PENGARUH HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)
Abstract
Rendahnya hasil belajar matematika siswa, menjadi menjadi perhatian penting dari pemerintah, para akademisi dan para pemerhati Pendidikan lainnya. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar bilangan aritmatika, siswa kelas VII MTs 1 Serang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diterapkan pendekatan RME pada dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VIIA yang digunakan sebagai kelas ekeperimen dan kelas VIIB digunakan sebagai kelas kontrol yang berjumlah 79 siswa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis eksplorasi dengan menggunakan pretest-posttest dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil deskripsi menunjukan bahwa nilai kelas eksperimen ( = 60,6) lebih baik dari kelas kontrol ( = 53.5). Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa nilai uji t hitung = 2.693 lebih besar dari t tabel = 1.693 ( . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang baik dari penerapan pendekatan RME terhadap hasil belajar matematika bilangan aritmatika, dibandingkan pendekatan pembelajaran konvensional.
Downloads
References
Adhiyah, M. (2023). Pembelajaran Konstruktivisme Berbantuan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa ada Materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 2075-2081.
Angelica Verra, M., Damayani Tika, A., & Nuroso, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Konkret Pada Siswa Kelas I Sd Sarirejo Semarang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2548-6950.
Apriliani, S., Sayidiman, & Tati Riang Dewi, A. (2022). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN No. 48 Inpres Galung Utara Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. PINISI JOURNAL OF EDUCATION, 1-13.
Astridewi, S. (2022). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self- confidence siswa melalui model pembelajaran kooperatif Time Token Arends. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2579-7646.
Astuti. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 49-61.
Angreni, D. (2021). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 16 Bengkulu. Jurnal MATH-UMB.EDU 8(3), 10-20
Faiz, A., Putra, P. N., & Nugraha, F. (2022). Memahami Makna Tes, Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), Dan Evaluasi (Evaluation) Dalam Pendidikan. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 492-495.
Farah, K., Yumnanika, H., & Waluyo, M. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal PISA Berbasis Etnomatematika Gambang. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(1), 253–264. https://doi.org/10.38035/jmpis
Firja, M. (2024). Metode Pembelajaran Matematika yang Efektif dalam Meningkatkan High Order Thinking Siswa. Journal on Education, 06(04), 22406–22415. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6407
Hasan. R., Pamalato. Dj. W. S., & Uno. B. H. 2020. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal Of Mathematics Education (1), 13-20
Lusianisita, R., & Budi Rahaju, E. (2020). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient. In Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains (Vol. 4, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jppms.v4n2.p93-102
Maulyda, M., & Mudrikah, A. (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 56–67. https://doi.org/10.23969/pjme.v13i1.7566
Mokoena, O. P., & Seeletse, S. M. (2025). Beyond the basics: A qualitative exploration of mathematics teaching effectiveness in South African secondary schools. Primatika. J. Pend. Mat, 14(1), 1–16. https://doi.org/10.30872/primatika.v14i1.4646
Nia Daeng Puji, A., Buhaerah, & Ahsan, M. (2022). Eksplorasi Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Ditinjau Dari Kemampuan Numerik. In Journal Of Mathematics Learning Innovation (JMLI) (Vol.1).https://doi.org/https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i1.3257
Padila, A., Munthe, W., & Aditiya, W. (2024). Analisis Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pembelajaran PPKn Materi Gotong Royong Kelas IV Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 1625-1633.
Palinussa Leonardi, A., & Ngilawajan Andreas, D. (2023). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Matematis Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Realistik: Studi Kepulauan Berbasis Potensi Pesisir. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 25-32.
Pratiwi, E. D., Rulyansah, A., & Widiana, D. (2022). Analisis Penerapan Metode Eksploratif pada Pembelajaran Seni Tari untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas 2 di SDN Made 1 Surabaya. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 145-151.
Sholahuddin, A. (2021). Metodologi Penelitian Sosial Perspektif Kualitatif - Kuantitatif. Malang: Edulitera (Anggota IKAPI – No. 211/JTI/2019) Imprint PT. Literindo Berkah Karya.
Triastuti, S., Hilaliyah, T., & Astridewi, S. (2023). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran SAVI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 267-275.
Copyright (c) 2025 Sastika Astridewi, Vina Vijaya Kusumma, Sundanah Sundanah, Reinhard Salamor

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.