Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Kooperatif Jigsaw untuk Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel pada Kelas X-1 SMA Budi Utama

  • Ni Putu Ayu Dias Pratiwi SMA Budi Utama Yogyakarta
  • Maria Priska Herwidasari Universitas Sanata Dharma
  • Damiana Dewi Septicitaningtyas
  • Vista Putri Yulia Universitas Sanata Dharma
  • Christabel Yovela Universitas Sanata Dharma
  • Lusia Diva Ayuningtyas Universitas Sanata Dharma
  • Dewa Putu Wiadnyana Putra Universitas Sanata Dharma
  • Eko Budi Santoso Universitas Sanata Dharma
Keywords: Hasil belajar, Jigsaw, Penelitian tindakan kelas, Sistem pertidaksamaan linear dua variabel

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika masih menjadi permasalahan yang dijumpai melalui asesmen formatif. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kelas X-1 SMA Budi Utama Yogyakarta dengan mengimplementasikan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menggunakan model Hopkins pada topik sistem pertidaksamaan linear dua variabel (SPtLDV). Penelitian dilakukan dalam dua siklus pembelajaran yang melibatkan 20 peserta didik. Setiap akhir siklus dilaksanakan asesmen untuk mengukur hasil belajar. Teknik mengumpulkan data menggunakan pengamatan dan tes. Data dianalisis secara deskriptif komparatif. Hasil menyatakan peningkatan, pada siklus I nilai rerata kelas 60.75 (60% tuntas) dan pada siklus II nilai rerata kelas 93.75 (100% tuntas). Standar deviasi menurun dari 28.43 menjadi 8.2 yang menunjukkan hasil yang lebih merata. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar di kelas X-1 SMA Budi Utama Yogyakarta pada topik SPtLDV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adji et al. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 256-263. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.324

Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8-12. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311

Asmedy. (2021). Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108–113. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.41

Atika, M & Aulia, N. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi belajar Siswa pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Supat Kecamatan Babat Supat. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 839-853.

Budhiartini, B. N., Junaidi, E., & Anwar, Y. A. S. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Socrative untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia kelas X SMA. Chemistry Education Practice, 7(1), 208-215. https://doi.org/10.29303/cep.v7i1.5419

Hidayati, S. A., & Sudarti, S. (2022). Pengaruh Pengaruh Kemampuan Literasi Sains terhadap Minat Belajar Materi Pewarisan Sifat sebagai Evaluasi dalam Pembelajaran pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(4), 1210–1216.

Kartikasari, C. P., Hunafa, U., & Altaftazani, D. H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa SD Kelas V. Journal of Elementary Education, 02(03), 109–116.

Keraf, K. M., Reza, & Abu, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa. LANGGONG: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(1), 23–28.

Machali, Imam. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. IJAR: Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315-327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Maryati et al. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 270-283. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i1.2134

Masfufah, M., Darmawan, D., & Masnawati, E. (2023). Strategi manajemen kelas untuk meningkatkan prestasi belajar Siswa. Manivest: Jurnal Manajemen, Ekonomi, Kewirausahaan, Dan Investasi, 1(2), 214-228.

Musyarafah et al. (2024). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris (My Next Word) pada Bab 9 Dengan Menerapkan Metode Kooperatif Model Jigsaw pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ciseureuh. MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1(2), 484-489. https://doi.org/10.57235/mesir.v1i2.3027

Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1350–1357. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.549

Putri, R. A., Magdalena, I., Fauziah, A., & Azizah, F. N. (2021). Pengaruh gaya belajar terhadap pembelajaran Siswa sekolah dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157-163.

Rejeki, S. K. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Minat Belajar Sejarah pada Siswa SMA (Literature Review). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11106-111110. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32226

Rohmawati, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Tradisi Sejarah. Journal of Education and Teaching (JET), 1(2), 102-115.

Rorimpandey, W. H. F., Maaluas, F., Mangangantung, J., & Suryanto, H. (2022). The student teams achievement divisions learning model in its influence on the motivation and science learning outcomes of elementary school students. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 345–354.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media

Siallagan, E., Silaban, P. J., Simorangkir, F., & Sipayung, R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di Kelas V Sd Negeri 064022 Medan Tuntungan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 49-67.

Thifal, R., Sujadi, A. & Arigiyati, T. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar MAtematika Siswa SMK. UNION: Jurnal pendidikan Matematika, 8(2), 175-184. http://doi.org/10.30738/union.v8i2.8062

Trisianawati, E., Djudin, T., & Setiawan, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektor Di Kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 51–60. https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p51-60

Published
2025-08-25
How to Cite
Pratiwi, N. P. A. D., Herwidasari, M. P., Septicitaningtyas, D. D., Yulia, V. P., Yovela, C., Ayuningtyas, L. D., Putra, D. P. W., & Santoso, E. B. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Kooperatif Jigsaw untuk Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel pada Kelas X-1 SMA Budi Utama. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 6(2), 114-120. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v6.i2.p114-120