PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DALAM MENENTUKAN NILAI SATUAN ANGKA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 BANGKALAN
Abstract
Nilai Satuan Angka Terhadap Pemahaman Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 1 Bangkalan yang merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V dangan sempel 21 siswa. Instrumen soal pre-tes dan post-tes berupa soal pemahaman matematika siswa dalam menentukan nila satuan angka. Untuk kevalidan instrumen menggunakan uji validitas dan uji reabilitas sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji independent simpel T-tes. Hasil penelitian berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 2.1 for windows. Dengan melihat hasi rata-rata dari pemahaman belajar siswa menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatf tipe jigsaw berpengaruh terhadap pemahaman siswa. Dengan hasil analisis uji independent sampel T-test sebesar 0,871 > 0,05 sehingga dapat di simpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berengaruh terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Muhammadiyah 1 Bangkalan.
Downloads
References
Ananda, Yola, and Damri Damri. 2021. “Peningkatan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Tangga Pintar Bagi Anak Kesulitan Belajar Berhitung Kelas IV Di SDN 06 Batang Anai.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(2):1138–46. doi: 10.31004/cendekia.v5i2.561.
Andhani, and Nur’aeni. 2019. “Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Papan Garis Bilangan.” All Rights Reserved 6(1):1–8.
Angriyani, Ni Nyoman Yusi, I. Made Darmada, and Dewa Bagus Sanjaya. 2022. “Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep Pkn Ditinjau Dari Sikap Sosial Siswa Sd.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9(2):331–42. doi: 10.38048/jipcb.v9i2.671.
Arrasyid, Harun, Andi Wapa, and Dwi Meikrista Diah Pratiw. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperstif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas IV SD Gugus V Tegaldlimo.” Consilium: Education and Counseling Journal 2(1):153. doi: 10.36841/consilium.v2i1.1612.
Harefa, Darmawan, Murnihati Sarumaha, Amaano Fau, Tatema Telaumbanua, Fatolosa Hulu, Kaminudin Telambanua, Indah Permata Sari Lase, Mastawati Ndruru, and Lies Dian Marsa Ndraha. 2022. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8(1):325. doi: 10.37905/aksara.8.1.325-332.2022.
Janna, Nilda Miftahul, and Herianto Herianto. 2021. “Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS.” doi: 10.31219/OSF.IO/V9J52.
LATIFAH, ENJEL. 2024. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN SISWA DI UPTD SD MUHAMMADIYAH 1 BANGKALAN. Vol. 15.
LEDITIUR. 2022. “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII DI SMP NEGERI 1 LAGUBOTI.”
Lestari, Ulsana. 2019. “Analisis Learning Obstacle Pada Pembelajaran Nilai Tempat Siswa Kelas II SD.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 8(1):61–68. doi: 10.21070/pedagogia.v8i1.1854.
Ningsih, Dwi Setia. 2022. “SKRIPSI PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR Oleh DWI SETIA NINGSIH NPM. 1801051021.” 6(3):126.
qamariah, nur, Ikram Hamid, and Ariyanti Jalal. 2017. “PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV.” Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 6(2). doi: 10.33387/DPI.V6I2.1226.
Saputri, Lilis. 2020. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS.” Jurnal Serunai Matematika 12(1):13–18. doi: 10.37755/jsm.v12i1.262.
Sihombing, Susi. 2020. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII SMP NEGERI 1 PAGARAN.”
Sulistio, Andi, and Nik Haryanti. 2022. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model) Penerbit Cv.Eureka Media Aksara. Vol. 1.
Copyright (c) 2025 Ahmad Fahmi, Yuna Hariyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.