Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website pada Materi Fungsi Kuadrat di Kelas X Jurusan RPL SMK Negeri 2 Ambon
Abstract
Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis website yang difokuskan pada materi fungsi kuadrat untuk siswa kelas X Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Ambon. Pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan mengadopsi model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan sistematis: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Ambon dengan luaran berupa media pembelajaran digital berbentuk website yang menyajikan materi fungsi kuadrat. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memperoleh skor sebesar 91.25% dari ahli media dan 93.75% dari ahli materi, keduanya tergolong dalam kategori “Sangat Valid.” Selanjutnya, hasil pengujian kepraktisan menunjukkan bahwa tanggapan guru memperoleh skor sebesar 81.11%, termasuk dalam kategori “Sangat Praktis.” Uji coba terbatas yang melibatkan lima siswa menghasilkan skor kepraktisan sebesar 94.36%, sedangkan uji coba lapangan yang melibatkan tiga puluh siswa menunjukkan skor sebesar 88.18%, yang keduanya berada dalam kategori “Sangat Praktis.” Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis website pada materi fungsi kuadrat ini dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran siswa kelas X Jurusan RPL di SMK Negeri 2 Ambon.
Downloads
References
Astuti, Irnin Agustina Dwi., Sumarni, Ria Asep., and Saraswati, Dandan Luhur. (2017) “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android’, JPPPF:Jurnal Penelitian dan Pengembangan Fisika, 3(1) 57-62, Available at: https://doi.org/10.21009/1.
Dawis, A.M. (2022) Pelatihan Pembuatan Website Sebagai Media Pembinaan Ekstrakurikuler Jurnalistik Sman 1 Karangdowo Klaten.” Empowerment Journal, 2(2), pp. 38-45, Available at: https://jurnal.aiska-university.ac.id/index.php/Empowerment.
Fitra, J. and Maksum, H. (2021) ‘Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK’, JP2, 4(1), pp. 1–13. Available at: https://www.powtoon.com.
Handayani, Try., Sumiyati Bin Taher, Yayu., Usman, Alfanugrah Hi., and Ambarita, Arisandy. (2019) “Aplikasi Pemeriksaan Biaya Instalasi Tegangan Listrik Rendah Berbasis Web Pada Pt. PPILN Maluku Utara Application Of Web-Based Electric Voltage Installation Examination Costs In Pt PPILN North Maluku”, IJIS Indonesian Journal on Information System, 4(1) pp. 32-40, Available at:http://ijiswiratama.org/index.php/home/article/view/51/41
Hidayati, A., Adi, E., & Praherdhiono, H. (2019) ‘Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kela IV di SDN Sukoiber 1 Jombang Article History’, JINOTEP, 6(1), pp. 45–50. Available at: http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/index.
Khadafi, S., Salim, Agus., Nopendri., Prabowo, Rizkianto., and Anam, Choirul. (2019) “Rancang Bangun Website UKM Reviora Tanggulangin Sidoarjo Menggunakan Metode Waterfall Sebagai Media Pemasaran Online.” Seminar nasional Sains dan Teknologi Terapan Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, pp. 705-710, Available at: http://diskopukm.jatimprov.go.id,.
Lestari, F., Sukenda Egok, A. and Febriandi, R. (2020). “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD.” Wahana Didaktika, 18(3), pp.255-269. https://media.neliti.com/media/publications/452613-none-c60ff883.pdf
Nabila, S., Adha, I. and Febriandi, R. (2021) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(5), pp. 3928–3939. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475.
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. DHARMA ACARIYA NUSANTARA: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), pp. 86-100. Available at: https://ejournal.nalanda.ac.id/index.php/jdan/article/view/154/150
Prasetiyo, Sofyan Mufti., Ivan Prayogi Nugroho, Muhammad., Lima Putri, Riris., and Fauzi, Opa (2022) ‘Pembahasan Mengenai Front-End Web Developer dalam Ruang Lingkup Web Development’. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(6) pp.1015-1020 Available at: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet.
Rahmawati, D. and Hidayati, Y.M. (2022) ‘Pengaruh Multimedia Berbasis Website Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), pp. 2367–2375. Available at: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1465.
Santoso, Joseph Teguh. (2016). “Pemrograman Pemrograman Web Client”. Yayasan Prima Agus Tekni, Semarang.
Setyadi, D. and Qohar, D.A. (2017) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret’, Kreano, 8(1), pp. 1–7. Available at: https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.5964.
Uno, H.B., Rahman, A. and Ma’ruf, K. (2016) Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Website untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri.” Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3) pp. 169-185 Available at: https://core.ac.uk/reader/304321410
Yanto, Doni Tri Putra. (2019) ‘Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik’, INVOTEK: Journal Inovasi, Vokasional dan Teknologi 19(1) pp. 79-82 Available at: https://doi.org/10.24036/invotek.v19vi1.409.
Yunita. & Susanto, Aris. (2020). Merancang Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Aplikasi Dreamweaver Pada SMAN 1 Kapoiala. SIMKOM, 5(2), pp. 9-18 Available at: http://e-jurnal.stmikbinsa.ac.id/simkom
Copyright (c) 2025 Zainudin Kairoty, Theresia Laurens, Christina M. Laamena

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.