ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII MTs AL KHAIRAAT AMBON

Main Article Content

Anggia Melinda
Theresia Laurens
Novalin C Huwaa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi kesulitan yang dialami siswa kelas VIII MTs AlKhairaat Ambon yang berkaitan dengan fakta, konsep, skill, dan prinsip dan faktor yang menyebabkan kesulitan dalam menyelesaikan soal lingkaran. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII MTs Al Khairaat Ambon yang memperoleh nilai terendah berdasarkan hasil tes awal untuk materi teorema phytagoras dan lingkaran yang diikuti 14 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui Tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, kesimpulan, pemeriksaan atau pengecekkan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan fakta, konsep, skill dan prinsip. Adapun faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal lingkaran adalah sering miskonsepsi atau mengalami kesalahan konsep dalam penyelesian soal matematika, kurang pemahaman dan tidak teliti dalam menyelesaikan soal lingkaran

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Melinda, A., Laurens, T., & Huwaa, N. (2020). ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII MTs AL KHAIRAAT AMBON. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(1), 21-29. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v1.i1.p21-29
Section
Articles

References

Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Al Jupri (2014), “Student Difficulties in Solving Equations from an Operational and a Structural Perspective”
Guler, Gursel. 2016. “The Difficulties Experienced in Teaching Proof to Prospective Mathematic Teachers: Academician Views.” Higher Education Studies. 6(1): 145-158.
Jamal, Fakhrul. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal Pendidikan Matematika, STKIP Bina Bangsa, Meulaboh. Vol. 1 No. 1. Hlm. 18-36.
Jamil Suprihatiningrum, (2016), Strategi Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, hal.13-14.
J. Tombokon Runtukahu dan Selpius Kandou, (2014), Pembelajaran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar, hal. 55-56
Mahmud, R. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal luas permukaan dan volume kubus. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 2(1), 17-22.
Martini Jamaris, Kesulitan Belajar: Prespektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah (cet.I; Bogor: Ghalia Indonesia, 2014)
Murtadlo, Ali. 2013. “Kesulitan Belajar (Learning Difficult) Dalam Pembelajaran Matematika.” Edu-Math. Vol.4: 32-36.
M.Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nini Subini, (2015), Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak, Jogjakarta: Javalitera, hal.12-13.
Prathana Phonaphichat. “An analysis of elementary School Students’ difficulties in mathematical Problem Solving”, Jurnal internasional, (2014), hal: 1
Rahmadi. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses remedinya. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ratumanan dan Matitaputty. 2017. Belajar dan pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta Bandung. Hal 4-6.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono.2013. Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Sitti Hasmiah Mustamin, Psikologi Pembelajaran Matematika (cet.I; Makassar: Alauddin University Press, 2013), hal: 1-2
Wina Sanjaya, (2011), Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana, hal. 87-90.