Analisis Pemahaman Mahasiswa Ditinjau dari Teori Skemp pada Konsep Bujursangkar Latin melalui Penyelesaian Permainan Sudoku
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis bentuk pemahaman mahasiswa terhadap konsep bujursangkar latin melalui penyelesaian permainan Sudoku dengan menggunakan teori Skemp yang dibedakan menjadi dua kategori, yaitu pemahaman instrumental dan pemahaman relasional. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif terhadap lima mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan telah mempelajari materi bujursangkar latin. Data dikumpulkan melalui tes penyelesaian Sudoku, wawancara mendalam, dan dokumentasi hasil pekerjaan, kemudian dianalisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga mahasiswa memiliki pemahaman instrumental yang ditandai dengan penggunaan prosedur secara mekanis, strategi coba-coba, serta ketidakmampuan menjaga konsistensi aturan baris, kolom, dan blok. Sebaliknya, dua mahasiswa menunjukkan pemahaman relasional melalui kemampuan menjelaskan alasan setiap langkah, melakukan verifikasi logis, serta mengaitkan strategi penyelesaian dengan konsep bujursangkar latin. Temuan ini mengindikasikan bahwa dominasi pemahaman instrumental menjadi faktor utama kegagalan mahasiswa dalam menyelesaikan struktur Sudoku secara konsisten. Penelitian ini menekankan pentingnya aktivitas pembelajaran yang mendorong keterkaitan konsep untuk memperkuat pemahaman relasional.
Downloads
References
Angeli, A., & Tukino. (2024). Rancamg Bangun Game Sudoku Android Berbasis Flutter. Computer Based Information System Journal, 12(1), 52–62. https://doi.org/10.33884/cbis.v12i1.8249
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed). SAGE Publications.
Fitriwanti, Y., Suratman, D., Kusumastuti, N., & Fitriwan, D. (2023). Pengembangan E-Modul untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual dan Kemandirian Belajar pada Materi Persamaan Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3183–3191. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6298
Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep, Teknik, & Prosedur Analisis). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Hoexum, E. S. (2020). Revisiting the proof of the complexity of the Sudoku puzzle. Bachelor’s thesis, University of Groningen.
Kuncorowati, R. H., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2017). The analysis of students’ difficulties based on Skemp’s understanding theorem at the grade VII in quadrilateral topic. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 318–328. https://jurnal.uns.ac.id/ijsascs/article/view/116736
Lithner, J. (2017). The emergence of originality: A perspective on mathematical creativity. Routledge.
Mahmudi, A. (2021). An analysis of mathematics understanding of prospective student-teachers of mathematics. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 167–178. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.44422
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed). SAGE Publications.
Munir, R. (2020). Matematika Diskrit (Edisi Revisi). Informatika Bandung.
Nurfad, Indriana, & Julian, F. (2025). Students’ Mathematical Conceptual Knowledge. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.26486/jm.v8i2.3414
Pratiwi, A. K. (2018). Pemahaman Instrumental dan Pemahaman Relasional Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Menyelesaikan Masalah Statistika. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Rahman, F. A., & Anubhakti, D. (2020). Implementasi Algoritma Backtracking Pada Permainan Sudoku. MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 5(1), 67–71. https://doi.org/10.54367/means.v5i1.711
Rittle-Johnson, B., & Schneider, M. (2022). Developmental transitions in the relation between conceptual and procedural knowledge. Cognition and Instruction, 40(2), 223–248.
Russo, J. A., & Hopkins, S. (2023). Relational understanding: A synthesis of Skemp’s theory and current approaches. Journal of Mathematical Behavior.
Salsinha, C. N., Binsasi, E., & Bano, E. N. (2020). Peningkatan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbantu Sudoku. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 31–42. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i1.2415
Skemp, R. R. (1976). Relational Understanding and Instrumental Understanding. Mathematics Teaching, 77, 20–26.
Star J. R., & Stylianides, G. J. (2021). Encyclopedia of Mathematics Education (2nd ed.). Springer.
Tjusila, G., Besancon, M., Turner, M., & Koch, T. (2023). How Many Clues To Give? A Bilevel Formulation For The Minimum Sudoku Clue Problem. 1–9https://doi.org/10.1016/j.orl.2024.107105
Waisman, I., Leikin, R., & Leikin, M. (2025). Insight Elements of Mathematical Problem Solving in Generally Gifted and Mathematical Experts: ERP Amplitudes in PO Electrodes. 19. https://doi.org/10.3389/fnint.2025.1523334
Copyright (c) 2025 Feby Andea, Bayu Wicaksono, Annisa Auliya Rahmah, Dede Supriyadi, Dita Amanda Putri, Rani Majidah, Ahmad Yani T, Nadya Febriani Meldi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.


