PENGARUH HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

  • Sastika Astridewi Universitas Pattimura
  • Vina Vijaya Kusumma Universitas Primagraha
  • Sundanah Sundanah Universitas Primagraha
  • Reinhard Salamor Universitas Pattimura
Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Realistic Mathematics Education (RME)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa, menjadi menjadi perhatian penting dari pemerintah, para akademisi dan para pemerhati Pendidikan lainnya. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar bilangan aritmatika, siswa kelas VII MTs 1 Serang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diterapkan pendekatan RME pada dua kelas yang dipilih secara acak yaitu  kelas VIIA yang digunakan sebagai kelas ekeperimen dan kelas VIIB digunakan sebagai kelas kontrol yang berjumlah 79 siswa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis eksplorasi dengan menggunakan pretest-posttest dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil deskripsi menunjukan bahwa nilai kelas eksperimen (  = 60,6) lebih baik dari kelas kontrol  (  = 53.5). Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa nilai uji t hitung = 2.693 lebih besar dari t tabel = 1.693 ( . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang baik dari penerapan pendekatan RME terhadap hasil belajar matematika bilangan aritmatika, dibandingkan pendekatan pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhiyah, M. (2023). Pembelajaran Konstruktivisme Berbantuan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa ada Materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 2075-2081.

Angelica Verra, M., Damayani Tika, A., & Nuroso, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Konkret Pada Siswa Kelas I Sd Sarirejo Semarang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2548-6950.

Apriliani, S., Sayidiman, & Tati Riang Dewi, A. (2022). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN No. 48 Inpres Galung Utara Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. PINISI JOURNAL OF EDUCATION, 1-13.

Astridewi, S. (2022). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self- confidence siswa melalui model pembelajaran kooperatif Time Token Arends. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2579-7646.

Astuti. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 49-61.

Angreni, D. (2021). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 16 Bengkulu. Jurnal MATH-UMB.EDU 8(3), 10-20

Faiz, A., Putra, P. N., & Nugraha, F. (2022). Memahami Makna Tes, Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), Dan Evaluasi (Evaluation) Dalam Pendidikan. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 492-495.

Farah, K., Yumnanika, H., & Waluyo, M. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal PISA Berbasis Etnomatematika Gambang. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(1), 253–264. https://doi.org/10.38035/jmpis

Firja, M. (2024). Metode Pembelajaran Matematika yang Efektif dalam Meningkatkan High Order Thinking Siswa. Journal on Education, 06(04), 22406–22415. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6407

Hasan. R., Pamalato. Dj. W. S., & Uno. B. H. 2020. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal Of Mathematics Education (1), 13-20

Lusianisita, R., & Budi Rahaju, E. (2020). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient. In Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains (Vol. 4, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jppms.v4n2.p93-102

Maulyda, M., & Mudrikah, A. (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 56–67. https://doi.org/10.23969/pjme.v13i1.7566

Mokoena, O. P., & Seeletse, S. M. (2025). Beyond the basics: A qualitative exploration of mathematics teaching effectiveness in South African secondary schools. Primatika. J. Pend. Mat, 14(1), 1–16. https://doi.org/10.30872/primatika.v14i1.4646

Nia Daeng Puji, A., Buhaerah, & Ahsan, M. (2022). Eksplorasi Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Ditinjau Dari Kemampuan Numerik. In Journal Of Mathematics Learning Innovation (JMLI) (Vol.1).https://doi.org/https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i1.3257

Padila, A., Munthe, W., & Aditiya, W. (2024). Analisis Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pembelajaran PPKn Materi Gotong Royong Kelas IV Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 1625-1633.

Palinussa Leonardi, A., & Ngilawajan Andreas, D. (2023). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Matematis Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Realistik: Studi Kepulauan Berbasis Potensi Pesisir. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 25-32.

Pratiwi, E. D., Rulyansah, A., & Widiana, D. (2022). Analisis Penerapan Metode Eksploratif pada Pembelajaran Seni Tari untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas 2 di SDN Made 1 Surabaya. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 145-151.

Sholahuddin, A. (2021). Metodologi Penelitian Sosial Perspektif Kualitatif - Kuantitatif. Malang: Edulitera (Anggota IKAPI – No. 211/JTI/2019) Imprint PT. Literindo Berkah Karya.

Triastuti, S., Hilaliyah, T., & Astridewi, S. (2023). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran SAVI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 267-275.

Published
2025-05-25
How to Cite
Astridewi, S., Kusumma, V., Sundanah, S., & Salamor, R. (2025). PENGARUH HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME). Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 6(1), 56-60. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v6.i1.p56-60