATEMATIKA MODEL PISA : ALTERNATIF MATERI PROGRAM PENGAYAAN. 197–213.

Hera, R., & Sari, N. (2015). SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015 713 Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? 713–720.

Hidayat, R., Rahmatudin, J., & Sriwahyuni, A. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan. Jurnal Didactial Matheatics, 1(2), 32–40.

Mahdiansyah, & Rahmawati. (2014). LITERASI MATEMATIKA SISWA PENDIDIKAN MENENGAH: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia 1 MATHEMATICAL LITERACY OF STUDENTS AT SECONDARY EDUCATION LEVEL: An Analysis Using International Test Design with Indonesian Context. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20, 452–469.

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. 1, 140–144.

Masalah, A. L. B. (2018). Riski Mustika, 2018. 1–10.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Mawardhiyah, K., & Manoy, J. T. (2018). Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Program for International Student Assessment (PISA) Berdasarkan Adversity Quotient (AQ). MATHEdunesa, 7(3), 638–643.

Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.2830

Ratumanan, T. G., Salamor, R., & Mataheru, E. E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Smp Kristen Kalam Kudus Ambon. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(3), 110–117. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i3.p110-117

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Sausan, T., & Wibowo, M. U. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Sekolah Menengah dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Quantity Ditinjau dari Math Anxiety Pendidikan Matematika , Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati A . Pendahuluan Literasi menjadikan peserta d. I(1), 1–19.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Susanti, E., & Syam, S. S. (2017). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, November 2017, 1–6. https://www.researchgate.net/publication/328813314_Peran_Guru_dalam_Meningkatkan_Kemampuan_Literasi_Matematika_Siswa_Indonesia

Utami, N., Sukestiyarno, Y. L., & Hidayah, I. (2020). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 626–633. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37679

Wati, F., Nugraheni, P., & Maryam, I. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 793–801. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1157

Published
2025-08-19
How to Cite
W. Mulyana, A. P., Mataheru, W., & Ayal, C. S. (2025). The Analisis Literasi Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 24 Ambon pada Konten Quantity. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 6(2), 94-103. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v6.i2.p94-103