Implikasi Filosofis Idealisme di Indonesia : Kajian Perspektif Guru Matematika Berbagai Tingkatan Sekolah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implikasi filosofis dari pendidikan idealisme sebagai teori pendidikan di Indonesia, dengan fokus pada pandangan guru matematika di berbagai tingkatan pendidikan (SD, SMP, SMA, dan SMK). Dalam konteks global yang semakin menuntut pendidikan adaptif dan progresif, penelitian ini mengevaluasi relevansi idealisme sebagai dasar filosofis pendidikan di era modern. Metode kualitatif digunakan melalui kuesioner yang terdiri dari 30 pernyataan, di mana data dianalisis secara deskriptif untuk mengeksplorasi persepsi guru. Sampel penelitian melibatkan 30 guru yang dipilih secara acak dari berbagai sekolah di Provinsi Maluku, terdiri dari 11 guru SD, 12 guru SMP, 3 guru SMA, dan 4 guru SMK (6 laki-laki dan 24 perempuan). Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif berupa rata-rata, persentase, dan distribusi frekuensi. Temuan menunjukkan bahwa guru-guru di Indonesia menilai penerapan pandangan pendidikan idealis di seluruh sekolah cenderung memiliki pandangan antusias dengan rata-rata skor keseluruhan 4.29. Domain tujuan pendidikan memperoleh peringkat tertinggi (rata-rata 4.40), sedangkan domain peran guru berada pada peringkat terendah (rata-rata 4.16). Hasil ini mencerminkan dukungan dalam mengintegrasikan idealisme ke dalam sistem pendidikan Indonesia yang kontekstual dan responsif terhadap isu-isu global, seperti digitalisasi, keberlanjutan, dan pendidikan berbasis kompetensi. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengambil kebijakan untuk meninjau pendekatan filosofis dalam pendidikan nasional.
Downloads
References
Enjang, & Supandi, D. (2024). Analisis Pandangan Idealisme Plato Tentang Konsep Pendidikan. Addabani: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(2), 143–154. https://doi.org/https://doi.org/10.52593/adb.01.2.05
Krisdiana, M., Malihah, S., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Implementasi Filsafat Pendidikan Idealisme di Sekolah Dasar. In Jurnal Pendidikan dan Konseling (Vol.4). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9353/7082
Masyitah, Lubis, W., & Ndona, Y. (2024). Implementasi Pendidikan Idealisme di Perguruan Tinggi Swasta STAI Raudhatul Akmal Batang Kuis Deli Serdang. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2019, 1075–1082.
https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.
Mauluah, L. (2023). Implementation of Philosophy of Idealism according to Pestalozzi in Elementary School Mathematics Learning. Syekh Nurjati International Conference on Elementary Education (SICEE), 1(1). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24235/sicee.v1i0.14584
Miranda, & Desyandri. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pandangan Filsafat Idealisme. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07(02), 899–907.
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/6774/2584
Momany, M. A., & Khasawneh, O. (2014). the Implications of Idealism as an Educational Philosophy in Jordan as Perceived by Elementary Teachers. European, 1(2), 319–333. https://dspace.qou.edu/bitstream/194/2221/1/1495-5379-1-PB.pdf
Mubin, A. (2019). Refleksi Pendidikan Filsafat Idealisme. Rausyan Fikr, 15(2), 25–39.
https://jurnal.umt.ac.id/index.php/RausyanFikr/article/view/1800
Mufida, S. (2024). Peran guru dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6). https://jurnal.mediaakademik.com/index.php/jma/article/view/448
Mufidah, A., & Sholehuddin, M. S. (2023). Filsafat Idealisme Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam. Journal of Creative Power and Ambition (JCPA), 1(1), 63–72.
https://edujavare.com/index.php/jcpa/article/view/72/53
Opa, A. (2022). Pembelajaran Vokasi di Perguruan Tinggi Tinjauan Filsafat dan Rekonstruksi Teori (1st ed.). Nobel Press Makssar. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://e-library.nobel.ac.id/index.php%3Fp%3Dfstream-pdf
Permana, S. A. (2020). Filsafat Pendidikan Kontemporer. UPY Press. http://repository.upy.ac.id/10379/1/filsafat-pak-aji.pdf
Pratama, R., & Nursikin, M. (2024). Aliran Essensialisme dan Rekonstruksionisme Sosial dalam Filsafat Pendidikan. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 06(04), 939–959. https://www.jurnal.staim-probolinggo.ac.id/Muaddib/article/view/1284/1075
Purwati, I., & Fauziati, E. F. (2022). Pendidikan Karakter Religius Sekolah Dasar dalam Perspektif Filsafat Idealisme. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.33654/pgsd
Putra, A. J. (2023). Filsafat Pendidikan (1st ed.). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/58107/1/Modul Filsafat Pendidikan.pdf
Rusdi. (2013). Filsafat Idealisme (Implikasinya dalam Pendidikan). Dinamika Ilmu, 13(2), 236–249. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/di.v13i2.70
Saputra, M., Nugroho, P., Maula, I., Budianingsih, Y., Hadiningrum, L. P., & Ahyar, D. B. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Y. P. M. Zaini (ed.).
Shagena, A., & Syarifuddin. (2019). Peran Filsafat Idealisme Serta Implementasinya Pada Pendidikan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 27(2), 58–66. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/jpl.v17i2.2025
Suripto. (2012). Filsafat Idealisme dan Implementasinya dalam Pendidikan. “Al-Furqan” Jurnal: Studi Pendidikan Islam, I(1), 89–116.
https://download.garuda.kemdikbud.go.id
Wahyudin. (2019). Hakikat dan Sejarah Matematika (2nd ed., Issue 1). Universitas Terbuka. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PEMA410102-M1.pdf
Copyright (c) 2025 R. H. Yanti Silitonga, Dadan Dasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.