Pengaruh Self Efficacy terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Resiliensi Matematis Sebagai Variabel Intervening
Abstract
Studi penelitian ini dirancang dengan tujuan mencari tahu bagaimana tingkat pengaruh kepercayaan diri peserta didik (self-efficacy) dalam menentukan kapasitas mereka ketika berhadapan dengan permasalahan matematika melalui resiliensi matematis. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan ex post facto, kajian ini menggunakan sampel sebanyak 186 peserta didik kelas X di SMKS Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Penentuan teknik pengambilan sampel menggunakan prosedur simple random sampling dengan dengan jumlah yang ditentukan menggunakan Isaac dan Michael. Pengolahan data dilakukan melalui teknik regresi linear sederhana dan path analysis untuk mengkaji keterkaitan sebab akibat di antara variabel variabel penelitian. Hasil pengolahan data memperlihatkan bahwa daya resiliensi matematis menjalankan peran sebagai variabel mediasi (intervening) yang meningkatkan dampak self efficacy pada kapabilitas peserta didik dalam mengatasi permasalahan matematika. Hasil pengujian menggunakan Sobel tes, yang memperoleh nilai t hitung mencapai 5.6617213 dengan derajat signifikansi pada two-tailed probability senilai 0.000. menandakan adanya signifikansi statistik yang sangat kuat (p <0.05). Berdasarkan hal tersebut, resiliensi matematis tidak semata-mata berperan sebagai variabel interverning dalam hubungan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah, melainkan turut mendukung siswa dalam memelihara sekaligus mengembangkan keyakinan mereka akan kapasitas yang mereka miliki dalam menuntaskan permasalahan matematika.
Downloads
References
Alifia, N. & Rakhmawati, I. (2018). Kajian Kemampuan Self-Efficacy Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. (Jurnal Pembelajaran Matematika), 5 (1).
Amalia, H., & Sari, I. P. (2024). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Skala. (ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 32–37.
Ansori, A., & Hindriyanto, Y. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Ditinjau Berdasar pada Kemampuan Resiliensi Matematis. (JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2 (5), 253–260.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Azizah, R. N., & Abadi, A. P. (2022). Kajian pustaka: Resiliensi dalam pembelajaran matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 104–110.
Azwar, S. (2007). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control (Vol. 604). Freeman.
Hadi, S. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di SMP. (EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika), 2(1).
Hikmawati, F. (2020). Metodologi penelitian. Depok : Rajawali Press.
Hutauruk, A. J. B., & Priatna, N. (2017). Mathematical resilience of mathematics education students. (Journal of Physics: Conference Series), 895(1), 012067.
Imaroh, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self-Efficacy siswa pada materi SPLTV (JPMI), 4 (4), 843–856.
Kooken, J. & Lee, C. (2016). Development and Validation of the Mathematical Resilience Scale. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 49 (3), 217–242.
Latifatus, E. (2024). dentifikasi Resiliensi Matematis Siswa Kelas X pada Pembelajaran Matematika.( Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika) 8 (3) 1908-1915
Lee, C. & Johnston Wilder, S. (2017). The construct of mathematical resilience. Dalam Understanding emotions in mathematical thinking and learning (hlm. 269–291). Elsevier.
Lutfiyana, L., Pujiastuti, E., & Kharisudin, I. (2023). Systematic Literature Review: Resiliensi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. (Jurnal Cendekia), 7 (3), 2167–2177.
Muhidin, S. (2011). Analisis korelasi regresi dan jalur dalam penelitian. Bandung : Pustaka Setia
National Council of Teachers of Mathematics (Ed.). (2000). Principles and standards for school mathematics. National Council of Teachers of Mathematics. Reston: NCTM
Rahmah, A. & Soro, S. (2022). Analysis of Mathematical Problem-Solving Ability Based on Self-Efficacy and Self-Confidence of Class VIII Junior High School Students. (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 10 (2), 98–106.
Septhiani, S. (2022). Analisis Hubungan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. (Jurnal Cendekia-Jurnal Pendidikan Matematika), 6 (3), 3078–3086.
Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis (tinjauan melalui kemandirian belajar, kemampuan akademik dan efikasi diri). Indramayu: Penerbit Adab.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Zebua, F. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Negeri 2 Toma Tahun Pembelajaran 2020/2021. (Afore: Jurnal Pendidikan Matematika), 1 (1), 50–63
Copyright (c) 2025 Umi Latifatul Amanah, Muhammad Khoiril Akhyar, Ardiana Fatma Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.


