The Analisis Literasi Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 24 Ambon pada Konten Quantity
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 24 Ambon, khususnya dalam menyelesaikan soal-soal bertema quantity seperti yang diujikan dalam asesmen PISA. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek didasarkan pada kriteria tertentu, yakni siswa yang mampu berkomunikasi dengan baik dan dapat menyelesaikan setidaknya dua soal dengan benar. Data dikumpulkan melalui tes tertulis, wawancara semi terstruktur, serta dokumentasi berupa foto dan rekaman video. Peneliti berperan sebagai instrumen utama dalam proses pengumpulan dan analisis data, dengan dukungan dari pedoman soal dan wawancara sebagai instrumen tambahan. Untuk memastikan keabsahan data, dilakukan triangulasi sumber dengan membandingkan hasil tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua subjek, EL dan AH, berhasil memenuhi seluruh indikator literasi matematika yang meliputi kemampuan merumuskan masalah, menerapkan konsep, serta menafsirkan hasil penyelesaian. Sebaliknya, subjek MS hanya mampu mencapai dua indikator pertama dan mengalami kesulitan dalam interpretasi hasil pada soal pertama. Temuan ini memperlihatkan adanya perbedaan tingkat literasi matematika antar siswa, serta menggarisbawahi pentingnya penerapan pembelajaran kontekstual guna memperkuat pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika.
Downloads
References
Abad, M. K., Wulandari, E., & Azka, R. (2018). MENYAMBUT PISA 2018 : PENGEMBANGAN LITERASI MATEMATIKA UNTUK. 1(1), 31–38.
Aningsih, A. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Journal Reseapedia, 1(1), 5–24.
Dewantara, A. H. (n.d.). SOAL MATEMATIKA MODEL PISA : ALTERNATIF MATERI PROGRAM PENGAYAAN. 197–213.
Hera, R., & Sari, N. (2015). SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015 713 Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? 713–720.
Hidayat, R., Rahmatudin, J., & Sriwahyuni, A. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan. Jurnal Didactial Matheatics, 1(2), 32–40.
Mahdiansyah, & Rahmawati. (2014). LITERASI MATEMATIKA SISWA PENDIDIKAN MENENGAH: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia 1 MATHEMATICAL LITERACY OF STUDENTS AT SECONDARY EDUCATION LEVEL: An Analysis Using International Test Design with Indonesian Context. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20, 452–469.
Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. 1, 140–144.
Masalah, A. L. B. (2018). Riski Mustika, 2018. 1–10.
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825
Mawardhiyah, K., & Manoy, J. T. (2018). Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Program for International Student Assessment (PISA) Berdasarkan Adversity Quotient (AQ). MATHEdunesa, 7(3), 638–643.
Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.2830
Ratumanan, T. G., Salamor, R., & Mataheru, E. E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Smp Kristen Kalam Kudus Ambon. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(3), 110–117. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i3.p110-117
Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Sausan, T., & Wibowo, M. U. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Sekolah Menengah dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Quantity Ditinjau dari Math Anxiety Pendidikan Matematika , Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati A . Pendahuluan Literasi menjadikan peserta d. I(1), 1–19.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Susanti, E., & Syam, S. S. (2017). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, November 2017, 1–6. https://www.researchgate.net/publication/328813314_Peran_Guru_dalam_Meningkatkan_Kemampuan_Literasi_Matematika_Siswa_Indonesia
Utami, N., Sukestiyarno, Y. L., & Hidayah, I. (2020). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 626–633. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37679
Wati, F., Nugraheni, P., & Maryam, I. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 793–801. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1157
Copyright (c) 2025 Adinda P. W. Mulyana, Wilmintjie Mataheru, Carolina Selfisina Ayal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.