Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website pada Materi Fungsi Kuadrat di Kelas X Jurusan RPL SMK Negeri 2 Ambon

  • Zainudin Kairoty 082214603845
  • Theresia Laurens Universitas Pattimura
  • Christina M. Laamena Universitas Pattimura
Keywords: Fungsi kuadrat, Pengembangan media, Website

Abstract

Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis website yang difokuskan pada materi fungsi kuadrat untuk siswa kelas X Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Ambon. Pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan mengadopsi model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan sistematis: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Ambon dengan luaran berupa media pembelajaran digital berbentuk website yang menyajikan materi fungsi kuadrat. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memperoleh skor sebesar 91.25% dari ahli media dan 93.75% dari ahli materi, keduanya tergolong dalam kategori “Sangat Valid.” Selanjutnya, hasil pengujian kepraktisan menunjukkan bahwa tanggapan guru memperoleh skor sebesar 81.11%, termasuk dalam kategori “Sangat Praktis.” Uji coba terbatas yang melibatkan lima siswa menghasilkan skor kepraktisan sebesar 94.36%, sedangkan uji coba lapangan yang melibatkan tiga puluh siswa menunjukkan skor sebesar 88.18%, yang keduanya berada dalam kategori “Sangat Praktis.” Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis website pada materi fungsi kuadrat ini dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran siswa kelas X Jurusan RPL di SMK Negeri 2 Ambon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Irnin Agustina Dwi., Sumarni, Ria Asep., and Saraswati, Dandan Luhur. (2017) “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android’, JPPPF:Jurnal Penelitian dan Pengembangan Fisika, 3(1) 57-62, Available at: https://doi.org/10.21009/1.

Dawis, A.M. (2022) Pelatihan Pembuatan Website Sebagai Media Pembinaan Ekstrakurikuler Jurnalistik Sman 1 Karangdowo Klaten.” Empowerment Journal, 2(2), pp. 38-45, Available at: https://jurnal.aiska-university.ac.id/index.php/Empowerment.

Fitra, J. and Maksum, H. (2021) ‘Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK’, JP2, 4(1), pp. 1–13. Available at: https://www.powtoon.com.

Handayani, Try., Sumiyati Bin Taher, Yayu., Usman, Alfanugrah Hi., and Ambarita, Arisandy. (2019) “Aplikasi Pemeriksaan Biaya Instalasi Tegangan Listrik Rendah Berbasis Web Pada Pt. PPILN Maluku Utara Application Of Web-Based Electric Voltage Installation Examination Costs In Pt PPILN North Maluku”, IJIS Indonesian Journal on Information System, 4(1) pp. 32-40, Available at:http://ijiswiratama.org/index.php/home/article/view/51/41

Hidayati, A., Adi, E., & Praherdhiono, H. (2019) ‘Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kela IV di SDN Sukoiber 1 Jombang Article History’, JINOTEP, 6(1), pp. 45–50. Available at: http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/index.

Khadafi, S., Salim, Agus., Nopendri., Prabowo, Rizkianto., and Anam, Choirul. (2019) “Rancang Bangun Website UKM Reviora Tanggulangin Sidoarjo Menggunakan Metode Waterfall Sebagai Media Pemasaran Online.” Seminar nasional Sains dan Teknologi Terapan Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, pp. 705-710, Available at: http://diskopukm.jatimprov.go.id,.

Lestari, F., Sukenda Egok, A. and Febriandi, R. (2020). “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD.” Wahana Didaktika, 18(3), pp.255-269. https://media.neliti.com/media/publications/452613-none-c60ff883.pdf

Nabila, S., Adha, I. and Febriandi, R. (2021) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(5), pp. 3928–3939. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475.

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. DHARMA ACARIYA NUSANTARA: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), pp. 86-100. Available at: https://ejournal.nalanda.ac.id/index.php/jdan/article/view/154/150

Prasetiyo, Sofyan Mufti., Ivan Prayogi Nugroho, Muhammad., Lima Putri, Riris., and Fauzi, Opa (2022) ‘Pembahasan Mengenai Front-End Web Developer dalam Ruang Lingkup Web Development’. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(6) pp.1015-1020 Available at: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet.

Rahmawati, D. and Hidayati, Y.M. (2022) ‘Pengaruh Multimedia Berbasis Website Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), pp. 2367–2375. Available at: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1465.

Santoso, Joseph Teguh. (2016). “Pemrograman Pemrograman Web Client”. Yayasan Prima Agus Tekni, Semarang.

Setyadi, D. and Qohar, D.A. (2017) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret’, Kreano, 8(1), pp. 1–7. Available at: https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.5964.

Uno, H.B., Rahman, A. and Ma’ruf, K. (2016) Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Website untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri.” Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3) pp. 169-185 Available at: https://core.ac.uk/reader/304321410

Yanto, Doni Tri Putra. (2019) ‘Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik’, INVOTEK: Journal Inovasi, Vokasional dan Teknologi 19(1) pp. 79-82 Available at: https://doi.org/10.24036/invotek.v19vi1.409.

Yunita. & Susanto, Aris. (2020). Merancang Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Aplikasi Dreamweaver Pada SMAN 1 Kapoiala. SIMKOM, 5(2), pp. 9-18 Available at: http://e-jurnal.stmikbinsa.ac.id/simkom

Published
2025-08-19
How to Cite
Kairoty, Z., Laurens, T., & Laamena, C. M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website pada Materi Fungsi Kuadrat di Kelas X Jurusan RPL SMK Negeri 2 Ambon. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 6(2), 85-93. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v6.i2.p85-93