Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Pulau Ambon terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Aljabar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran RME berbasis kearifan lokal masyarakat pulau Ambon yang diterapkan pada materi aljabar terhadap hasil belajar siswa kelas V11 SMP Negeri 85 Maluku Tengah. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Design, dengan memilih posttest-only control design (nonequivalent control group design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 85 Maluku Tengah. Sampel yang dipilih menggunakan random sampling. Melalui pemilihan sampel tersebut, diperoleh kelas VII-A yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen (kelas yang diterapkan model pembelajaran RME berbasis kearifan lokal masyarakat pulau Ambon) dan kelas VII-B yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol (kelas yang diterapkan model pembelajaran konvensional). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran RME berbasis kearifan lokal masyarakat pulau Ambon termasuk kategori cukup baik dengan rata-rata 45.32. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian Mann-Whitney U dapat dilihat pada nilai Asymp.sig (2-tailed) adalah 0.043, yang mana nilai tersebut lebih kecil dari taraf signifikan 5% atau 0.05 maka Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan (pengaruh) secara signifikan hasil belajar matematika siswa SMP kelas VII pada materi aljabar dengan model pembelajaran realistic mathematics education (RME) berbasis kearifan lokal masyarakat pulau Ambon dan pendekatan konvensional. Artinya, penggunaan model RME berbasis kearifan lokal lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Agung, I. G. A. A. (2022). MODUL: Pengantar Statistik Parametrik dan Nonparametrik.
Ananda, R. (2018). Penerapan pendekatan realistics mathematics education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia, 2(1), 125-133.
Annisak, F., Zainuri, H. S., & Fadillah, S. (2024). Peran Uji Hipotesis Penelitian Perbandingan Menggunakan Statistika Non Parametrik Dalam Penelitian. Al Ittihadu, 3(1), 105-116.
Astari, T. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD kelas IV. Jurnal Pelangi, 9(2).
Catrining, L., & Widana, I. W. (2018). Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education (RME) terhadap minat dan hasil belajar matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 7(2), 120-129.
Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji normalitas data omzet bulanan pelaku ekonomi mikro desa senggigi dengan menggunakan skewness dan kurtosi. Jurnal Varian, 2(1), 31-36.
Farida, I., & Hakim, D. L. (2021). Kemampuan berpikir aljabar siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1123-1136.
Haditia, M., Sinaga, M. N. A., Soepriyanto, Y., Purnomo, P., & Ma’ruf, R. A. (2024). Perbandingan Efektivitas Metode Pembelajaran Tradisional dan Digital dalam Peningkatan Kompetensi Mengaji di Sekolah Lembaga Kompetensi Mengaji. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6447-6453.
Hanifah, S. Z., Febriana, K., & Sandha, S. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika: Meta Analysis: The Effect Of Discovery Learning Model On Increasing Mathematics Critical Thinking Ability. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 153-164.
Ichsan, I., Suhaimi, S., Amalia, K. N., Santosa, T. A., & Yulianti, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbaisis TPACK Terhadap Ketrampilan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA Siswa Tingkat SD Sampai SMA: Sebuah Meta-Analisis. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2173-2181.
Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2).
Mulyani, A., Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi bentuk aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251-262.
Musyrifah, E., Nurasiah, D., & Hafiz, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme). ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 5(1), 13-25.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16.
Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika materi bentuk aljabar pada siswa smp kelas vii. Journal On Education, 1(2), 323-334.
Pattimukay, N. (2023). Asistensi Mengajar: Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 49 Maluku Tengah. PAKEM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 56-61.
Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54.
Rangkuti, A. N. (2022). Diagnostik kesulitan belajar siswa pada materi aljabar. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(2), 116-126.
Ratumanan, T. G. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Unesa University Press
Ratumanan, T. G., & Theresia Laurens. 2015. Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pensil Komunika.
Setiani, N. L., DANTES, D. N., CANDIASA, D. I. M., & Komp, M. I. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematik Realistik Terhadap Semangat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Pada Sdlb. BN Sidakarya. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1).
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sohilait, E. (2021). Pembelajaran matematika realistik.
Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Suharyat, Y., Ichsan, I., Satria, E., Santosa, T. A., & Amalia, K. N. (2022). Meta-Analisis penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan ketrampilan abad-21 siswa dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 5081-5088.
Sukmawati, A. (2015). Berpikir aljabar dalam menyelesaikan masalah matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 88-93.
Sumandya, I. W. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 7(1), 55-65.
Sunarimahingsih, Y. T., Dewi, Y. T. N., Susanti, B. T., NURHAYATI, B. R., & Nugroho, A. W. (2021). Konservasi Benda Budaya Simbol Adat Sebagai Penguatan Eksistensi Negeri Dalam Pembangunan Paska Konflik Di Ambon”.
Surat, I. M. (2016). Pembentukan karakter dan kemampuan berpikir logis siswa melalui pembelajaran matematika berbasis saintifik. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 5(1), 57-65.
Syarah, F., Harahap, Y. N., & Putri, J. H. (2023). Kesulitan siswa dalam mempelajari materi aljabar. Journal on Education, 5(04), 16067-16070.
Taihuttu, S. M., Madubun, F. M., Lekitoo, J. N., Joltuwu, I., & Tutupahar, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Etnomatematika Pulau-Pulau Kecil Perbatasan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Sora Journal of Mathematics Education, 5(2), 119-125.
Umam, H. I., & Jiddiyyah, S. H. (2020). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir kreatif ilmiah sebagai salah satu keterampilan abad 21. Jurnal Basicedu, 5(1), 350-356.
Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).
Wulandari, S., Darma, Y., & Susiaty, U. D. (2019). Pengembangan modul berbasis pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap pemahaman konsep. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 143-152.
Copyright (c) 2025 Maeya Serang, Tanwey Gerson Ratumanan, Henry Junus Wattimanela

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.


