KEMAMPUAN SOFT SKILL MATEMATIKA SISWA SMA MUHAMADIYAH 1 CANDIPURO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan soft skill siswa dalam pembelajaran matematika di SMA Muhammadiyah 1 Candipuro. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, di mana teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui tiga tahapan: persiapan, implementasi, dan analisis data. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Candipuro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kepemimpinan siswa bervariasi, dengan sikap jujur dan tanggung jawab yang tinggi, namun masih kurang dalam hal percaya diri dan keengganan untuk tampil di depan kelas. Oleh karena itu, pengembangan kepemimpinan siswa perlu difokuskan pada peningkatan keberanian dan partisipasi aktif melalui presentasi, diskusi kelompok, dan pelibatan langsung dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa, guru, dan pihak sekolah dalam merancang metode pembelajaran yang lebih optimal untuk mengembangkan soft skill.
Downloads
References
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Cahyani, A., Meiliasari, M., & Rahayu, W. (2024). systematic literatur review: apakah kemandirian belajar mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa? Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(1), 604–610. https://doi.org/10.46306/lb.v5i1.573
Daniyati, N. A., & Sugiman, S. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Verbal, Kemampuan Interpersonal, dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 50–60. https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9109
Darma, Y., Firdaus, M., & Irvandi, W. (2020). soft skills matematis mahasiswa calon guru matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 225. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1876
Ilmadi, I., & Herlina, E. (2023). kemampuan soft skill dan kemandirian belajar mahasiswa dalam perkuliahan aljabar abstrak melalui model problem based learning (pbl). Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 45–53. https://doi.org/10.46306/lb.v4i1.168
Ismayanti, Y. (2023). angket kuesioner terhadap matematika.
Mahpudin, E., & Purnamasari, P. (2018). PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT.BANK CENTRAL ASIA , TBK CABANG KARAWANG. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 65. https://doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1334
muqowim. (2012). angket kuesioner terhadap matematika. insan madani.
MZ, Z. A. (2013). perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511
Nasution, A., Yulizah, Y., Prasetyo, S., Siregar, P., & Lubis, N. (2024). Soft skill sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Matematika di Era Digital. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 11(1), 55. https://doi.org/10.24042/terampil.v11i1.22628
Nova Fahradina, Risy Mawardati, & Siti Rahmatina. (2022). Hubungan antara Kemandirian Belajar Siswa (Soft Skill) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis (Hard Skill) Siswa SMP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(4), 1217–1221. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.779
Nur, I. M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Guided Teachingberbasis Soft Skills. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 30–38. https://doi.org/10.23969/pjme.v4i2.2507
Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220
Purnia, D. S., Adiwisastra, M. F., Muhajir, H., & Supriadi, D. (2020). Pengukuran Kesenjangan Digital Menggunakan Metode Deskriptif Berbasis Website. EVOLUSI : Jurnal Sains Dan Manajemen, 8(2). https://doi.org/10.31294/evolusi.v8i2.8942
Siregar, H. M. (2023). pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan di pembelajaran matematika dalam meningkatkan soft skills peserta didik. Nabla Dewantara : J.Pendidik.Matematika, 8(1), 37–44. https://doi.org/10.51517/nabla.v8i1.251
sugiyono. (2009). Metode kuantitatif, kualitatif dan R&d. Alfabeta.
Sugiyono. (2021). metode enelitian pendidikan. Alfabeta Bandung.
Copyright (c) 2025 Awalinda Valentin, Putri Sukma Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.