ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII MTs AL KHAIRAAT AMBON
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi kesulitan yang dialami siswa kelas VIII MTs AlKhairaat Ambon yang berkaitan dengan fakta, konsep, skill, dan prinsip dan faktor yang menyebabkan kesulitan dalam menyelesaikan soal lingkaran. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII MTs Al Khairaat Ambon yang memperoleh nilai terendah berdasarkan hasil tes awal untuk materi teorema phytagoras dan lingkaran yang diikuti 14 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui Tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, kesimpulan, pemeriksaan atau pengecekkan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan fakta, konsep, skill dan prinsip. Adapun faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal lingkaran adalah sering miskonsepsi atau mengalami kesalahan konsep dalam penyelesian soal matematika, kurang pemahaman dan tidak teliti dalam menyelesaikan soal lingkaran
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan.
References
Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Al Jupri (2014), “Student Difficulties in Solving Equations from an Operational and a Structural Perspective”
Guler, Gursel. 2016. “The Difficulties Experienced in Teaching Proof to Prospective Mathematic Teachers: Academician Views.” Higher Education Studies. 6(1): 145-158.
Jamal, Fakhrul. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal Pendidikan Matematika, STKIP Bina Bangsa, Meulaboh. Vol. 1 No. 1. Hlm. 18-36.
Jamil Suprihatiningrum, (2016), Strategi Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, hal.13-14.
J. Tombokon Runtukahu dan Selpius Kandou, (2014), Pembelajaran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar, hal. 55-56
Mahmud, R. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal luas permukaan dan volume kubus. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 2(1), 17-22.
Martini Jamaris, Kesulitan Belajar: Prespektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah (cet.I; Bogor: Ghalia Indonesia, 2014)
Murtadlo, Ali. 2013. “Kesulitan Belajar (Learning Difficult) Dalam Pembelajaran Matematika.” Edu-Math. Vol.4: 32-36.
M.Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nini Subini, (2015), Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak, Jogjakarta: Javalitera, hal.12-13.
Prathana Phonaphichat. “An analysis of elementary School Students’ difficulties in mathematical Problem Solving”, Jurnal internasional, (2014), hal: 1
Rahmadi. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses remedinya. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ratumanan dan Matitaputty. 2017. Belajar dan pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta Bandung. Hal 4-6.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono.2013. Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Sitti Hasmiah Mustamin, Psikologi Pembelajaran Matematika (cet.I; Makassar: Alauddin University Press, 2013), hal: 1-2
Wina Sanjaya, (2011), Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana, hal. 87-90.