Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

  • Nora Susilowaty Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadan Dasari Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: kemampuan penalaran matematis, pembelajaran berbasis masalah, sistem persamaan linear dua variabel

Abstract

Kemampuan penalaran matematis (KPM) merupakan aspek penting yang harus dikembangkan dalam pembelajaran matematika karena berperan dalam membantu siswa memahami konsep, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan secara logis. Penelitian ini menyajikan analisis terhadap kemampuan penalaran matematis yang dimiliki siswa melalui pembelajaran berbasis masalah berdasarkan level kemampuan siswa yang diklasifikasikan ke dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah dalam materi sistem persamaan linier dua variabel. Dalam penelitian ini digunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 13 siswa kelas VIII di SMP Advent Parongpong, sedangkan subjek utama dalam analisis mendalam diambil 3 siswa. Data diperoleh melalui pelaksanaan tes tertulis dan sesi wawancara. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa siswa dengan kemampuan KPM pada kategori tinggi mampu memenuhi ketiga indikator yang diukur secara menyeluruh. Sebaliknya, KPM siswa pada kategori sedang hanya mampu menyelesaikan soal yang mencakup satu indikator, yang disebabkan oleh tingkat ketelitian yang masih rendah dalam proses pengerjaan. Adapun KPM siswa pada kategori rendah tidak menunjukkan keberhasilan dalam menyelesaikan seluruh indikator secara tepat, yang disebabkan kurangnya penguasaan terhadap konsep dasar, aturan, serta prosedur penyelesaian yang tepat. Di samping itu, rendahnya ketelitian turut menjadi faktor utama yang menghambat pencapaian mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (2012). Arikunto. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Bumi Aksara.

Asoraya, M. S., & Ruli, R. M. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3053–3066. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2412

Cresswell, C., & Speelman, C. P. (2020). Does mathematics training lead to better logical thinking and reasoning? A cross-sectional assessment from students to professors. PLOS ONE, 15(7), e0236153. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0236153

Dewi, M. P., & Ansori, Y. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 24–29. https://doi.org/10.56916/jp.v2i1.293

DiNapoli, J., & Miller, E. K. (2022). Recognizing, supporting, and improving student perseverance in mathematical problem-solving: The role of conceptual thinking scaffolds. The Journal of Mathematical Behavior, 66, 100965. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2022.100965

Flooryana, S., & Susilowaty, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Tipe Kepribadian Littauer. Jurnal Padegogik, 5(1), 39–53. https://doi.org/10.35974/jpd.v5i1.2728

Jonsson, B., Granberg, C., & Lithner, J. (2020). Gaining Mathematical Understanding: The Effects of Creative Mathematical Reasoning and Cognitive Proficiency. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.574366

Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497

Markula, A., & Aksela, M. (2022). The key characteristics of project-based learning: how teachers implement projects in K-12 science education. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 4(1), 2. https://doi.org/10.1186/s43031-021-00042-x

Nabila, F. Y., & Rina Marlina. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 474–482. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1988

Napitupulu, E. E., Suryadi, D., & Kusumah, Y. S. (2016). Cultivating Upper Secondary Students’ Mathematical Reasoning -Ability and Attitude towards Mathematics Through Problem-Based Learning. Journal on Mathematics Education, 7(2). https://doi.org/10.22342/jme.7.2.3542.117-128

Nurhaswinda, Rahman, A., Mahdi, M., Zahara, J., & Isamadola. (2025). Peran Koneksi Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika. Cahaya Pelita: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 56–60.

Rahmawati, R., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Penalaran Statistika Berbasis Soal Hots. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 118. https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.289

Rusman. (2012). Model–Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tum, A. (2024). Reasoning Skills in Mathematics Teaching: A Meta-Synthesis on Studies Conducted in Turkey. International E-Journal of Educational Studies, 8(16), 45–86. https://doi.org/10.31458/iejes.1389681

Xia, S., Li, X., Liu, Y., Wu, T., & Liu, P. (2025). Evaluating Mathematical Reasoning Beyond Accuracy. Proceedings of the AAAI Conference on Artificial Intelligence, 39(26), 27723–27730. https://doi.org/10.1609/aaai.v39i26.34987

Published
2025-12-22
How to Cite
Susilowaty, N., & Dasari, D. (2025). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 6(3), 178-186. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v6.i3.p178-186