KEMAMPUAN SOFT SKILL MATEMATIKA SISWA SMA MUHAMADIYAH 1 CANDIPURO

  • Awalinda Valentin Universitas Teknokrat Indonesia
  • Putri Sukma Dewi Universitas Teknokrat Indonesia
Keywords: matematika, siswa menengah, soft skill

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan soft skill siswa dalam pembelajaran matematika di SMA Muhammadiyah 1 Candipuro. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, di mana teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui tiga tahapan: persiapan, implementasi, dan analisis data. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Candipuro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kepemimpinan siswa bervariasi, dengan sikap jujur dan tanggung jawab yang tinggi, namun masih kurang dalam hal percaya diri dan keengganan untuk tampil di depan kelas. Oleh karena itu, pengembangan kepemimpinan siswa perlu difokuskan pada peningkatan keberanian dan partisipasi aktif melalui presentasi, diskusi kelompok, dan pelibatan langsung dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa, guru, dan pihak sekolah dalam merancang metode pembelajaran yang lebih optimal untuk mengembangkan soft skill.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117

Cahyani, A., Meiliasari, M., & Rahayu, W. (2024). systematic literatur review: apakah kemandirian belajar mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa? Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(1), 604–610. https://doi.org/10.46306/lb.v5i1.573

Daniyati, N. A., & Sugiman, S. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Verbal, Kemampuan Interpersonal, dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 50–60. https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9109

Darma, Y., Firdaus, M., & Irvandi, W. (2020). soft skills matematis mahasiswa calon guru matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 225. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1876

Ilmadi, I., & Herlina, E. (2023). kemampuan soft skill dan kemandirian belajar mahasiswa dalam perkuliahan aljabar abstrak melalui model problem based learning (pbl). Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 45–53. https://doi.org/10.46306/lb.v4i1.168

Ismayanti, Y. (2023). angket kuesioner terhadap matematika.

Mahpudin, E., & Purnamasari, P. (2018). PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT.BANK CENTRAL ASIA , TBK CABANG KARAWANG. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 65. https://doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1334

muqowim. (2012). angket kuesioner terhadap matematika. insan madani.

MZ, Z. A. (2013). perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511

Nasution, A., Yulizah, Y., Prasetyo, S., Siregar, P., & Lubis, N. (2024). Soft skill sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Matematika di Era Digital. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 11(1), 55. https://doi.org/10.24042/terampil.v11i1.22628

Nova Fahradina, Risy Mawardati, & Siti Rahmatina. (2022). Hubungan antara Kemandirian Belajar Siswa (Soft Skill) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis (Hard Skill) Siswa SMP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(4), 1217–1221. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.779

Nur, I. M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Guided Teachingberbasis Soft Skills. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 30–38. https://doi.org/10.23969/pjme.v4i2.2507

Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220

Purnia, D. S., Adiwisastra, M. F., Muhajir, H., & Supriadi, D. (2020). Pengukuran Kesenjangan Digital Menggunakan Metode Deskriptif Berbasis Website. EVOLUSI : Jurnal Sains Dan Manajemen, 8(2). https://doi.org/10.31294/evolusi.v8i2.8942

Siregar, H. M. (2023). pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan di pembelajaran matematika dalam meningkatkan soft skills peserta didik. Nabla Dewantara : J.Pendidik.Matematika, 8(1), 37–44. https://doi.org/10.51517/nabla.v8i1.251

sugiyono. (2009). Metode kuantitatif, kualitatif dan R&d. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). metode enelitian pendidikan. Alfabeta Bandung.

Published
2025-05-25
How to Cite
Valentin, A., & Dewi, P. (2025). KEMAMPUAN SOFT SKILL MATEMATIKA SISWA SMA MUHAMADIYAH 1 CANDIPURO. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 6(1), 49-55. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v6.i1.p49-55