Analisis Pemahaman Mahasiswa Ditinjau dari Teori Skemp pada Konsep Bujursangkar Latin melalui Penyelesaian Permainan Sudoku

  • Feby Andea Universitas Tanjungpura
  • Bayu Wicaksono Universitas Tanjungpura
  • Annisa Auliya Rahmah Universitas Tanjungpura
  • Dede Supriyadi Universitas Tanjungpura
  • Dita Amanda Putri Universitas Tanjungpura
  • Rani Majidah Universitas Tanjungpura
  • Ahmad Yani T Universitas Tanjungpura
  • Nadya Febriani Meldi Universitas Tanjungpura
Keywords: bujursangkar latin, sudoku, teori skemp

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis bentuk pemahaman mahasiswa terhadap konsep bujursangkar latin melalui penyelesaian permainan Sudoku dengan menggunakan teori Skemp yang dibedakan menjadi dua kategori, yaitu pemahaman instrumental dan pemahaman relasional. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif terhadap lima mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan telah mempelajari materi bujursangkar latin. Data dikumpulkan melalui tes penyelesaian Sudoku, wawancara mendalam, dan dokumentasi hasil pekerjaan, kemudian dianalisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga mahasiswa memiliki pemahaman instrumental yang ditandai dengan penggunaan prosedur secara mekanis, strategi coba-coba, serta ketidakmampuan menjaga konsistensi aturan baris, kolom, dan blok. Sebaliknya, dua mahasiswa menunjukkan pemahaman relasional melalui kemampuan menjelaskan alasan setiap langkah, melakukan verifikasi logis, serta mengaitkan strategi penyelesaian dengan konsep bujursangkar latin. Temuan ini mengindikasikan bahwa dominasi pemahaman instrumental menjadi faktor utama kegagalan mahasiswa dalam menyelesaikan struktur Sudoku secara konsisten. Penelitian ini menekankan pentingnya aktivitas pembelajaran yang mendorong keterkaitan konsep untuk memperkuat pemahaman relasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angeli, A., & Tukino. (2024). Rancamg Bangun Game Sudoku Android Berbasis Flutter. Computer Based Information System Journal, 12(1), 52–62. https://doi.org/10.33884/cbis.v12i1.8249

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed). SAGE Publications.

Fitriwanti, Y., Suratman, D., Kusumastuti, N., & Fitriwan, D. (2023). Pengembangan E-Modul untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual dan Kemandirian Belajar pada Materi Persamaan Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3183–3191. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6298

Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep, Teknik, & Prosedur Analisis). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Hoexum, E. S. (2020). Revisiting the proof of the complexity of the Sudoku puzzle. Bachelor’s thesis, University of Groningen.

Kuncorowati, R. H., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2017). The analysis of students’ difficulties based on Skemp’s understanding theorem at the grade VII in quadrilateral topic. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 318–328. https://jurnal.uns.ac.id/ijsascs/article/view/116736

Lithner, J. (2017). The emergence of originality: A perspective on mathematical creativity. Routledge.

Mahmudi, A. (2021). An analysis of mathematics understanding of prospective student-teachers of mathematics. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 167–178. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.44422

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed). SAGE Publications.

Munir, R. (2020). Matematika Diskrit (Edisi Revisi). Informatika Bandung.

Nurfad, Indriana, & Julian, F. (2025). Students’ Mathematical Conceptual Knowledge. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.26486/jm.v8i2.3414

Pratiwi, A. K. (2018). Pemahaman Instrumental dan Pemahaman Relasional Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Menyelesaikan Masalah Statistika. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Rahman, F. A., & Anubhakti, D. (2020). Implementasi Algoritma Backtracking Pada Permainan Sudoku. MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 5(1), 67–71. https://doi.org/10.54367/means.v5i1.711

Rittle-Johnson, B., & Schneider, M. (2022). Developmental transitions in the relation between conceptual and procedural knowledge. Cognition and Instruction, 40(2), 223–248.

Russo, J. A., & Hopkins, S. (2023). Relational understanding: A synthesis of Skemp’s theory and current approaches. Journal of Mathematical Behavior.

Salsinha, C. N., Binsasi, E., & Bano, E. N. (2020). Peningkatan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbantu Sudoku. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 31–42. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i1.2415

Skemp, R. R. (1976). Relational Understanding and Instrumental Understanding. Mathematics Teaching, 77, 20–26.

Star J. R., & Stylianides, G. J. (2021). Encyclopedia of Mathematics Education (2nd ed.). Springer.

Tjusila, G., Besancon, M., Turner, M., & Koch, T. (2023). How Many Clues To Give? A Bilevel Formulation For The Minimum Sudoku Clue Problem. 1–9https://doi.org/10.1016/j.orl.2024.107105

Waisman, I., Leikin, R., & Leikin, M. (2025). Insight Elements of Mathematical Problem Solving in Generally Gifted and Mathematical Experts: ERP Amplitudes in PO Electrodes. 19. https://doi.org/10.3389/fnint.2025.1523334

Published
2025-12-22
How to Cite
Andea, F., Wicaksono, B., Rahmah, A. A., Supriyadi, D., Putri, D. A., Majidah, R., Yani T, A., & Meldi, N. (2025). Analisis Pemahaman Mahasiswa Ditinjau dari Teori Skemp pada Konsep Bujursangkar Latin melalui Penyelesaian Permainan Sudoku. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 6(3), 158-168. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v6.i3.p158-168