Analisis Kemandirian Belajar Matematika Ditinjau dari Gender
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar matematika peserta didik kelas XI SMA di salah satu Kabupaten Karawang ditinjau dari gender. Kemandirian belajar penting dikaji karena berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami konsep dan menyelesaikan masalah matematika, sementara perbedaan gender kerap memengaruhi cara dan gaya belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek 32 peserta didik, terdiri atas 10 laki-laki dan 22 perempuan. Data dikumpulkan melalui angket berisi 23 pernyataan yang mengacu pada indikator kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan tingkat kemandirian belajar berdasarkan gender. Peserta didik perempuan memperoleh skor rata-rata 69.85 (kategori tinggi), sedangkan peserta didik laki-laki memperoleh skor rata-rata 64.68 (kategori cukup tinggi). Dari sembilan indikator yang dianalisis, peserta didik perempuan unggul pada delapan indikator, sementara peserta didik laki-laki hanya dominan pada satu indikator. Temuan ini menegaskan bahwa gender menjadi salah satu faktor yang memengaruhi variasi kemandirian belajar matematika di tingkat SMA.
Downloads
References
Ariyanti, I. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Angket Kemandirian Belajar Matematik. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 53–57. https://jurnal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/download/403/243/2263
Baist, A., Pradja, B. P., & Pamungkas, A. S. (2019). Kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah aljabar vektor ditinjau dari gender. Prosiding Semirata BKS PTN Wilayah Barat Bidang MIPA, 907–912. http://semiratathe2ndicst.fmipa.unib.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/Bidang-Pendidikan-Lengkap-1.pdf
Bramantha, H. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Situbondo. Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 2(1), 21–28. http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna
Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMKN 1 Cihampelas. Journal On Education, 1(2), 382–389. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/78
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11, 1-17. https://www.academia.edu/download/65939887/Belajar_dan_Pendekatan_Pembelajaran.pdf
Ilmaknun, L., & Ulfah, M. (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(1), 416–423. https://doi.org/10.55338/saintek.v5i1.1401
Lestari, K. E., dan Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Mulyono, D. (2017). The influence of learning model and learning independence on mathematics learning outcomes by controlling students’ early ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 689–708. https://doi.org/10.29333/iejme/642
Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1214–1222. https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2990
Primadhini, A. F. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2294–2301. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.751
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 789–798. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.789-798
Saprizal, A., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IX SMPN 7 Kota Serang Ditinjau Berdasarkan Gender. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 15–23. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v3i1.8954
Sembiring, I., & Wardani, H. (2021). Analisis Kemandirian Belajar dan Kecemasan Belajar Matematika Ditinjau Dari Gender Siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 4(2), 13–23. https://doi.org/10.54314/jmn.v4i2.151
Setiawan, A., Sujiwo, D. A. C., & Panglipur, I. R. (2024). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Gender. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 7(1), 178–191. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prismatika
Simamora, L., Hernaeny, U., & Hasanah, U. (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 5082–5092. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/2694/1916
Sutrisno AB, J. (2021). Perbedaan Kemandirian Belajar Ditinjau dari Gender dan Disposisi Matematis. Inovasi Matematika (Inomatika), 3(2), 188–201. https://doi.org/10.35438/inomatika.v3i2.291
Tusyadiah, H., Jannah, R., & Gusmaneli. (2024). Mengoptimalkan Pengalaman Belajar Melalui Penerapan Strategi Dan Implementasi Yang Efektif. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 1(04), 663–669.
Zakia, N. M., Ardiansyah, A. S., Fatha, S. A., & Siswoyo, A. A. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas 6 Di UPTD SDN Kendaban 1 Tanah Merah. 3(1), 94–106. https://ejournal.lpipb.com/index.php/jipdas%0Aupaya
Copyright (c) 2025 Irna Alawiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.


