PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Main Article Content

Christian N Sarbunan
Juliana S Molle
Magy Gaspersz

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih di bawah KKM serta proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara model pembelajaran Quantum Teaching dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan tipe penelitian eksperimental (Experimental Research). Dengan desain penelitian yang digunakan adalah post test only control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari dua kelas dimana satu kelas sebagai kontrol dan kelas lainnya sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 42 siswa. Hasil belajar siswa pada penelitian ini dilihat dari nilai post test. Melalui serangkaian uji statistik dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang salah satunya menggunakan uji beda rata-rata atau uji-t. Intstrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa tentang Operasi Bentuk Aljabar. Hasil menunjukan bahawa, terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan model pembelajaran konvensional pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 7 Ambon. Dengan bukti rata-rata hasil belajar pada kelas yang diajarkan dengan model Quantum Teaching yaitu 60.00 dan kelas dengan model konvensional yaitu 48.48

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sarbunan, C., Molle, J., & Gaspersz, M. (2020). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(1), 10-15. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v1.i1.p10-15
Section
Articles

References

Afriansyah, E.A (2017b). Problem possing sebagai kemampuan matematis. Mosharafah: jurnal pendidikan matematika, 6(1) 163-180.
Deporter, Bobby, dkk. 2001. Model Pembelajaran Quantum Teaching. Bandung: kaifa.
Isjoni.2011.Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Lewier, F., Tutuhatunewa, E., & Mataheru, W. (2018). Profil Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Melalui Penggunaan Model Quantum Teaching Di Kelas VII SMP Negeri 6 Ambon. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 1(1), 32-40.
Mahfudz, A. (2012). Cara Cerdas Mendidik Dengan menyenangkan. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Ratumanan, T. G., & Imas Rosmiati. (2014). Perencanaan Pembelajaran. Surabaya: UNESA University Press.
Ratumanan, T. G. (2015). Belajar dan Pembelajaran serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Surabaya: Unesa University Press.
Ratumanan, T. G. & Matitaputty, C. (2017). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.