Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 10 Seram Bagian Barat
Abstract
Motivasi belajar merupakan salah satu faktor afektif penting yang memengaruhi pencapaian hasil belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada siswa SMA Negeri 10 Seram Bagian Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Sampel penelitian terdiri atas 30 siswa kelas X yang dipilih secara purposive sampling. Pengukuran motivasi belajar dilakukan menggunakan angket berskala Likert, sementara hasil belajar diperoleh melalui tes akademik siswa. Hasil analisis menggunakan software SPSS v.25 menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa, dengan kontribusi sebesar 60.3%. Temuan ini mengindikasikan bahwa upaya peningkatan motivasi belajar siswa dapat memberikan dampak substansial terhadap hasil belajar siswa atau prestasi akademik mereka. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bagi guru dan sekolah untuk meningkatkan strategi pembelajaran yang berorientasi pada penguatan motivasi sehingga prestasi belajar siswa dapat lebih optimal.
Downloads
References
Annisa, A. N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 1–6. http://dx.doi.org/10.24014/0.8710124
Felea, M. L., & Roman, A. F. (2022). The Motivation of Learning in Students. Ournal Plus Education, 31(02), 10. https://doi.org/10.24250/jpe/2/2022/afr/mif
Fitriani, Z. D., Hutajulu, M., & Minarti, E. D. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 329–336. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.11922
Hamidah, J., & Oktaviani, O. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa MAN 1 Pulang Pisau. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 254–262. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2652
Harahap, A. C. P., Anggina, A., Ritonga, D., Amarta, M. A., Ayumi, S., Rahmi, Wardatur, Mariana, W., & Nst, Y. R. (2024). Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat Semangat Belajar Siswa. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 4(2), 263–268. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i2.851
Juandi, D., Monariska, E., & Tupamahu, P. Z. (2025). The Influence of Motivation and Study Habits on Student Achievement Index. PRISMA, 14(1), 105–116. https://doi.org/10.35194/jp.v14i1.4983
Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992
Nugroho, R., & Warmi, A. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMPN 2 Tirtamulya. EduMatSainsJurnal Pendidikan, Matematika DanSains, 6(2), 407–418. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains
Nurjanah, N., Sutrisno, S., & Meiriyanti, R. (2023). Pengaruh Motivasi, Inovasi, Dan Kompetensi Terhadap Keberhasilan UMKM Dengan Kemampuan Usaha Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Rimba : Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 143–152. https://doi.org/10.61132/rimba.v1i3.95
Nurrawi, P. E. A., Zahra, T. A., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29-38. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1220
Peng, R., & Fu, R. (2021). The effect of Chinese EFL students’ learning motivation on learning outcomes within a blended learning environment. Australasian Journal of Educational Technology, 2021(6), 61–74. https://doi.org/10.14742/AJET.6235
Putra, P. D. K., Wibawa, A. K., & Noviantri, S. P. (2024). Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change And Relationship. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 105-114. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1211
Saputra, E. B. (2022). The Effect of Teacher Communication Ability and Learning Motivation on Student Learning Outcomes in Economic Lessons for Class XI IPS SMA Ekasakti in Padang Academic Year 2015/2016. Journal International on Global Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.31933/jige.v1i1.532
Sepsena, N., & Alber, A. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tualang. Sajak: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Sastra, Bahasa, Dan Pendidikan, 2(3), 225–234. https://journal.uir.ac.id/index.php/sajak/article/view/14108
Setyowati, H., & Syaputra, A. (2023). Analysis of Extrinsic Rewards on Work Motivation in the Apron Movement Control (AMC) Unit at Adi Soemarmo Boyolali International Airport. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health E-ISSN, 1, 231–234. https://doi.org/10.57235/jetish.v2i1.358
Triarisanti, R., & Purnawarman, P. (2019). The Influence of Interest and Motivation on College Students’ Language and Art Appreciation Learning Outcomes. International Journal of Education, 11(2), 130. https://doi.org/10.17509/ije.v11i2.14745
Wahidin, M. (2024). Manfaat Motivasi Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (JITK), 2(1), 96–101. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jitk/article/view/698
Yeni, D. F., Lasia Putri, S., & Setiawati, M. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP N 1 X Koto Diatas. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 133–140. http://dx.doi.org/10.24127/pro.v10i2.6720
Copyright (c) 2025 Reinhard Salamor, Muhammad Samad Rumalean, Vicardy Kempa, Pieter Zakarias Tupamahu, Cindy Papilaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.


