PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DALAM MENENTUKAN NILAI SATUAN ANGKA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 BANGKALAN

  • Ahmad Fahmi STKIP PGRI Bangkalan
  • Yuna Hariyani STKIP PGRI Bangkalan
Keywords: kooperatif tipe jigsaw, model pembelajaran, nilai satuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam menentukan satuan angka terhadap pemahaman siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. Sampel penelitian ini adalah kelas V-A dengan  jumlah 21 siswa. Instrumen soal pre-test dan post-test berupa soal pemahaman matematika siswa dalam menentukan nilai satuan angka. Untuk kevalidan instrumen menggunakan uji validitas dan uji reabilitas sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 2.1 for windows menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw meningkatkan pemahaman siswa dalam menentukan satuan angka. Dengan hasil analisis uji independent sample t-test sebesar 0871 > 0.005 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mempengaruhi kemampuan pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, Yola, and Damri Damri. 2021. “Peningkatan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Tangga Pintar Bagi Anak Kesulitan Belajar Berhitung Kelas IV Di SDN 06 Batang Anai.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(2):1138–46. doi: 10.31004/cendekia.v5i2.561.

Andhani, and Nur’aeni. 2019. “Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Papan Garis Bilangan.” All Rights Reserved 6(1):1–8.

Angriyani, Ni Nyoman Yusi, I. Made Darmada, and Dewa Bagus Sanjaya. 2022. “Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep Pkn Ditinjau Dari Sikap Sosial Siswa Sd.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9(2):331–42. doi: 10.38048/jipcb.v9i2.671.

Arrasyid, Harun, Andi Wapa, and Dwi Meikrista Diah Pratiw. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperstif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas IV SD Gugus V Tegaldlimo.” Consilium: Education and Counseling Journal 2(1):153. doi: 10.36841/consilium.v2i1.1612.

Harefa, Darmawan, Murnihati Sarumaha, Amaano Fau, Tatema Telaumbanua, Fatolosa Hulu, Kaminudin Telambanua, Indah Permata Sari Lase, Mastawati Ndruru, and Lies Dian Marsa Ndraha. 2022. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8(1):325. doi: 10.37905/aksara.8.1.325-332.2022.

Janna, Nilda Miftahul, and Herianto Herianto. 2021. “Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS.” doi: 10.31219/OSF.IO/V9J52.

LATIFAH, ENJEL. 2024. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN SISWA DI UPTD SD MUHAMMADIYAH 1 BANGKALAN. Vol. 15.

LEDITIUR. 2022. “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII DI SMP NEGERI 1 LAGUBOTI.”

Lestari, Ulsana. 2019. “Analisis Learning Obstacle Pada Pembelajaran Nilai Tempat Siswa Kelas II SD.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 8(1):61–68. doi: 10.21070/pedagogia.v8i1.1854.

Ningsih, Dwi Setia. 2022. “SKRIPSI PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR Oleh DWI SETIA NINGSIH NPM. 1801051021.” 6(3):126.

qamariah, nur, Ikram Hamid, and Ariyanti Jalal. 2017. “PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV.” Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 6(2). doi: 10.33387/DPI.V6I2.1226.

Saputri, Lilis. 2020. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS.” Jurnal Serunai Matematika 12(1):13–18. doi: 10.37755/jsm.v12i1.262.

Sihombing, Susi. 2020. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII SMP NEGERI 1 PAGARAN.”

Sulistio, Andi, and Nik Haryanti. 2022. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model) Penerbit Cv.Eureka Media Aksara. Vol. 1.

Published
2025-05-25
How to Cite
Fahmi, A., & Hariyani, Y. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DALAM MENENTUKAN NILAI SATUAN ANGKA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 BANGKALAN. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 6(1), 43-48. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v6.i1.p43-48