EKSPLORASI KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRI SISWA SD MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY BERDASARKAN TEORI VAN HIELE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan berpikir geometri siswa SD dalam menyelesaikan masalah matematika melalui media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) berdasarkan teori Van Hiele. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksplorasi terhadap 32 siswa kelas VI MIT Daarunnaim Wayame. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir geometri siswa terkonsentrasi pada level visualisasi (28,13%), analisis (28,13%), dan deduksi informal (31,25%), dengan sedikit siswa mencapai level deduksi formal (9,38%) dan rigor (3,13%). Implementasi media pembelajaran berbasis AR efektif meningkatkan kemampuan berpikir geometri siswa pada level 0 hingga level 3 (p < 0,05), dengan peningkatan terbesar pada level deduksi informal. Terdapat korelasi positif signifikan antara kualitas interaksi dengan media AR dan peningkatan kemampuan berpikir geometri, dengan tingkat keterlibatan interaktif sebagai faktor terkuat (r = 0,826). Analisis klaster mengidentifikasi tiga kelompok siswa berdasarkan respons terhadap pembelajaran berbasis AR yang berkorelasi dengan tingkat peningkatan kemampuan mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis AR berpotensi signifikan mengembangkan kemampuan berpikir geometri siswa SD sesuai teori Van Hiele, namun implementasinya perlu mempertimbangkan aspek pedagogis, teknologis, dan karakteristik individual siswa.
Downloads
References
Abdul Hanid, Mohd Fadzil, Mohd Nihra Haruzuan Mohamad Said, Noraffandy Yahaya, and Zaleha Abdullah. 2022. “Effects of Augmented Reality Application Integration with Computational Thinking in Geometry Topics.” Education and Information Technologies 27(7): 9485–9521. doi:10.1007/s10639-022-10994-w.
Azuma, Ronald, Yohan Baillot, Reinhold Behringer, Steven Feiner, Simon Julier, and Blair MacIntyre. 2001. 21 IEEE Computer Graphics and Applications Recent Advances in Augmented Reality. IEEE Computer Graphics and Applications. doi:10.1109/38.963459.
Benamen, Riska Basey, Achmad Buchori, and Didik Purwosetiyono. 2025. “Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Menggunakan Kerangka Design Thinking Untuk Meningkatkan Numerasi.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 10(1): 13–20. doi:10.26877/jipmat.v10i1.1460.
Chonchaiya, Ratchanikorn, and Nattamon Srithammee. 2025. “Augmented Reality as a Tool for Enhancing Geometry Learning and Improving Mathematical Understanding.” ECTI Transactions on Computer and Information Technology (ECTI-CIT) 19(2): 350–63. doi:10.37936/ecti-cit.2025192.260291.
Creswell, J. W., and J. D Creswell. 2018. “Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixxed Methods Approaches.” In Los Angeles: Sage Publications.
Erşen, Zeynep Bahar, and Yasemin Alp. 2024. “A Systematic Review of Augmented Reality In Mathematics Education In The Last Decade.” Malaysian Online Journal of Educational Technology 12(1): 15–31. doi:10.52380/mojet.2024.12.1.476.
Fauzan, A., and R. D. P. Sari. 2022. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMP Dalam Memahami Konsep Geometri Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika 11(2): 147–62.
Fitriyani, Hanifah, and Ananda Dwi Putri. 2024. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Geometri Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Matematika 2(1). doi:10.47134/ppm.v2i1.1112.
Kemendikbudristek. 2024. “Kurikulum Merdeka: Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/berita/detail/telah-terbit-peraturan-mendikbudristek-no12-tahun-2024-tentang-kurikulum-pada-paud-jenjang-pendidikan-dasar-dan-menengah (May 16, 2025).
Kuncoro, Krida Singgih, Yaya S Kusumah, Didi Suryadi, Dadang Juandi, and Al Jupri. 2024. “Augmented Reality for Supporting Student’s Engagement in Mathematics Education: A Systematic Literature Review.” In & Social Sciences (EPESS), ISRES Publishing, 19. www.isres.org.
Larasati, Nur Indah, and Nurbaiti Widyasari. 2021. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Peningkatan Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 7(1): 45. doi:10.24853/fbc.7.1.45-50.
Lumbre, A P, M N Beltran-Joaquin, and S L C Monterola. 2023. “Relationship between Mathematics Teachers’ van Hiele Levels and Students’ Achievement in Geometry.” International Journal of Studies in Education and Science (IJSES) 4(2): 113–23. doi:10.46328/ijres.61.
NCTM. 2020. Principles to Actions: Ensuring Mathematical Success for All. National Council of Teachers of Mathematics. https://www.nctm.org/Store/Products/Principles-to-Actions--Ensuring-Mathematical-Success-for-All/ (May 16, 2025).
Novak, J. D., and D. B Gowin. 2023. Learning How to Learn: Revisited in the Digital Era. Cambridge University Press. https://books.google.co.id/books?id=8jkBcSDQPXcC&lpg=PR3&hl=id&pg=PR3#v=onepage&q&f=false (May 16, 2025).
OECD. 2023. PISA 2022 Results (Volume I): ): The State of Learning and Equity in Education. OECD. doi:10.1787/53f23881-en.
Palaguna, Muhamad Ardy. 2023. “Eksplorasi Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele Ditinjau Dari Jenis Kelamin Siswa Kelas VIII SMP Islam Terpadu Ulul Albab Tarakan.” Universitas Borneo Tarakan.
Putra, Lovandri Dwanda, Ahmad Jafar Shiddiq, Iqmal Khafi, and Bagas Nugroho. 2024. “Integrasi Teknologi Immersive Learning Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA) 4(2): 218–30. doi:10.32665/jurmia.v4i2.3349.
Safrina, Khusnul, M Ikhsan, and Anizar Ahmad. 2021. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele.” Jurnal Didaktik Matematika 1(1): 9–20. https://jurnal.usk.ac.id/DM/article/view/1333 (May 16, 2025).
Silmi, Ulfi, and Abdul Muiz. 2022. “Systematic Literature Review:Teori Van Hiele Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Geometris Siswa Sekolah Dasar.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9(2): 327–38. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index.
Siti, Abstract, Hana Milatiyah, and Epon Nur’aeni L. 2022. “Systematic Literatur Review: Pengaruh Teori Van Hiele Terhadap Pemahaman Materi Geometri Siswa Sekolah Dasar.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9(2): 311–16. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index.
Sukayasa, IN Murdiana, Moh Hasbih, and Maxinus Jaeng. 2022. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Teori Van Hiele Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.” Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika 22(2): 40–47. doi:https://doi.org/10.22487/aksioma.v11i1.1904.
Susanto, Sdyoko, and Ali Mahmudi. 2021. “Tahap Berpikir Geometri Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau Dari Keterampilan Geometri.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 8(1): 106–16. doi:10.21831/jrpm.v8i1.17044.
Umam, Khoerul, Arum Fatayan, Ishaq Nuriadin, Ervin Azhar, and Slamet Slamet. 2024. “Apakah Augmented Reality Dapat Menstimulus Pemahaman Konsep Dan Visualisasi Geometri Siswa.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 13(2): 720. doi:10.24127/ajpm.v13i2.8784.
Uriarte-Portillo, Aldo, Ramón Zatarain-Cabada, María Lucía Barrón-Estrada, María Blanca Ibáñez, and Lucía Margarita González-Barrón. 2023. “Intelligent Augmented Reality for Learning Geometry.” Information (Switzerland) 14(4). doi:10.3390/info14040245.
Widyasari, N, and L I Mastura. 2020. “Improving Geometry Thinking Ability through Augmented Reality Based Learning Media.” Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching 9(1): 80–85. doi:10.24235/eduma.v8i2.5304.
Yıldız, Zeynep. 2024. “The Effect of Distance Education Practices during the COVID-19 Pandemic on Mathematics and Geometry Teaching.” South African Journal of Education 44(2). https://hdl.handle.net/10520/ejc-educat_v44_n2_a9 (May 16, 2025).
Copyright (c) 2025 Widya Putri Ramadhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.